5 Antivirus Gratis Terbaik untuk Mac OS X

Dulu, Apple memanfaatkan kondisi dimana Mac OS tidak terinfeksi virus sebagai jargon marketing utama dengan tujuan dapat menjual Mac lebih banyak.

Tapi mereka meralat statement mereka suatu waktu pada tahun 2012 karena waktu itu hampir 600.000 Mac terinfeksi oleh trojan bernama Flashback. Walaupun bukan pertama kalinya Mac diserang, tapi kali itu adalah jumlah yang paling banyak.

Celah keamanan tersebut menyadarkan Apple dan pengguna Mac bahwa tidak ada teknologi yang kebal dari virus atau malware.

Meski begitu, virus dengan skala besar masih bersifat langka di kalangan pengguna Mac, tidak mengurangi kebutuhan terhadap aplikasi antivirus untuk membantu kamu mengenali & bereaksi terhadap kemungkinan infeksi yang terjadi.

Berikut adalah 5 pilihan cerdas (dan gratis) antivirus yang membuat Mac kamu bebas dari virus dan malware.

 

Sophos

sophos

Sophos Antivirus memiliki antarmuka yang mudah digunakan yang dapat digunakan untuk scan sesuka hati (custom on-demand) dan scan yang serba otomatis sesuai interval yang diinginkan user. Aplikasi ini berjalan tidak mencolok di background sistem dan tidak memakan banyak resource, jadi tidak melemotkan Mac kamu seperti aplikasi lainnya. Dengan fitur Live Antivirus, Sophos bahkan mengupdate softwarenya ketika ada ancaman baru yang ditemukan online. Fitur link scanner juga memungkinkan kamu melakukan full scan terhadap halaman web tertentu sebelum kamu mengunjunginya.

Setelah membandingkan dengan antivirus Mac sejenis (baik dari opsi gratis maupun berbayar), Sophos memenangkan sebagian besar aspek, dan salah satu (diantara dua) yang mendapatkan skor 100% dalam ‘menangkap’ malware pada tahap testing dan… nol false positives!

Cocok untuk: Semua orang

Link Download Sophos antivirus untuk Mac

 

Avast!

avast

Avast! sudah terkenal dan banyak disebut sebagai antivirus terbaik untuk Windows. Untuk Mac, Avast! juga tidak mengecewakan, karena Avast! sendiri bersaing ketat dengan Sophos. Kekurangan terbesar dari Avast! untuk Mac ini adalah Avast! hanya melakukan scan untuk malware yang ditujukan untuk Mac. Memang tidak ada masalah jika kamu tidak pernah menggunakan PC berbasis Windows, namun akan menjadi masalah ketika kamu juga berbagi file (melalui email misalnya) kepada pengguna non-Mac.

Dalam mendeteksi malware di Mac, Avast! sudah bagus dan merupakan pilihan lain selain Sophos (sebelumnya sudah disebutkan bahwa Sophos dan satu lagi antivirus meraih hasil 100% dalam uji coba scan malware untuk Mac, nah yang satu lagi ini ya Avast!, gitu).

Cocok untuk: Semua orang yang menggunakan Mac untuk banyak keperluan, atau untuk yang lebih menyukai Avast ketimbang Sophos.

Link Download Avast! antivirus untuk Mac

 

ClamXav 2

clamxav2

ClamXav 2 menggunakan engine open source ClamAV untuk melakukan scan baik malware, virus, dan badware lain dari Windows dan OS X. ClamXav adalah antivirus gratis yang paling enteng diantara postingan rekomendasi ini, dan kompatibel dengan Mac manapun yang menjalankan minimal OS X 10.5.

Kekurangan ClamXav 2 adalah update database virus & malware yang lambat. Sepertinya, saat uji coba dari 5 Antivirus gratis untuk Mac OS X, ClamXav 2 adalah yang terlambat.

Cocok untuk: Para multitasker atau yang menginginkan antivirus enteng yang dengan mulus berjalan di background & interupsi minimal.

Link Download ClamXav 2 antivirus untuk Mac

 

Comodo

comodo

Comodo adalah aplikasi antivirus yang amat sangat powerful, tapi kurang populer (mungkin hanya populer di kalangan website administrator). Powerful sekali memang, karena fitur keamanannya banyak dan berlapis. Salah satunya adalah fitur sandbox dimana Comodo akan menempatkan package & file dalam sandbox terlebih dahulu untuk diperiksa. Tapi fitur ini juga dapat menjadi bumerang karena menginstall software yang terpercaya sekalipun, menjadi sangat susah. Bryan Clark dari GadgetReview pun pernah mencoba menginstall Sketch 3 dan butuh banyak waktu untuk membuat Comodo ‘mengerti’ bahwa program yang akan diinstall adalah aman.

Skor Comodo dalam melakukan blok terhadap URL berbahaya cukup rendah. Tingkat false positive nya juga tinggi, serta sandbox tool -yang telah disebutkan sebelumnya- bisa menjadi penghalang. Selain itu, karena banyaknya fitur yang tersedia pada antivirus ini membuatnya menjadi rumit.

Cocok untuk: Orang IT yang menyukai tantangan, dan tahu harus ngapain dengan Comodo ini, karena skill IT yang cukup tinggi diperlukan untuk oprek aplikasi ini…

Link Download Comodo antivirus untuk Mac

 

Avira

avira

Avira pernah mencatat skor perbandingan sebesar 100%, sama dengan Sophos dan Avast! Tapi itu dulu. Sekarang, tingkat keakuratan terhadap malware-nya telah menurun menjadi 91%. Walau begitu, sejauh ini Avira adalah yang paling user friendly diantara aplikasi antivirus yang telah dites, dan merupakan antivirus yang cocok di-install di Mac yang pemiliknya adalah dari demografis non-teknis, seperti orangtua kamu atau kakek nenek kamu.

Cocok untuk: Orangtua kamu, atau siapa saja yang membutuhkan antivirus yang dapat dijalankan tanpa banyak pemahaman teknis.

Link Download Avira antivirus untuk Mac

***

Yah, itu tadi adalah review dari 5 antivirus gratis terbaik untuk Mac OS X. Well, semuanya memiliki keunggulan tersendiri, jadi kamu harus dapat menentukan termasuk dalam pengguna seperti apa kamu, beserta kebutuhanmu seperti apa, baru dapat mulai mencoba-coba 5 pilihan diatas. Good luck!

Author:

1 Komentar

  1. Mac Portal Indonesia mengatakan:

    Keren gan. Bisa dipraktekkan nih. Terima kasih

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *