9 Aplikasi Web Gratis untuk Menggantikan Aplikasi Desktop Kamu

Beberapa tahun lalu, berencana memindahkan semua kegiatan berkomputer ria secara online menjadi hal yang tidak praktis. Namun sekarang, aplikasi web (web apps) telah berkembang pesat dan lebih powerful. Kamu dapat melakukan hampir segalanya, yang awalnya hanya bisa melakukannya di desktop, sekarang bisa melalui web browser yang berarti kerjaanmu dapat dikerjakan di mana saja. Berikut ini adalah daftar aplikasi web gratis terbaik untuk menggantikan aplikasi desktop.

Outlook, aplikasi Email online

outlook web app

Sebenarnya banyak pilihan aplikasi web untuk menggantikan aplikasi email pada desktop, namun Outlook menjadi yang terpilih karena baru-baru ini Microsoft melakukan perbaikan fitur besar-besaran dan tampilan barunya lebih fresh. Versi online dari aplikasi untuk email andalan Microsoft ini sekarang memiliki tampilan baru yang lebih clean, pinned messages, inset/snippet ala Gmail, serta integrasi kontak & kalender yang lebih baik. Dukungan untuk embed gambar juga mengalami perubahan positif.

 

Google Play Music, aplikasi musik online

google play music

Google Play Music terkesan ikut-ikutan trend yang diprakarsai Spotify dan Apple Music, tapi nyatanya Google Play Music adalah salah satu pilihan terbaik diluar sana, terlebih lagi jika kamu tidak ingin membayar biaya bulanan (walaupun tersedia pilihan untuk itu kok). Kamu dapat mengupload 50.000 lagu kesukaan kamu ke layanan cloud dan memainkannya dari perangkat manapun secara gratis.

 

Plex, aplikasi nonton film & TV online

Plex-Web-Client

Kalau kamu tidak ingin (atau tidak bisa mengakses) Netflix, Hulu, HBO, atau lainnya berarti Plex mungkin yang kamu cari. Plex memiliki fitur untuk mengatur pustaka media streaming yang dapat kamu akses dimanapun via website mereka (kamu butuh mendownload software desktopnya, tapi aplikasi utamanya ya online itu). Banyak fitur Plex dapat digunakan secara gratis, beserta pilihan untuk premium tentunya.

 

Google Drive, aplikasi pengolah kata online

google drive

Tidak membutuhkan penjelasan panjang lebar untuk Google Drive, terutama jika kamu sebelumnya telah bergantung padanya dalam banyak hal. Memang, selain aplikasi pengolah kata, kamu juga mendapatkan aplikasi pengolah spreadsheet dan presentasi. Namun, aplikasi pengolah kata online-nya yang cepat benar-benar berguna. Tahukah kamu kalau kamu dapat melakukan hyperlinking antar dokumen Google Drive sama baiknya ketika kamu melakukan hyperlinking pada website kamu?

 

Hangouts, aplikasi video call online

google hangouts

Maaf nih kalau lagi-lagi menyertakan aplikasi buatan Google dalam daftar, tapi mau gimana lagi, Google memang bisa dianggap pionir aplikasi web/online, dan melakukan banyak kemajuan ketimbang yang lainnya. Hangouts dapat bekerja di dalam Gmail dan Google+ sama baiknya dengan pada Chrome app. Tapi jika kamu butuh alternatif, ada juga aplikasi video call online lainnya yaitu Skype for Web.

 

Prezi, aplikasi presentasi online

prezi

Prezi adalah aplikasi pembuat presentasi yang enteng, intuitif, dan gratis yang dapat kamu akses dari manapun melalui browser kamu. Walau kamu tidak mau membayar layanan premium Prezi, seluruh file presentasi kamu bersifat publik. Yang membuat Prezi unggul adalah kualitas antarmuka-nya yang mantap dan kemudahan dalam membuat slide-slide menarik dan interaktif walaupun kamu bukanlah master dalam membuat slide presentasi.

 

Pixlr Editor, aplikasi editing gambar online

pixlr-editor

Pixlr Editor terlihat seperti Photoshop dan bekerja seperti Photoshop. Jadi jika kamu familier dengan Adobe Photoshop, tidak akan memakan waktu lama untuk beradaptasi dan bekerja cepat dengan Pixlr Editor. Layer, filter, dan tool pendukung seperti clone stamp tersedia dalam aplikasi ini. Susah menemukan yang lebih baik dalam konteks aplikasi online untuk utak atik gambar.

 

YouTube Editor, aplikasi editing video online

youtube video editor

Ketika melakukan editing video, kebanyakan dari kita sudah puas dengan sedikit memotong (trimming) dan menggabungkan beberapa adegan bersamaan. YouTube Editor adalah aplikasi web online yang sempurna untuk pekerjaan tadi, ditambah dengan fitur untuk menambahkan judul, musik, foto, dll. pada video kamu. Juga, semua yang pernah kamu upload di YouTube juga siap menunggumu mengeditnya.

 

TwistedWave, aplikasi editing audio/suara online

twistedwave

Jika kamu membutuhkan aplikasi semacam Audacity yang dapat berjalan di web browser manapun, cobalah TwistedWave. TwistedWave dapat tersambung dengan Google Drive dan SoundCloud. TwistedWave juga memiliki fitur untuk memisahkan audio dari klip video. Hampir seluruh fitur dasar untuk editing & effect audio tersedia, dilengkapi dengan aplikasi desktop dan mobile yang tersedia kapanpun kamu mau mendownloadnya.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *