10 Layanan & Aplikasi Penyimpanan Cloud Gratis Terbaik Android

Memiliki penyimpanan cloud adalah ide bagus. Efisien, tidak memakan penyimpanan internal, dan lebih enak dong daripada bawa hard drive kemana-mana. Punya cloud juga memudahkan kita berbagi file dengan orang lain. Berikut ini DSG berikan rekomendasi aplikasi dan layanan penyimpanan cloud gratis yang bisa dinikmati di Android kamu.

1. Amazon Drive

Harga: Gratis / $12 per tahun / $60 per tahun

Layanan & Aplikasi Penyimpanan Cloud Gratis Terbaik Android Amazon Drive

Amazon Drive adalah pilihan tepat bagi pengguna Amazon Prime. Siapapun yang sudah terdaftar pada Amazon Prime bakal mendapatkan kapasitas penyimpanan 5GB gratis bersama dengan unlimited backup untuk foto dan video. Kamu bisa upgrade ke kapasitas penyimpanan unlimited dengan merogoh kocek sekitar Rp780.000 per tahun. Kamu juga bisa menggunakannya meskipun tidak punya Amazon Prime, tapi fitur gratis 5GB dan backup tadi tidak gratis, melainkan sekitar Rp160.000 per tahun. Kadang, app-nya suka ngebug, tapi secara keseluruhan masih bagus lah dan bekerja dengan baik untuk mengakses file secara online kapan saja.

Link Download

 

2. Box

Harga: Gratis / $5-15 per bulan / opsi Enterprise

Box.com terbilang sesepuh di dunia penyimpanan cloud. Ada banyak aplikasi manajemen file di luaran sana dan kebanyakan mendukung integrasi dengan Box. Pengguna baru bisa mendaftar akun pribadi secara gratis dan akan mendapat penyimpanan sebesar 10GB. Kalau kurang, disediakan 100GB dengan biaya sekitar Rp130.000 per bulannya. Akun bisnis juga ada, dengan banderol mulai Rp65.000 per bulan per pengguna dengan lebih banyak fitur. Aplikasinya berjalan baik dan memiliki keunggulan pada kesederhanaan dan organisasi.

Link Download

 

3. Dropbox

Harga: Gratis / $9.99 per bulan / $99 per tahun / Opsi lain

Siapa sih sekarang yang gak tau Dropbox? Bahkan beberapa pabrikan smartphone sudah menyertakan Dropbox sebagai aplikasi bawaan. Untuk pengguna normal, kamu akan mendapatkan 2GB penyimpanan cloud gratis saat daftar dan opsi upgrade ke 1TB dengan merogoh kocek sekitar Rp130.000 per bulan atau Rp1.300.000 per tahun. Kalau untuk bisnis atau enterprise tentu lain lagi. Aplikasi Dropbox untuk Android memiliki fitur antara lain: upload foto otomatis, opsi sharing yang memudahkan, elemen desain Android terbaru, dukungan terhadap Microsoft Office, dan kemampuan mengirim file ke pengguna lain. Merupakan opsi yang solid dan fitur yang relatif lebih banyak dari aplikasi serupa.

Link Download

 

4. Google Drive

Harga: Gratis / $1.99-$99.99 per bulan

Google Drive adalah salah satu aplikasi penyimpanan cloud paling populer. Pengguna bakal mendapat 15GB gratis dengan fitur backup foto dan video unlimited via Google Photos. Terdapat juga aplikasi Office untuk membuat dokumen, note, spreadsheet, dan presentasi. Kamu bisa upgrade ke 100GB (Rp26.000 per bulan) atau 1TB (Rp130.000) yang termasuk murah dan ada juga lho 10TB (Rp1.300.000 per bulan) kalau masih kurang juga. Hampir semua perangkat Android sudah terinstall aplikasi ini, tidak ada salahnya kamu coba dulu kalau belum.

Link Download

 

5. MediaFire

Harga: Gratis / $7.5-$80 per bulan

Layanan & Aplikasi Penyimpanan Cloud Gratis Terbaik Android MediaFire

Berawal dari layanan bagi file, MediaFire kini juga merupakan salah satu penyedia layanan penyimpanan cloud yang bisa diandalkan. Kamu bisa mengunggah apa saja yang kamu mau dan layanannya termasuk fitur sharing dan bermain-main dengan file milikmu langsung di cloud. Pengguna gratisan akan mendapatkan kapasitas 10GB. Kamu bisa upgrade ke 1TB hanya dengan Rp100.000 per bulan. Aplikasinya memang belum secanggih yang lain, tapi secara keseluruhan masih bekerja cukup baik kok.

Link Download

 

6. MEGA

Harga: Gratis / €4.99-€29.99 per bulan

Layanan & Aplikasi Penyimpanan Cloud Gratis Terbaik Android MEGA

Mega adalah anakan dari Megaupload, yang beberapa tahun lalu dinonaktifkan oleh FBI dan sempat menggemparkan Internet. Mega merupakan layanan up-and-coming yang memberikan pengguna kapasitas 50GB gratis, merupakan yang terbesar sejauh ini. Kalau masih kurang, kamu bisa upgrade ke 200GB hingga 4TB. Aplikasi Androidnya agak mencolok, masih ditemukan beberapa bugs juga, tapi secara keseluruhan masih oke. Fitur yang menonjol adalah semua file yang diunggah akan dienkripsi demi keamanan dan perlindungan ekstra.

Link Download

 

7. Microsoft OneDrive

Harga: Gratis / $1.99-$9.99 per bulan

Layanan & Aplikasi Penyimpanan Cloud Gratis Terbaik Android Microsoft OneDrive

Microsoft OneDrive merupakan opsi penyimpanan cloud populer karena terintegrasi langsung dengan banyak produk Windows. Untuk awal-awal, kamu dibekali dengan penyimpanan gratis 5GB dan kamu bisa upgrade ke 100GB hanya dengan Rp26.000. Penyimpanan OneDrive juga disertakan pada setiap paket langganan Office 365, baik paket pribadi maupun bisnis. Kamu bisa mendapatkan paket kapasitas OneDrive dan Microsoft Office 365 dengan merogoh kocek Rp90.000 per bulan (1TB dan satu perangkat) atau Rp130.000 per bulan (5TB dan lima perangkat). Lumayan worth it lah bundelnya.

Link Download

 

8. Resilio Sync

Harga: Gratis

Resilio Sync (dulunya BitTorrent Sync) adalah solusi penyimpanan cloud terbaik bagi siapa saja yang ingin punya cloud storage sendiri. Aplikasi Androidnya bisa tersinkronisasi dengan desktop, laptop, NAS, tablet, atau server rumahan bikinan kamu sendiri. Aplikasi bekerja sama seperti Dropbox, Google Drive, dll. hanya saja kamu menggunakan perangkatmu sendiri untuk menyimpan semua. Resilio merupakan opsi sangat baik bagi yang butuh penyimpanan cloud dan keamanannya bisa dipantau langsung. Kelemahannya sih ya perangkat yang digunakan sebagai penyimpan harus selalu menyala kalau ingin sinkronisasi bisa terus berjalan lancar. Aplikasi ini 100% gratis dan artinya besaran kapasitas penyimpanan bergantung dari perangkat yang kamu sinkronisasikan alias tidak terbatas.

Link Download

 

9. Tresorit

Harga: Gratis / $12.5-$30 per bulan

Tresorit tergolong pemain baru dalam dunia penyimpanan cloud, dan masih relatif mahal juga. Walau begitu, faktor keamanan betul-betul diperhatikan di sini. Tresorit memiliki enkripsi end-to-end untuk setiap file yang diunggah. Akun Basic mendapat kapasitas 1GB. Rp170.000 per bulan akan memberimu 100GB di mana Rp400.000 per bulan memberimu 1TB. Ada juga opsi lanjutan lain bagi pengguna bisnis dan enterprise. Direkomendasikan banget bagi yang koceknya tebal, worth it.

Link Download

 

10. Yandex.Disk

Harga: Gratis / $1-$10 per bulan

Yandex.Disk memang belum sepopuler yang lain, tapi merupakan opsi penyimpanan cloud yang layak dipertimbangkan juga. Mereka menawarkan kapasitas cloud gratis sebesar 10GB saat mendaftar dan kamu bisa mendapat ekstra 10GB dengan merogoh Rp15.000 per bulan, atau 100GB untuk Rp26.000 per bulan. Ada juga yang namanya “server package” yang memberikan 1TB untuk Rp130.000 per bulan. Ketiga paket tersebut bisa dibayar per tahun juga kok. Aplikasi Androidnya terbilang bagus, sudah pakai elemen desain terbaru untuk Android. Memang masih ada bugs, tapi mayoritas pengguna puas dengan opsi kuda hitam yang satu ini.

Link Download

 

Yang mana aja nih layanan penyimpanan cloud yang kamu pakai dan install di Android? Oh ya, kalau ada yang terlewat, jangan segan-segan mengingatkan kami di kolom komentar ya!

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.