Aplikasi Edit Video & Film: HitFilm 3 Express

hitfilm3 express effects

Software-software Non Linear Editors (NLE) untuk video adalah hal yang paling digemari para sinematograf indie untuk dieksplor. Beberapa diantaranya GRATIS, sama seperti HitFilm 3 Express, yang kurang lebih sama dengan Lightroom… versi video.

Jose Antunes

Antunes, yang seorang fotografer (dan jurnalis) tentunya baru di bidang video dan masih harus mengeksplor banyak hal di DSLR-nya. Antunes langsung jatuh cinta dengan HitFilm 3 Express ketika membuka dan mencoba aplikasinya karena segala sesuatunya rasanya tepat untuknya. Dan, HitFilm 3 Express ini GRATIS.

Oke, secara parsial ini gratis, tapi sesungguhnya hanya trik marketing. Iya sih gratis, tapi pihak developer software “membujukmu” untuk membeli HitFilm 3 Pro atau membeli expansion packages agar versi gratisnya (HitFilm 3 Express) lebih serba guna.

Tiada yang salah dengan itu sih. Bukan teknik baru juga. Walaupun begitu, Antunes merasa bahwa trik marketingnya berhasil. Kenapa?

Karena ketika Antunes pertama kali melihat-lihat pilihan paket add-on nya, setelah menginstall aplikasi editor, Antunes tergoda untuk membeli beberapa karena harganya sangat terjangkau (menurut bule ya, hehe) dan dia tidak perlu membeli semuanya, hanya yang perlu-perlu saja.

Beberapa dari add-on nya “hanya” seharga $9.99 (contoh: Starter Pack). Starter Pack menawarkan fitur color grading, tilting, motion graphics, serta compositing effects. Atau add-on Premium Formats yang mengaktifkan dukungan untuk format Dolby AC3/AVCHD dan format video MPEG-2. Atau… add-on Audio-visual, untuk menghasilkan pola spektra & gelombang audio yang menakjubkan.

Dengan $24.99 kamu bisa mendapatkan add-on Colorist untuk memberi videomu tampilan profesional dengan fitur lanjutan grading tools dan dukungan untuk file cinematic LUT. 

Ada yang unik juga seperti add-on pack Sci-fi Adventure dimana memiliki fitur efek semi-automated lightswords, 3D lasert blasts, dan 100% authentic opening title crawl. Star Wars banget, may the Force be with you…

Masih banyak add-on yang tidak mungkin dibahas semua disini, namun jika kamu membutuhkan semua, lebih baik kamu membeli versi HitFilm 3 Pro nya seharga $299.99 yang sudah termasuk:

  • Integrated editing & 3D compositing
  • 157 effects & presets
  • 14 premium effects packs
  • 12 exclusive effects
  • 130 plugins untuk Vegas Pro, Premiere Pro, Final Cut Pro X, DaVinci Resolve, After Effects & Motion
  • Professional chroma key & denoiser
  • 16-bit rendering
  • 4K
  • OpenEXR export
  • OpenFX plugins.

Sedangkan versi HitFilm 3 Express “hanya” termasuk integrated editing & 3D compositing beserta 157 effects & presets. Tidak sedikit sih fiturnya, toh di tangan yang tepat, HitFilm 3 Express dapat membuat “keajaiban”.

Salah satu contoh datang dari Ryan Connoly dari kesuksesannya membuat Film Riot yang kemudian meluncurkan film baru, Portal Combat bersamaan dengan presentasi HitFilm 3 Express. Portal Combat dibuat dengan HitFilm 3 Express (dan sedikit bantuan dari add-on pack berbayar).

Mungkin jika kamu melihat film-nya, kamu bisa jadi akan berpikir “Wah saya mau bikin seperti itu”, sama seperti Antunes. Lebih baik lagi, kamu membuat beberapa file video dan mencoba HitFilm 3 Express untuk langsung mencoba mengedit.

Antunes keasyikan eksplor HitFilm 3 Express seharian sampai menyelesaikan 1 film pendek (walau tidak bisa dibandingkan dengan Portal Combat, katanya), tapi cukup untuk membuktikan bahwa antarmuka software NLE ini lovable banget dan menggugah untuk dieksplor lebih lanjut.

Setelah mencoba banyak filter, special effect, dan lainnya, HitFilm 3 Express bekerja sedikit banyak seperti Lightroom: sangat mudah untuk drag sebuah filter dari effect yang diinginkan, menyesuaikan parameter, dan menentukan apakah akan dipakai atau dihapus.

Walau belum eksplor semuanya, tapi antarmuka nya sungguh sederhana untuk menjalankan keseluruhan proses. Banyak software NLE yang telah dicoba dan antarmuka-nya seringkali membuat kita merasa tersesat, sementara HitFilm 3 Express mudah dioperasikan tanpa melihat file bantuan.

Antunes mencoba mengedit video-video yang direkamnya tahun lalu dan membuat plot cerita sederhana. Suara yang dihasilkan di hasil editannya (film) adalah suara asli (penuh dengan suara angin & noise, gara-gara shooting waktu musim dingin) dan Antunes tidak melakukan editing apapun pada audio karena tidak menemukan fiturnya di HitFilm 3 Express. Tidak tahu apakah di versi Pro ada fitur untuk edit audio juga, namun untuk saat ini editing suara dapat melakukan software lainnya (walaupun lebih ribet).

Meskipun begitu, selain special effects dan filters yang menakjubkan, hasil editannya juga menakjubkan (dari konteks kontrol exposure dan warna). Di versi gratis ini tidak terdapat fitur color correction wheels untuk dengan mudah mengatur highlight, midtone, dan shadows. Namun jika kamu membeli add-on Starter Pack, ada kok.

Untuk memahami lebih lanjut, diperlukan untuk membaca manual-nya dan melihat video tutorial untuk lebih mengerti fitur-fitur lanjutannya. Seperti kata Antunes, HitFilm 3 Express ini dapat digunakan semua orang. Baik untuk pelajar yang menggarap 3 job untuk membayar biaya sekolahnya. Atau untuk orang yang belum pernah membuat film sebelumnya tapi ingin mencoba membuat film.

Bisa juga untuk ayah & ibu yang ingin membuat family memories tapi tidak ingin stuck di software Movie Maker gratisan bawaan komputer/kamera. Atau… untuk anak dibawah umur yang masih belum punya kartu kredit.

Kita hidup di zaman ketika orang-orang mengambil & membagikan tidak hanya foto, namun juga video. Foto lebih mudah diedit berulang kali, namun video, walaupun “hanya” untuk Facebook atau YouTube, juga “berhak” untuk diedit, karena itulah software seperti HitFilm 3 Express ini ada.

Software ini memberikan akses kepada semua orang dimana tidak hanya mampu untuk mengedit file video untuk membuat cerita, namun juga melebihi apa yang biasanya ditawarkan oleh software-software NLE lainnya. HitFilm 3 Express adalah video editor gratis sekaligus visual effects compositor, yang berarti di dalamnya sudah terdapat banyak special effects yang cukup berfungsi sebagai interpreter visual yang memegang peran penting.

Untuk generasi baru (atau yang lama) sinematografer indie, HitFilm 3 Express bisa menjadi titik awal untuk bereksplorasi sebelum melangkah ke versi full nya.

Pembuat aplikasi ini mengatakan bahwa “sudah cukup melihat filmmaker muda dan baru yang harus memilih diantara software murah-tapi-kualitasnya-ya-begitulah atau software mahal-tapi-bagus. HitFilm 3 Pro adalah jawaban untuk para filmmaker yang tahu apa yang akan mereka buat.

Siapa mereka? Yaa seperti filmmaker indie, freelance VFX, mograph artists, dan profesional lainnya.”

contoh film yang dibuat menggunakan HitFilm 3 Express

Dengan HitFilm 3 Express yang tersedia untuk Windows dan Mac berarti hampir setiap orang dapat mencobanya. Antunes takjub dengan hasilnya dan bisa lebih baik lagi kalau sound nya bisa diedit langsung di software yang sama. Kalau kamu?

Link download HitFilm 3 Express

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *