7 Aplikasi Edit Video Gratis Terbaik Mac OS X

Jahshaka

Infrastruktur komputasi Apple sejak dahulu memang diperuntukan untuk para profesional kreatif, dengan menekankan pada fitur editing foto dan video yang mana sangat menonjol ketika berbicara tentang pemasaran produk-produk Apple di masa lalu dan sekarang.

Satu-satunya masalah dengan hal ini adalah bahwa industri terkemuka aplikasi seperti Adobe Premier, After Effects dan produk Apple sendiri yaitu Final Cut tidaklah murah, bahkan bisa dibilang sangat mahal.

Jika anda sudah mengeluarkan biaya yang sangat tinggi untuk membeli Mac yang tentunya mahal maka anda akan sedikit terbantu dengan bantuan bebrapa aplikasi gratis, sehingga anda tidak perlu merogoh kocek yang lebih dalam lagi.

Walaupun saat ini tidak ada yang dapat menyamai kekuatan premium dari software Adobe dan Apple, ada beberapa aplikasi video editing gratis yang bisa dijadikan alternatif.

 

Aplikasi Edit Video iMovie

iMovie

Jika anda baru saja membeli Mac mungkin anda tidak menyadari bahwa Mac anda sudah dilengkapi dengan editor video dasar yang disebut iMovie. iMovie adalah perangkat lunak Apple sebagai bagian dari iLife suite. Meskipun anda belum tentu akan memotong film Hollywood berikutnya menggunakan iMovie, iMovie adalah editor video yang dapat diandalkan untuk pengerjaan editing sederhana yang dibutuhkan.

Untuk penggunaan pribadi, iMovie menawarkan pengenalan fitur yang mudah untuk editing video dengan dukungan untuk “face recognition”, tema, efek yang mudah digunakan, timeline view yang sederhana dan built-in suara dan animasi.

Link Download

 

Aplikasi Edit Video Blender

blender

Dalam hal keramahan penggunaan dan kekuatan Blender menjadi salah satu jawabanya. Blender aplikasi yang biasanya berhubungan dengan modeling dan penggabungan 3D yang mana telah banyak digunakan dalam beberapa produksi dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

Dengan beberapa tutorial dan beberapa latihan anda akan terkejut melihat apa yang dapat anda capai. Ada banyak situs yang sangat baik dengan banyaknya tutorial bagi mereka yang baru memulai dengan Blender.

Link Download

 

Aplikasi Edit Video Kdenlive

kdenlive

Kdenlive lebih dikenal karena kompatibilitas-nya dengan Linux, Kdenlive berjalan baik pada OS X berkat bantuan MacPorts.

Link Download

 

Aplikasi Edit Video Jahshaka

Jahshaka

Jahshaka sebelumnya dikenal sebagai CineFX merupakan aplikasi yang mana diperuntukan sebagai editor, efek dan aplikasi penggabung yang cross-platform dimana mendukung banyak OS seperti Mac, Linux dan Windows.

sangat jelas masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan oleh pengembang dan kontributor aplikasi ini, tapi Jahshaka merupakan aplikasi yang sangat bagus bagus dimana salah satu aplikasi open source dan cross-platform yang bisa memasuki pasar yang didominasi oleh Adobe.

Link Download

 

Aplikasi Edit Video VideoLan Movie Creator

Window Class: vlmc

Walaupun saat ini masih dalam tahap awal pengembangan, VideoLAN Film Creator (VLMC) adalah editor non-linear yang engine-nya didasarkan pada engine VLC.

Saya tidak sepenuhnya yakin apakah proyek ini masih benar-benar berjalan, meskipun menurut halaman proyek rilis terakhir hampir setahun yang lalu dan versi terbaru adalah hampir 2 tahun terlambat dari roadmap yang direncanakan. Tapi anda tidak perlu khawatir karena aplikasi ini gratis dan memiliki potensi yang sangat menjanjikan.

Link Download

 

Aplikasi Edit Video Avidemux

Aplikasi Edit Video - Avidemux

Salah satu aplikasi lain untuk varian Linux dalah Avidemux, meskipun fitur-fitur Avidemux sangat mendasar dan tidak up to date, Avidemux bekerja dengan baik untuk tugas-tugas editing sederhana dan mendukung berbagai format input dan output.

Link Download

 

Aplikasi Edit Video Lightworks

Lightworks

Lightworks merupakan aplikasi video editing profesional open source yang dimulai pada tahun 2010 Lightworks, menawarkan versi gratis bersama versi Pro berbayar untuk mereka yang membutuhkan lebih banyak dukungan fitur.

Untuk lebih jelas mengenai ini kamu bisa membaca review aplikasi Lightworks disini

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *