12 Alternatif Gratis CMS WordPress

Ketika kita berpikir tentang CMS (Content Management System), WordPress-lah yang muncul pertama kali dalam pikiran kita. Ya, WordPress adalah raja-nya CMS. Sebenarnya CMS bukan hanya WordPress saja, ada banyak alternatif lain yang bisa digunakan. Walau sifatnya “alternatif”, namun alternatif WordPress ini gratis dan memiliki banyak fungsi. Mungkin saja Anda sedang bosan dengan WordPress dan ingin mencoba alternatif lain, maka artikel ini adalah yang tepat untuk Anda. 12 alternatif gratis CMS WordPress ini beberapa lebih fokus di kategori website portfolio dimana yang lain menyediakan pilihan lain untuk para penulis & blogger yang tidak ingin ada gangguan dalam menulis.

TYPO3

typo3

TYPO3 adalah Content Management Framework gratis & open source yang di-inisiasi oleh Kasper Skaarhoj dan memiliki lisensi dibawah GNU/GPL.

 

concrete5

concrete5

Banyak CMS hanya fokus dalam 1 sisi, entah dari sisi kebutuhan developer atau kebutuhan pemilik situs. Namun, concrete5 adalah CMS yang benar-benar memberikan yang terbaik untuk kedua sisi. Terdapat fitur in-context editing toolbar yang memudahkan dalam membuat perubahan saat melakukan navigasi pada website. Arsitekturnya yang MVC banget serta ketersediaan API membuat developer mudah menggunakan CMS ini sebagai fondasi membangun website.

 

Middlemanapp

middlemanapp

Middleman adalah generator website statis dengan tersedianya banyak shortcut dan tool di pengembangan website modern.

 

Secretarycms

secretary cms

Secretary CMS adalah platform manajemen konten sederhana yang dioptimalkan untuk desainer, seniman, fotografer, dan musisi.

 

Drupal

drupal

Drupal adalah platform CMS open source yang telah digunakan jutaan website dan aplikasi. Drupal digunakan dan didukung oleh komunitas yang terdiri dari banyak orang aktif di seluruh dunia.

 

GetSimple

getsimple

GetSimple adalah CMS open source sederhana yang mengutamakan kecepatan dan penggunaan file XML, UI terbaik di kelasnya, dan alur penggunaan termudah di kelas CMS kecil. GetSimple tidak membutuhkan basis data dan mempunyai sistem plugin yang powerful untuk ekspansi maksimal.

 

Pligg

pligg

CMS Pligg adalah CMS open source dengan mengusung konsep social publishing.

 

Zotonic

zotonic

Zotonic adalah CMS open source dengan kecepatan tinggi serta web framework yang bersifat real-time. Zotonic disusun menggunakan framework Erlang. Zotonic adalah CMS yang fleksibal, memperluas cakupan kegunaan, serta di-desain untuk mendukung website yang dinamis dan interaktif serta dapat berjalan pada platform mobile.

 

Exponentcms

exponentcms

Exponent CMS adalah CMS berbasis PHP, MySQL, dan Exponent Framework. Exponent CMS adalah solusi dinamis dengan fitur manajemen konten untuk level enterprise.

 

Impresscms

impresscms

ImpressCMS adalah CMS yang dibangun bersama-sama (berbasis komunitas) untuk dengan mudah membuat dan memelihara website dinamis. Jadikan website Anda senantiasa up to date dengan sistem yang mudah digunakan, aman, dan fleksibel ini.

 

Jaws

jaws

Jaws adalah Framework dan CMS untuk membuat website dinamis. Tujuan utama Jaws adalah menjadi CMS yang user friendly, mudah digunakan, dan menghadirkan banyak opsi dalam mengoprek website, namun pada saat yang sama juga ramah untuk developer. Jaws menawarkan framework sederhana dan powerful yang memungkinkan Anda meng-hack modul buatan Anda sendiri.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *