6 Plugin WordPress untuk Backup Gratis Terbaik

Membuat dan memelihara website sekarang sangat simpel dan mudah, apalagi dengan banyaknya layanan online untuk dapat membuat website dengan cepat. WordPress adalah content management system (CMS) paling populer di dunia untuk membuat website dan blog, jika kamu ingin blog sederhana, kamu dapat membuatnya gratis di WordPress.com. Namun jika kamu adalah power user dan ingin kontrol lebih terhadap blogmu, kamu butuh blog WordPress self-hosted (WordPress.org).

Dengan memiliki situs WordPress self-host kamu akan memiliki kontrol penuh terhadap situsmu, namun juga harus tetap berhati-hati, karena keamanan adalah masalah terbesar.

Pindahkan, backup atau restore website kamu dengan plugin WordPress untuk backup gratis ini.

Banyak sekali website yang di hack setiap harinya. Bagaimana jadinya jika website kamu sudah ditarget dan di hack oleh seseorang, dan kemudian oknum tadi menghapus semua file dan data dari server kamu? Amit-amit deh ya, jangan sampe. Selain serangan oknum, bisa saja kamu atau klien kamu secara tidak sengaja menghapus file yang salah atau ngoprek-ngoprek namun akhirnya malah tambah menimbulkan kerusakan. Atau yang lebih menakutkan lagi, server kamu crash.

Sayangnya, kehilangan seluruh informasi esensial dalam website kamu (artikel, gambar, file, dll) dan website kamu pergi untuk selamanya :(

Back up website WordPress kamu, gratis

Berterimakasihlah pada WordPress karena memiliki banyak pilihan plugin powerful (baik gratis maupun berbayar) yang dapat membantumu backup dan restore seluruh isi website kamu dengan mudah, jikalau kemudian terjadi masalah.

Di artikel ini, DSG akan mendaftar beberapa plugin backup WordPress gratis dan populer. Kamu dapat memilih plugin yang sekiranya cocok dengan kebutuhan kamu. Semua plugin backup WordPress gratis dibawah ini rutin diupdate dan kompatibel dengan versi WordPress terbaru (4.2 + ).

1. UpdraftPlus Backup and Restoration

UpdraftPlus-WordPress-backup

UpdraftPlus adalah salah satu plugin backup WordPress gratis yang paling populer, dengan lebih dari 500.000 instalasi aktif dan lebih dari 1600 rating bintang 5. UpdraftPlus kompatibel dengan versi WordPress saat ini (Oktober 2015), 4.3.1. UpdraftPlus membutuhkan WordPress versi minimal 3.2.

UpdraftPlus adalah plugin backup dengan ranking tertinggi di wordpress.org (juga nangkring di Top 40 dari 30.000 plugin WordPress lainnya dalam hal kualitas di situs rankwp.com).

Dengan plugin ini kamu dapat melakukan backup dan restore blog WordPress kamu. Kamu dapat backup blog kamu secara otomatis dengan jadwal tertentu serta melakukan restore baik file maupun database secara cepat.

Kamu dapat menyimpan file backup blog WordPress ke UpdraftPlus Vault, Amazon S3, Dropbox, Rackspace Cloud Files, Google Drive (sudah dicoba DSG yang ini), Google Cloud Storage, DreamHost DreamObjects, FTP, OpenStack (Swift) dan email.

Selain versi gratisnya, dengan UpdraftPlus premium dan add on berbayar kamu dapat melakukan banyak hal lain. Jika kamu memiliki website yang besar, file backup dapat dibagi menjadi beberapa file.

Link Download Plugin WordPress UpdraftPlus Gratis

 

2. BackWPup Free

BackWPup-Free

Plugin ini memiliki total instalasi aktif lebih dari 400.000 yang menjadikannya plugin backup WordPress gratis terpopuler kedua. Agar dapat menggunakan plugin ini, versi PHP pada server harus minimal versi 5.2.7, versi WordPress 3.4 atau diatasnya. Sedangkan untuk menggunakan BackWPup Free secara maksimal, diperlukan PHP 5.3.3 dengan MySqli, FTP, gz, bz2, ZipArchive, dan curl.

Versi gratis BackWPup memiliki fitur penjadwalan otomatis backup website WordPress kamu, dan kamu dapat memilih konten mana yang akan disimpan di media penyimpanan tertentu. Versi berbayarnya jelas menawarkan dukungan lebih dari yang sudah ada.

Kamu dapat mem-backup database kamu dan ekspor XML WordPress dengan plugin ini. Fitur unggulan lainnya dari plugin ini adalah kamu dapat mengecek, memperbaiki, dan mengoptimalkan database WordPress dengan mudah.

Kamu dapat membuat backup menjadi file zip, tar, tar.gz, tar.bz2 dan menyimpan backup ke hosting, FTP server, Dropbox, layanan S3, Microsoft Azure, dan banyak lagi.

Link Download Plugin WordPress BackWPup Gratis

 

3. Duplicator

Duplicator

Duplicator adalah plugin WordPress paling populer untuk duplikasi, kloning, backup, pindahan dan transfer sebuah website utuh dari satu lokasi ke lokasi lain.

Duplicator memiliki lebih dari 500.000 instalasi aktif dan versi saat ini memerlukan WordPress 3.9 atau di atasnya.

Plugin Duplicator menyediakan utilitas backup sederhana. Plugin ini mendukung baik serialized dan base64 serialized string replacement. Jika kamu hendak memindahkan atau backup website kamu, plugin backup WordPress gratisan ini dapat membantumu menyederhanakan prosesnya.

Bagaimanapun, Duplicator memerlukan kemampuan teknis diatas rata-rata untuk menjalankannya. Jika kamu baru di WordPress atau memiliki latar belakang teknis yang terbatas, mending pake plugin yang lain :D

Link Download Plugin WordPress Duplicator Gratis

 

4. WP Clone by WP Academy

WP-Clone-by-WP-Academy

WP Clone by WP Academy adalah plugin backup WordPress gratis lainnya dengan instalasi aktif lebih dari 200.000. Versi saat ini membutuhkan minimal WordPress versi 3.0.

WP Clone membantumu melakukan pindahan atau penggandaan website WordPress ke web server lain atau ke domain lain. Kamu juga dapat memindahkan ke/dari server lokal, daaaaan juga dapat backup website kamu.

Jika kamu adalah seorang developer plugin, developer theme, atau developer website untuk klien, plugin ini dapat membantu kamu memindahkan website kamu dari server lokal ke web server betulan dengan mudah.

WP Clone tidak membutuhkan akses FTP, cukup install WordPress di situs baru, upload dan aktifkan WP Clone, kemudian ikuti petunjuknya. Plugin ini hanya melakukan backup dan restore konten pengguna serta database, dimana dapat mempercepat waktu upload dan meningkatkan keamanan website kamu juga.

Link Download Plugin WordPress WP Clone Gratis

 

5. BackUpWordPress

BackUpWordPress

BackUpWordPress adalah alternatif lain dari plugin WordPress gratis untuk backup. Membutuhkan minimal WordPress 3.9 dan memiliki lebih dari 200.000 instalasi aktif serta lebih dari 600 rating bintang 5.

BackUpWordPress membutuhkan versi PHP 5.3.2 atau diatasnya. Plugin ini dapat mem-backup seluruh website WordPress termasuk database dan semua file yang ada secara terjadwal. Plugin ini bisa di-install di shared hosting karena tidak butuh banyak memori.

BackUpWordPress bisa dijalankan baik di server Linux maupun Windows, dimana plugin ini menggunakan zip dan mysqldump jika tersedia, untuk proses backup yang lebih cepat. Kamu diberi pilihan apakah ingin menerima file hasil backup lewat email dan memilah file & folder yang tidak perlu disimpan di backup. Plugin ini memiliki versi translasi berbagai macam bahasa.

Link Download Plugin WordPress BackUpWordPress Gratis

 

6. WordPress Backup to Dropbox

WordPress-Backup-to-Dropbox

Dropbox adalah layanan penyimpanan online populer dan menawarkan kapasitas penyimpanan gratis. Dengan plugin WordPress Backup to Dropbox, kamu dapat dengan mudah backup website WordPress kamu ke Dropbox.

Sudah terinstall di lebih dari 100.000 situs, plugin ini merupakan yang paling populer dalam urusan plugin backup WordPress ke Dropbox. Plugin ini juga rutin diupdate. WordPress Backup to Dropbox memerlukan minimal PHP versi 5.2.16 dengan dukungan cURL serta minimal versi WordPress 3.0.

Plugin ini dapat mem-backup seluruh isi website WordPress kamu secara rutin dan mudah. Kamu dapat memilih tanggal, waktu, dan seberapa sering backup dilakukan. Kamu juga dapat mengatur dimana backup kamu disimpan di Dropbox dan juga di server kamu, juga memilah-milah file & folder mana yang sekiranya tidak perlu ikut dibackup.

Link Download Plugin WordPress Backup to Dropbox Gratis

***

Kesimpulan

Yaa, masih banyak plugin backup WordPress gratis maupun berbayar yang tersedia di luaran saya, namun kali ini DSG hanya mendaftar yang gratis, terpopuler, dan rutin diupdate. DSG rasa 6 pilihan plugin sudah lebih dari cukup kok. Hayo, plugin/layanan mana yang kamu gunakan untuk backup website WordPress kamu? Terus, kamu lebih suka plugin gratisan atau layanan berbayar? Share ya!

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *