13 Aplikasi Matematika Gratis Terbaik untuk PC atau Laptop

Berikut ini adalah 13 aplikasi matematika gratis terbaik yang bisa membantumu belajar matematika dan menyelesaikan permasalahan/soal matematika yang rumit dengan mudah. Semuanya gratis dan tersedia untuk Windows.

Beberapa fitur unggulan: menyelesaikan soal matematika bab grafik, matriks, permutasi dan kombinasi; belajar geometri; menggambar banyak jenis bangun geometri seperti kerucut, segitiga, lingkaran, kubus, garis, dll.

Belajar bab matematika kompleks seperti programming linear, vektor, probabilitas, matematika diskrit, kalkulus, statistika, aljabar, fungsi dan grafik. Belajar operasi dasar matematika untuk anak seperti pembagian, perkalian, pengurangan, dan penambahan.

Aplikasi Matematika Gratis Terbaik untuk PC atau Laptop

1. Microsoft Mathematics

Microsoft Mathematics

Microsoft Mathematics adalah aplikasi matematika gratis untuk PC. Kamu bisa memecahkan soal matematika rumit dengan mudah. Pada dasarnya aplikasi ini akan membantu pelajar matematika memecahkan soal aljabar. Selain itu bisa juga untuk menggambar 3D dan 2D. Tujuan utama dari aplikasi ini adalah mengajari murid-murid untuk belajar dasar matematika, fisika, dan kimia.

Link Download Microsoft Mathematics

 

2. Math Editor

Math Editor

Dengan Math Editor kamu bisa membuat persamaan matematika dengan berbagai simbolnya seperti alpha, beta, simbol Yunani, akar kuadrat serta mengintegrasikannya dengan mudah dan cepat. Aplikasi freeware ini mendukung format TIFF, GIF, BMP, JPEG, dan PNG.

Link Download Math Editor

 

3. CompliCalc

CompliCalc

Dengan bantuan software CompliCalc kamu bisa memecahkan soal matematika kompleks dengan mudah dan cepat. Aplikasi gratis ini juga menyertakan kalkulator fungsi dan aljabar: menghitung akar kuadrat, faktorial, diskon, dan jarak.

Link Download CompliCalc

 

4. Calculator for kids

Calculator for Kids

Calculator for Kids adalah aplikasi matematika dasar yang dibuat khusus untuk anak-anak. Anak-anak bisa belajar matematika dasar dan operasi matematika sederhana seperti pembagian, pengurangan, perkalian, penambahan, dll. Aplikasi ini gratis dan portabel.

Link Download Calculator for Kids

 

5. SpeQ Mathematics

SpeQ Math

SpeQ Mathematics dibuat agar penggunanya bisa dengan mudah belajar matematika dan menyelesaikan soal matematika yang sulit. Aplikasi ini mendukung banyak jenis variabel, konstanta, dan fungsi matematika. Dalam SpeQ Mathematics kamu juga bisa menetapkan fungsi dan variabel custom. Bisa juga untuk menyelesaikan soal trigonometri.

Link Download SpeQ Mathematics

 

6. Euler Math Toolbox

Euler Math Toolbox

Dengan bantuan Euler Math Toolbox kamu bisa mengerjakan perhitungan matematika seperti pengurangan, penambahan, soal kalkulus, aljabar, matriks, fungsi dan persamaan kompleks. Aplikasi gratis ini sangat berguna bagi pelajar karena bisa digunakan untuk menyelesaikan hampir semua jenis soal matematika.

Link Download Euler Math Toolbox

 

7. xFunc

xFunc

Kamu bisa menuliskan berbagai macam persamaan matematika dalam xFunc dan biarkan aplikasi menyelesaikan soalnya sehingga kamu bisa melihat jawaban dari soal tersebut. Ada banyak fungsi yang bisa kamu gunakan untuk membuat berbagai macam ekspresi matematika dengan bantuan xFunc.

Link Download xFunc

 

8. QMentat

QMentat

QMentat adalah software gratis untuk berlatih dan belajar Mental Matematika. Apa itu? Mental Matematika adalah menyelesaikan perhitungan matematika di otak kita, tanpa menggunakan kalkulator, pensil dan bolpoin. Dengan bantuan software ini kamu bisa dengan cepat meningkatkan kemampuan untuk mental matematika, terutama untuk operasi matematika akar, pangkat, pembagian, perkalian, pengurangan, dan penambahan.

Link Download QMentat

 

9. TalkingMath

PapatSoftware TalkingMath

TalkingMath adalah aplikasi matematika gratis untuk anak-anak. Aplikasi ini memiliki fitur pendukung mode audio. TalkingMath bekerja di 3 mode berbeda: standar, timer, dan mode interaktif. Dengan aplikasi ini, anak-anak diharapkan akan lebih mudah dan cepat dalam mempelajrai perhitungan seperti pembagian, perkalian, pengurangan, dan penambahan.

Link Download TalkingMath

 

10. MathForChild

MathForChildInterface

MathForChild mengajari anak-anak mengenai bermacam operasi matematika seperti perkalian, pengurangan, dan penambahan. Anak-anak diharapkan bisa belajar dan mengeksplor matematika secara mudah dan mengembangkan kemampuan problem solving mereka.

Link Download MathForChild

 

11. JXCirrus Maths

JXCirrus Math

JXCirrus Maths secara spesial dibuat untuk anak-anak agar belajar matematika secara menyenangkan dan menarik. Anda bisa membuatkan latihan soal dasar (pembagian, perkalian, pengurangan, dan penambahan) untuk anak.

Link Download JXCirrus Maths

 

12. Geogebra

geogebra

Dengan Geogebra, guru matematika bisa mengajar matematika sedangkan murid bisa belajar matematika. Aplikasi ini menyediakan fitur suara dan bisa memecahkan berbagai macam soal matematika seperti pemrograman linear, bilangan imajiner, vektor, probabilitas, matematika diskrit, kalkulus, statistika, aljabar, fungsi dan grafik, geometri, dll.

Link Download Geogebra

 

13. GeoEnzo

GeoEnzo

GeoEnzo adalah aplikasi matematika gratis yang dibuat khusus untuk guru matematika sehingga bisa mengajar geometri dengan lebih mudah, karena dengan aplikasi ini Anda bisa menggambar bangun geometri dengan mudah seperti kerucut, segitiga, lingkaran, kubus, garis, dll.

Link Download GeoEnzo

Artikel Terkait

4 Komentar

  1. Adiq berkata:

    Trimakasih sebelumnya,Maaf saya mau kasih masukan, sebaiknya tambahkan juga link untuk aplikasi maple16 yaa..
    Thanks

  2. Saepul Anwar berkata:

    terimakasih atas informasinya
    sangat membantu sekali untuk pembelajaran di kelas
    semoga pendidikan di indonesia semakin maju
    salam

  3. ipulsaiful berkata:

    Sangat membantu……
    Izin download…
    Terimakasih..

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.