3 Aplikasi Gratis untuk Optimasi PC

Aplikasi atau software utilitas tune-up merupakan aplikasi yang bertujuan untuk mendapatkan peningkatan kinerja untuk komputer pribadi tanpa harus meng-upgrade hardware.

Aplikasi jenis ini dapat memperbaiki masalah yang disebabkan ketidakstabilan performa, dan membantu membuat komputer lebih aman dengan menghapus jejak informasi pribadi.

Aplikasi utilitas tune-up disarankan menjadi bagian dari keseluruhan strategi pemeliharaan PC kamu, selain firewall, antimalware, antivirus dan Defragmenter.

Utilitas suite adalah kumpulan modul yang menangani bidang-bidang masalah yang paling umum atau tempat dimana masalah biasanya ditemukan pada PC.

Sementara beberapa aplikasi memfokuskan pada pembersihan data, beberapa menyediakan pemantauan terus-menerus dan statistik sistem secara real-time seperti pemantauan suhu CPU dan penggunaan RAM.

Semua aplikasi ini memiliki kemampuan untuk membersihkan file temp (sementara), menghapus entri registry yang salah, menjaga privasi kamu dengan menghapus jejak informasi yang ditinggalkan saat melakukan browsing di internet dan banyak lagi.

Catatan Penting: Aplikasi-aplikas ini membuat perubahan pada file sistem. Sebelum kamu mulai dengan aplikasi tune-up ada baiknya melakukan langkah-langkah penting yang harus selalu diambil untuk membantu mencegah masalah dan dan agar bisa di pulihkan jika sesuatu terjadi pada PC kamu yang antara lain :

  • Membuat sistem Windows restore point.
  • Backup kembali up data penting kamu.
  • Baca dokumentasi utilitas sebelum menjalankan aplikasi.

 

Aplikasi Optimasi PC: 360Amigo

360Amigo

360Amigo adalah aplikasi yang mengesankan.  Sebuah fitur baik yang diiliki 360Amigo adalah smart defragmenter untuk membantu menjaga hard drive tetap ter-defragmented tiap kali melakukan scan.

Cara tercepat untuk memulai scan adalah dengan Klik kanan pada tray ikon kemudian klik “cleanup” dan 360Amigo akan mulai berjalan, memindai dan membersihan PC kamu dalam satu langkah mudah.

Karena aplikasi ini merupakan versi terbatas dari versi berbayar, ada fitur yang dinonaktifkan.

360Amigo memang menawarkan pengaturan khusus tentang Sistem Cleaner, System Optimizer dan tab untuk memilih pengaturan pada masing-masing kategori pada Home tab di bawah Cleanup.

Untuk pengguna pemula saya sarankan pengaturan default. Seperti pada semua aplikasi sejenis, saya sarankan meninjau menu pengaturan untuk mematikan fitur yang tidak diinginkan seperti reminder, update, startup , dll

Link Download

 

Aplikasi Optimasi PC: ToolWiz Care

ToolWiz Care

ToolWiz Care dalam penampilan agak mirip dengan 360Amigo. Tab utama yang disebut Checkup, menawarkan fitur one-click, informasi sumber daya sistem, dan beberapa fitur tambahan.

Karena tidak ada versi berbayar seperti 360Amigo, semua fitur diaktifkan pada aplikasi ini.

Antarmuka dari ToolWiz Care bersih dan berwarna. Aplikasi berjalan dengan cepat dan lancar karena beban aplikasi yang kecil. Tray icon menyediakan banyak pilihan dari menu klik kanan popup termasuk floating toolbar.

Arahkan mouse kamu ke toolbar untuk melihat informasi sumber daya sistem. Di tepi kanan tool bar adalah ikon yang disebut screen capture.

Screen capture ini seperti Window’s 7 Snipping Tool. Fitur Screen Capture ini berfungsi mengambil bagian dari layar kamu untuk disimpan sebagai gambar, atau diedit di ToolWiz Picture Editor. ToolWiz Care memiliki banyak fitur yang berguna.

Link Download

 

Aplikasi Optimasi PC: Glarysoft Glary Utilities

aplikasi optomasi PC Glary

Glarysoft Glary Utilities adalah salah satu tools utility populer yang paling konsisten dan paling sering direkomendasikan.

Glarysoft Glary Utilities berisikan sekumpulan tools utility Windows yang sangat berguna. Glarysoft Glary Utilities memindai dan membersihkan PC kamu, membersihkan file-file sementara, menghapus file sampah, memperbaiki shortcut yang rusak, dan menyelesaikan berbagai masalah, baik masalah besar dan kecil yang sebagian besar pengguna Windows pasti mengetahuinya.

Kamu dapat mengkonfigurasi opsi One-Click Maintenance untuk menjalankan proses-proses yang kamu inginkan dengan satu klik, membuat pemeliharaan rutin semakin mudah. Kamu juga bisa menjalankan salah satu dari banyak tools secara terpisah.

Link Download

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *