3 Aplikasi Desain Grafis Gratis & Kaya Fitur

Desain grafis menjadi kebutuhan dalam representasi ide-ide kreatif masa kini. Desain grafis juga dipertimbangkan untuk menjadi interpreter model bisnis yang ideal, karenanya grafis telah sampai pada era digital baru dimana innovation sells. 

Karena itulah, urgensi terhadap aplikasi desain grafis yang dilengkapi dengan fitur-fitur terkini juga meningkat, dengan tujuan aplikasi desain grafis tadi dapat membuat portabilitas & skalabilitas grafis yang lebih baik.

Desainer grafis yang bekerja sendiri membutuhkan platform untuk meningkatkan kemampuan yang membantu mereka sebagai desainer terampil walau mereka masih berada pada fase awal karir sebagai desainer grafis.

Terdapat beberapa solusi aplikasi yang benar-benar gratis dan memungkinkan untuk desainer grafis mengoprek sepuasnya. Berikut ini adalah 3 diantaranya, aplikasi desain grafis gratis dan kaya fitur.

1. Inkscape Vector Design Software


inkscape

Pembahasan mengenai aplikasi desain grafis gratis dimulai dari Inkscape. Aplikasi desain ini bekerja dengan prinsip grafis vektor.

Bekerja dengan grafis vektor menghasilkan amplifikasi gambar lebih baik (tanpa distorsi piksel). Inkscape adalah anugerah bagi para desainer yang ingin mengembangkan diri dan menambah pengalaman pada desain.

Dapat di-download gratis dan disertai banyak fitur sehingga menjadikannya aplikasi yang sempurna untuk belajar dan mendesain.

inkscape-marilyn monroe

  1. Diperkaya dengan berbagai tool membuat objek yang memfasilitasi desainer untuk dengan mudah melakukan object creation.
  2. Menawarkan platform yang sempurna untuk manipulasi objek, transformasi, dan grouping objek.
  3. Gradient editor memungkinkan color fill yang mudah serta pembentukan stroke pattern.
  4. Mendukung format SVG (Scalable Vector Graphics) dengan ekstensi .ink namun juga memberi fasilitas untuk konversi ke format grafis raster apapun (.jpg, .gif, .png) demi ekspor objek yang mudah.
  5. Kompatibel dengan Windows, Linux, bahkan Mac.

Link Download Inkscape

 

2. Serif DrawPlus Starter Edition


serif_drawplus

Aplikasi desain ini memungkinkan desainer membuat logo menakjubkan serta grafis dan media designs yang serbaguna.

Diperkaya dengan beberapa fitur powerful, aplikasi ini menawarkan platform berlatih yang sempurna untuk para desainer grafis bereksperimen dengan objek mereka.

Jangan lupa mampirlah ke salah satu fitur pembelajaran menarik dari DrawPlus Starter Edition, yaitu bagian help: How To, yang berupa panduan dimana desainer dapat mendapat asistensi instan dalam mengatasi masalah yang dihadapi.

Namun, aplikasi desain grafis ini hanya dapat berjalan pada sistem operasi Windows.

  1. Memungkinkan untuk menggambar dan mengedit kurva dengan sangat presisi.
  2. Kustomisasi yang mudah terhadap banyak shape bersamaan dengan teks.
  3. Desainer dapat bereksperimen dengan efek layer berbeda.
  4. Terdapat fitur vector drawing untuk skalabilitas (ekspor gambar & objek) yang mudah.
  5. Fitur pembuatan objek 3D dengan ekstrusi serta pilihan untuk menerapkan style-style 3D pada objek tertentu.

Link Download Serif DrawPlus Starter Edition

 

3. Scalable Vector Graphics (SVG) Edit


svg-edit

SVG Edit adalah aplikasi desain grafis gratis untuk detailing gambar & objek dengan XML yang di-render dengan SVG Viewer.

Karena aplikasi ini bekerja dengan prinsip grafis vektor, gambar-gambar luaran dapat dengan mudah diekspor ke format GIF, PNG, dan JPG. Beberapa fitur bawaan pada aplikasi ini membuatnya cocok untuk mengedit gambar & objek. Kelebihan aplikasi ini adalah hanya dapat mengedit gambar 2D.

Sesuai namanya (SVG-Edit), aplikasi ini adalah editor, dengan kata lain objek hanya dapat diedit, bukan dibuat.

  1. Karena aplikasi ini dibuat dengan HTML5, JavaScript, serta CSS3, aplikasi ini dapat dijalankan di sistem operasi mana saja, kompatibel dengan hampir semua web browser masa kini.
  2. Gambar atau dokumen dapat diedit baik secara visual (graphically) atau melalui modifikasi source code.
  3. Memungkinkan edit gambar SVG dengan cepat langsung pada browser tanpa instalasi aplikasi pendukung tambahan.

Link Download SVG Edit

***

Bergantung dari kebutuhanmu sekarang, ingin mendesain apa, baru sesuaikan dengan fitur unggulan dari masing-masing aplikasi. Atau, jika mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, boleh lah dicoba semuanya untuk mengerti yang mana yang terbaik untukmu dalam kreasi objek atau editing desain. Semoga berhasil!

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *