10 Aplikasi Robotika Gratis untuk PC

Membuat model virtual lengkap dengan simulasi komponen dan program pengendalian dapat menyederhanakan proses pembuatan robot dan dapat mengurangi biaya proyek pebuatan robot.

Hal positif dari semua ini adalah sebagian besar aplikasi yang digunakan dalam simulasi dapat ditransfer ke robot fisik tanpa dibutuhkan perubahan, atau setidaknya hanya perubahan kecil.

Dalam sebuah virtual environment perilaku dari robot/ sistem dapat disimulasikan dengan akurasi yang tinggi dibandingkan dengan model kehidupan nyata.

Misalnya mobile robot dapat disimulasikan ketika bergerak pada virtual environment dengan banyak rintangan dan medan, untuk menganalisa respon dari sensor dan efisiensi algoritma.

Daftar Aplikasi Robotika dan Mesin Gratis untuk PC

1. Microsoft Robotics Developer Studio

Aplikasi Robotika Microsoft Robotics Developer Studio

Microsoft menawarkan alat pengembang robot yang lengkap dan dapat digunakan untuk program dan membuat simulasi 3D dari robot.

Microsoft Robotics Developer Studio mendukung platform robot besar seperti Mindstorms NXT dari Lego. Perangkat lunak ini menawarkan berbagai metode dan teknologi untuk prototyping cepat dan termasuk sejumlah besar fungsi library.

Dibuat dalam gaya Microsoft, MRDS 4 ramah dengan pengguna dan terintegrasi dengan baik dengan Windows.

Link Download

 

2. V-REP

Aplikasi Robotika V-REP

V-REP merupakan simulator 3D yang kompatibel dengan Windows, Mac dan Linux, yang memungkinkan pemodelan seluruh sistem atau komponen tertentu saja seperti sensor, mekanisme, gearing dan sebagainya.

Program pengendalian komponen dapat disertakan ke objek atau event pada model dalam cara yang mirip dengan kenyataan. Platform ini dapat digunakan untuk mengontrol bagian hardware, mengembangkan algoritma, membuat simulasi otomatisasi pabrik, atau untuk demonstrasi pendidikan.

Link Download

 

3. OpenHRP3

Digunakan untuk pengembangan dan simulasi, OpenHRP3 merupakan sebuah environment yang kompleks dimana menawarkan sekumpulan komponen untuk mengembangkan beberapa robot yang lebih kompleks.

OpenHRP3 memungkinkan simulasi dinamis yang memerlukan pemeriksaan oleh pengguna robot dan program yang mengontrol robot.

Link Download

 

4. Player

Aplikasi Robotika Player

Digunakan dalam simulasi yang tidak terlalu kompleks, Player digunakan untuk mensimulasikan sensor. Player kompatibel dengan sistem operasi dan platform  bahasa pemrograman untuk mensimulasikan berbagai sensor dan respon mereka terhadap berbagai rangsangan. Player juga menawarkan kemungkinan untuk membuat simulasi 3D.

Link Download

 

5. Simbad

Simbad merupakan sebuah tools simulasi Java-compatible yang dapat digunakan untuk tujuan pendidikan atau ilmiah. Simbad terutama digunakan untuk simulasi visualisasi 3D dan penginderaan, jangkauan atau sensor kontak.

Link Download

 

6. Algodoo

Aplikasi Robotika algodoo

Algodoo merupakan platform simulasi gratis yang dirancang terutama untuk tujuan pendidikan. Algodoo digunakan sama sebagai alat gambar dan tersedia untuk Windows, Mac dan iPad.

Link Download

 

7. Gazebo

Aplikasi Robotika Gazebo

Gazebo dapat mensimulasikan sistem yang kompleks dan berbagai komponen sensor. Gazebo digunakan terutama dalam mengembangkan robot yang digunakan dalam interaksi, untuk mengangkat atau ambil benda, untuk mendorong, atau aktivitas lain yang biasanya digunakan di ruang angkasa.

Gazebo adalah sebuah platform open source yang siapa pun dapat mengembangkan plug-in ini dengan model komponen. Gazebo juga kompatibel dengan ROS dan Player. Gazebo 4 yang tersedia untuk Linux dan dapat di download secara bebas.

Catatan: hanya tersedia untuk platform linux

Link Download

 

8. Blender

Aplikasi Robotika Blender untuk Robotik

Blender adalah perangkat lunak open source di mana data simulasi didapatkan setelah simulasi aktuator, sensor dan pengendali. Blender kompatibel dengan Windows, Mac dan Linux.

Link Download

Link Blender For Robotic Project

 

9. Ezphysics

Ezphysics

Ezphysics merupakan software open source Windows yang memungkinkan untuk simulasi 3D dan animasi dalam cara yang mirip dengan video game. Terdapat satu set contoh, lengkap dengan kode sumber. Aplikasi ini memungkinkan Interaksi jaringan remote dengan perangkat lunak, dan integrasi dengan Matlab.

Link Download

 

10. SimRobot

SimRobot dikembangkan oleh Universitas Bremen dan digunakan untuk penelitian robot otonom. Versi saat ini kompatibel dengan Windows, Linux dan Mac OS X.

Link Download

Related Posts

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *