Aplikasi Compressor & Ekstraktor File: 7-Zip

7-Zip adalah software compression utility gratis & open source yang mendukung format kompresi ZIP dan format kompresi lain yang lebih unggul, yakni 7z. Ketika software ini diulas, masih gratis. Semoga masih gratis sampai akhir hayat ya, hehe.

Ketika orang-orang bicara mengenai kompresi file, yang mereka maksud biasanya adalah ZIP. Tapi ZIP hanya satu dari sekian banyak format kompresi data dan (katanya) bukan yang terbaik juga…  Faktanya, ZIP (yang merupakan format file) diubah menjadi bentuk kata kerja:

Ntar ya file-nya saya zip dulu baru dikirim ke email…

7-Zip adalah software kompresi file resmi untuk implementasi format 7z, dan karena sifatnya yang open source, spesifikasi format nya terdistribusi langsung di source code programnya. Erez Zukerman dari PC World coba mengetes seberapa kerennya 7-Zip ini. Zukerman membuat folder berukuran 65MB yang terdiri dari dokumen yang mudah di-kompresi seperti DOC, XLS, dan BMP serta beberapa file ZIP. Di-zip menggunakan Windows Explorer, folder ter-compress menjadi 8.881 KB. 7-Zip meng-compress folder yang sama dan menghasilkan 6.036 KB, hemat hampir 3MB. Perbedaannya lebih dari 25% lho, fenomenal :D

Berbicara mengenai popularitas, sepertinya ZIP masih menjadi raja (kalau dibanding dengan 7z lho ya). Windows Explorer telah memperlakukan ZIP seperti folder biasa selama bertahun-tahun dan kebanyakan orang mengenalinya, dan bekerja dengan format itu. Tapi, mengirimi seseorang sebuah file .7z, bisa jadi mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan file ekstensi .7z tadi —atau bahkan tidak sadar bahwa itu adalah file compressed.

Dewasa ini, banyak penyedia layanan email (termasuk Gmail) mengintip file ZIP yang kamu kirim, dan apabila di dalamnya terdapat file executable (contoh: .EXE) maka Gmail tidak akan mengizinkanmu mengirim file tersebut. Gampang, tinggal compress menggunakan 7-Zip dan kamu dapat mengirimnya ke siapapun semau kamu.

7-Zip tidak selalu menawarkan rasio kompresi yang superior, ketika Zukerman melakukan tes pada satu folder dengan banyak file JPG yang notabene telah dikompresi, hasil arsip 7z nya lebih besar sebanyak 78 KB daripada ZIP yang diproduksi Windows Explorer. Walaupun begitu, kedua file ukurannya mendekati 34 MB, jadi perbedaan 78 KB dirasa hanya sedikit.

Ketika kamu pertama kali menjalankan 7-Zip, antarmukanya sederhana sekali (website resminya pun sederhana), hanya tampilan daftar file bersama dengan 6 tombol toolbar besar-besar, dan sebuah menu. tidak ada Wizards, dialog box selamat datang, atau “pengganggu” lainnya antara kamu dan file-file kamu. Jika kamu ingin membuat antarmuka 7-Zip lebih “kekinian”, tekan F9 dan 7-Zip akan berubah menjadi tampilan dasar file manager dengan dual-pane. Kamu juga dapat menyimpan hingga 10 folder sebagai “Favorites” jika kamu sering menggunakannya.

Review 7-Zip

Secara keseluruhan, antarmuka pengguna 7-Zip mungkin tidak akan membuatmu terkesima. Mungkin, rasio kompresinya yang impresif dapat membuatmu terkesima.

tampilan website 7-Zip yang sederhana

tampilan website 7-Zip yang sederhana

Link Download 7-Zip

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *