5 Aplikasi DVD Maker Gratis Terbaik

dvd-ripper

Sementara CD ripper umumnya digunakan untuk menyalin raw audio digital dari CD ke file MP3 atau dalam format audio lainnya, DVD ripper biasanya digunakan untuk menyalin konten audio dan video dari DVD ke file dalam format AVI, MP4, MPEG, WMV atau format video lainnya.

Lalu file hasil ripping disimpan dalam hard disk atau perangkat media lain untuk lebih lanjut diedit, di backup, di sharing atau di putar tanpa perlu memuat keping DVD lagi.

Jika kamu memiliki koleksi film DVD atau video musik dan ingin mengekstrak atau membuat salinan data cadangan lengkap dari DVD ke file video dalam format yang dipilih, ini adalah DVD rippers gratis yang kamu mungkin cari.

Setelah pengujian beberapa software DVD rippers gratis, kami benar-benar sulit untuk mengatakan mana yang terbaik. Mungkin software A mendukung banyak output tapi itu hanya bisa malakukan ripping sebagian dari DVD yang di memiliki proteksi, lalu software B cukup kuat untuk meripping keseluruhan DVD yang memiliki proteksi namun memiliki fitur yang sulit dipahami untuk pemula.

Oleh karena itu, kamu dipersilakan untuk memberikan komentar di bawah dengan pengalaman kamu sendiri saat menggunakan salah satu aplikasi untuk ripping DVD.

HandBrake

merupakan software open source dengan lisensi  GPL yang multiplatform, multithreaded DVD ripper atau video transcoder yang tersedia untuk Windows, Linux atau Mac OS X. Versi terbaru ini dirilis pada Mei 2013 dengan banyak perangkat tambahan tampilan yang kecil, Blu-ray (PGS) subtitle dan dukungan remix audio yang lebih baik.

Handbrake menghasilkan file MPEG-4 yang kompatibel dengan berbagai media player. Perhatikan bahwa kamu harus memiliki codec yang tepat yang sudah terinstall di sistem komputer kamu untuk jenis file yang ingin dikonversi seperti DivX, Xvid, OGM, 3ivx, dll. Sebuah fitur yang sangat besar dari Handbrake adalah “profil preset” untuk Apple iPhone , iPad, iPod dan Apple TV. Handbrake juga menyediakan berbagai pengaturan video dan audio dan parameter untuk pengguna tingkat lanjut untuk mengubah ukuran file dan kualitas video.

Namun ripping pada DVD yang memiliki metode enkripsi perlindungan termasuk CSS tidak didukung secara internal dan eksternal harus ditangani dengan perangkat lunak pihak ketiga yang membantu memecah perlindungan salinan sehingga HandBrake dapat membaca DVD.

Atau, kamu juga dapat menggabungkan libdvdcss dengan HandBrake untuk membaca DVD yang menggunakan CSS (Content Scramble System). Yang perlu kamu lakukan adalah untuk mendapatkan file dll yang diperlukan dengan men-download sebuah DVD player yang dapat meminkan DVD yang ingin di ripping (Jika belum ada dvd player yang terinstall). Lalu Telusuri folder instalasi DVD player tersebut copy file libdvdcss dll ke folder instalasi HandBrake. Ubah nama file yang di copy tadi menjadi  “libdvdcss.dll” dan restart HandBrake.

WinX DVD Ripper

adalah DVD ripper gratisan berrbasis Windows yang terus up to date. Versi terbaru adalah 5.5.14 dirilis september 2013. Jika kamu berpikir Handbrake rumit untuk digunakan dan memiliki keterbatasan format video output, WinX lebih mudah yang mendukung ripping DVD ke MP4, WMV, MPEG , MOV , FLV dan Musik (MP ). Tidak ada paket codec pihak ketiga diperlukan.

Selain itu, WinX DVD Ripper memiliki banyak preset profil yang telah dikonfigurasikan tidak hanya untuk iPhone , iPod , Apple TV , tetapi juga PSP, HTC dan Samsung. Setiap profil mewakili kualitas video dan ukuran file yang berbeda. kamu juga dapat menyesuaikan profil untuk perangkat Apple/ Android kamu dengan menyesuaikan parameter video dan audio.

Bagaimana kemampuan rippingnya sendiri? ketika menguji WinX DVD Ripper dengan DVD beberapa tahun lalu, WinX DVD Ripper bekerja tanpa masalah. Tapi ketika menguji ke beberapa DVD sekarang, terutama DVD yang diproteksi oleh Disney X-project DRM, program ini akan memberitahu bahwa WinX DVD Ripper tidak dapat membacanya. Ada dua pilihan untuk mengatasi hal ini :

1 . Membeli versi Platinum (berbayar).
2. Gunakan program lain untuk menghapus proteksi, kemudian gunakan WinX DVD Ripper untuk meripping DVD tersebut.

DVDFab HD Decrypter

(versi terbaru 9.1.2.8 dirilis pada 19 Februari  2014) seperti namanya software ini memungkinkan kamu untuk menghapus proteksi DVD dan menyalin isi DVD ke hard drive. Perlu diperhatikan DVDFab HD Decrypter merupakan bagian kecil/ hanya sebuah fitur dari aplikasi DVDFab DVD Copy dan DVDFab Blu-ray Copy jadi nantinya kamu akan mendownload DVDFab DVD Copy yang hanya fungsi DVDFab HD Decrypter yang digratiskan.

Kamu dapat menggunakan dua mode peng-copyan cerdas pada DVDFab (bagian gratis) baik untuk menyalin disk keseluruhan atau hanya menyalin film utama. Opsi pertama akan menyalin semuanya dari DVD termasuk menu, trailer, ekstra, dll. Sedangkan opsi kedua hanya meripping film itu sendiri dan hal ini lebih dari cukup jika tujuan kamu hanya ingin menghapus proteksi DVD atau ingin membackup DVD dengan cepat. Tetapi kamu perlu membeli fitur-fitur lainnya untuk menentukan format output lainya seperti ke format MP4, WMV, iPhone, iPad, dll.

DVD Shrink

DVD Shrink ini dapat melakukan ripping DVD ke hard drive sebagai file video dalam format file ISO. Kemudian kamu dapat membakar file output tersebut menggunakan Nero atau software burning DVD lainnya. Apa yang membuat program ini unik adalah kemampuannya untuk mengkompress data ke standar 4.7-gig DVD tanpa adanya penurunan kualitas video. Sayangnya, karena proses pengembang DVD Shrink berhenti pada tahun 2004, beberapa metode proteksi yang baru tidak didukung.

Format Factory

Kemampuan terbaik dari software ini terletak pada dukungan konversi berbagai format file, termasuk ripping video ke video, audio ke audio, DVD ke video, dan juga image (image file ISO) ke image. Versi terbaru (v3.3.1 dirilis pada 25 januari 2014) mendukung hingga 60 bahasa yang berbeda yang menjadikanya aplikasi global.

Program ini mendukung konversi video ke perangkat mobile. Tersedia lebih dari 20 format perangkat mobile yang kompatibel termasuk Apple, Sony, Google, Nokia, dll menjadikan Format Factory benar-benar nyaman untuk beberapa orang yang ingin bermain berbagai video pada perangkat portabel mereka.

Selain mengkonversi video, FormatFactory juga bertindak sebagai ripper DVD / CD. Tapi format output tampaknya sedikit terbatas. FormatFactory hanya mendukung ripping DVD ke ISO File/ CSO. Terlebih lagi FormatFactory tidak dapat melakukan ripping DVD yang memiliki proteksi CSS.

Freemake Video Converter

Fungsi utama dari aplikasi gratisan ini adalah untuk mengkonversi format video. Mendukung lebih dari 200 format video yang mencakup hampir semua format video populer. Selain mengkonversi dari satu format video ke yang lain, aplikasi ini juga dapat mengkonversi video ke perangkat portabel, seperti iPad, iPhone, iPod, Android, PSP, Blackberry, dll. Dengan melakukan copy paste URL, kamu dapat mengkonversi video online dari 50 lebih situs. Itu benar-benar sebuah fitur yang mengesankan untuk menyederhanakan proses konversi.

Tapi untuk fitur ripping DVD aplikasi ini memuaskan. Aplikasi ini dapat melakukan ripping DVD ke format AVI, WM , MP4, MPEG, MKV, FLV, SWF, 3GP, tetapi tidak mendukung untuk ripping DVD yang terenkripsi/ terproteksi. Ketika di tes untuk melakukan ripping pada DVD yang terenkripsi/ terproteksi aplikasi mengalami crash.

Author:

1 Komentar

  1. Loulty911 mengatakan:

    Thanks for the information, you may want to read about the best free dvd ripper for mac here: lovemediasoft.com/article/best-free-dvd-rippers-mac.html

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *