Download Tools Gratis Untuk Debugging Proxy HTTP : Fiddler

Download Tools Gratis Untuk Debugging Proxy HTTP : Fiddler

Fiddler adalah Tools untuk debugging proxy HTTP gratisan yang melakukan logging semua lalu lintas data HTTP (HTTP protocol) antara komputer anda dan internet. Fiddler memungkinkan anda untuk memeriksa semua lalu lintas HTTP, mengatur Breakpoints, dan “fiddle” data yang masuk atau keluar. Fiddler dapat men-debug lalu lintas dari hampir semua aplikasi, termasuk Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, dan ribuan lainnya.

Kesimpulanya aplikasi Fiddler berfungsi untuk menangkap data yang dikirim atau diterima ketika sebuah data dikirim atau diterima oleh kompeuter kita, sebagai contoh ketika kita Login ke facebook, kita memasukan data-data seperti username dan password, lalu saat kita klik tombol login fiddler akan menangkap data-data yang di kirim ke server facebook oleh browser, dan begitu pula sebaliknya ketika server facebook mengirim data balik sebagai contoh, password kita salah maka fiddler akan menangkap data dari facebook yang dikirim ke browser bahwa password kita salah.

Lalu apa pentingnya aplikasi ini, aplikasi ini tentunya sangat berguna bagi developer web yang sedang mengembangkan webnya. terutama saat ini data data yang dikirim bisa berbentuk object JSON. dengan tool ini developer dengan mudah akan bisa melihat detail data-data yang dikirim dan diterima oke komputer atau browser sehingga pengembangan web atau bug tracking (pengecekan error) menjadi lebih mudah.

Tapi apakah tool ini hanya untuk developer saja, tentu saja tidak, tools ini bisa saja dipakai oleh siapa saja dengan tujuan khusus misalnya kita ingin tahu data-data apa saja sebenarnya yang dikirim dan diterima browser saat kita browsing sebuah web.

Saat ini Fiddler 2 telah menggantikan Fiddler 1.x. Fiddler 2 dan mendukung debugging lalu lintas HTTPS (koneksi aman/ terenkripsi), model yang fungsinya lebih diperluas, dan dapat diinstal berbbarengan dengan Fiddler 1.x jika diinginkan.

Link Download Fiddler

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *