BitDefender USB Immunizer: Aplikasi Gratis untuk Mencegah Serangan Malware Berbasis Autorun

Ada tidak ya software yang mencegah virus dan malware dari PC berpindah ke pen drive/flash disk? Ada dong, namanya BitDefender USB Immunizer. Saat ini, kita menggunakan flash disk/USB untuk transfer data dari PC ke removable disk yang lebih portabel. Nah, apabila PC terinfeksi virus autorun.inf maka otomatis virus tersebut akan berpindah ke flash disk. Bagaimana ya cara mencegahnya?

Faktanya, OS Windows menggunakan file “AUTORUN.INF” dari removable drives dengan maksud mengetahui actions apa saja yang akan dijalankan ketika sebuah device penyimpanan eksternal (seperti flash disk/USB drive atau CD/DVD) terhubung dengan PC.

Masalahnya, fitur ini juga-lah yang disalahgunakan oleh malware agar malware bisa tersebar dengan cara menginfeksi drive yang baru terkoneksi. Caranya, malware tadi menggandakan file executable mencurigakan kedalam drive dan memodifikasi file AUTORUN.INF sehingga Windows membuka file mencurigakan tadi secara implisit/tidak kita ketahui, saat sebuah device terkoneksi/mounted.

Contoh malware yang memanfaatkan modus ini adalah W32/Sality, W32/Virutas, dan W32/Conficker worm yang selain mereka menyebar melalui jaringan rentan, juga menyebar lewat USB drive.

Kali ini, DownloadSoftwareGratisan akan membagikan 2 program GRATIS untuk mencegah serangan malware berbasis Autorun tadi, yaitu BitDefender USB Immunizer dan Panda USB Vaccine sebagai alternatif.

BitDefender USB immunizer

bitdefender usb immunizer

BitDefender USB immunizer adalah software gratisan yang dibuat BitDefender Labs yang memiliki 2 fitur powerful, yakni Immunize dan Immunize Computer.

Immunize:

Fitur Immunize memungkinkanmu “meng-imunisasi” USB flash disk atau kartu SD dari infeksi malware berbasis autorun. Walaupun device penyimpananmu sudah terlanjur dicolokkan ke komputer yang terinfeksi, malware yang ada tidak akan bisa membuat/memodifikasi file autorun.inf sehingga malware gagal menjalankan program mencurigakan.

Immunize Computer:

Fitur Immunize Computer memungkinkanmu mengatur (mengaktifkan/menonaktifkan) fitur autorun dari removable media (kecuali CD/DVD ya tapi). Jika kamu secara tidak sengaja menyolokkan USB drive yang belum “di-imunisasi”, komputer tidak akan melakukan eksekusi otomatis terhadap malware yang tersimpan pada penyimpanan USB.

Download BitDefender USB Immunizer

 

Panda USB Vaccine

Panda USB Vaccine

Panda USB Vaccine adalah software gratisan buatan Panda Security yang memiliki 2 fitur utama dimana secara kurang lebih mirip dengan BitDefender USB Immunizer. Adapun 2 fitur tadi adalah:

Computer Vaccination:

Panda USB Vaccine akan melakukan vaksinasi PC dengan tujuan menonaktifkan Autorun sampai ke akar-akarnya sehingga tidak ada program dari USB/CD/DVD (entah sebelumnya telah divaksinasi atau belum) yang dapat melakukan eksekusi otomatis. Fitur ini sangat membantu, mengingat hampir tidak ada jalan lain yang mudah & user-friendly untuk menonaktifkan Autorun pada PC Windows secara menyeluruh.

USB Vaccination:

Panda USB Vaccine dapat digunakan pada sebuah perangkat USB untuk menonaktifkan file AUTORUN.INF milik perangkat tersebut dengan tujuan untuk mencegah infeksi malware dengan cara penyebarannya yang otomatis. Ketika dijalankan pada perangkat USB, “vaksin” akan secara permanen mem-blok file AUTORUN.INF (yang pada dasarnya tidak berbahaya), mencegahnya agar tidak dapat di-read, dibuat baru, dihapus, atau dimodifikasi oleh pihak-pihak jahil. Setelah diaplikasikan, fitur ini secara efektif menonaktifkan Windows untuk secara otomatis mengeksekusi segala file mencurigakan yang tersimpan pada perangkat USB. Kemudian, perangkat USB nantinya dapat digunakan dengan normal. File (termasuk malware) yang dicopy dari/ke USB dapat digunakan seperti biasa, namun file-file tersebut dicegah agar tidak dibuka secara otomatis. Saat ini, Panda USB Vaccine hanya dapat bekerja di perangkat USB dengan format FAT & FAT32. Oh ya, perangkat USB yang dapat divaksinasi tidak dapat dikembalikan menjadi tidak tervaksinasi, kecuali dengan jalan mem-format USB tersebut.

Download Panda USB Vaccine

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *