7 Aplikasi Video Editor Gratis Terbaik

easy-video-editing-software

Kalangan profesional di industri video editing sudah punya daftar tersendiri mengenai aplikasi-aplikasi apa saja yang mereka butuhkan, namun bagaimana dengan yang dari kalangan generasi baru? Pastilah browsing ke berbagai sumber tentang aplikasi-aplikasi dalam industri video editing, termasuk mencari alternatif aplikasi yang gratisan.

Beberapa diantaranya adalah aplikasi video editor freemium (gratis namun dengan pilihan upgrade ke fitur-fitur berbayar). Banyak pengguna menyatakan bahwa sebenarnya aplikasi dengan fitur-fitur dasar saja sudah cukup. Namun, jika bisa menjalankan berbagai macam aplikasi tentunya akan lebih baik bagi pengembangan diri & karir, kan?

Daftar aplikasi video editor gratisan ini terus berkembang dari waktu ke waktu, termasuk diantaranya adalah aplikasi HitFilm 3 Express sebagai contoh video editor gratis dengan banyak fitur.

Artikel kali ini akan mengulas beberapa pilihan yang tersedia, baik aplikasi baru maupun lama, dengan dukungan banyak platform seperti Windows, Mac, dan Linux.

Pada daftar ini, tidak akan ditemukan aplikasi video editor yang sudah sangat populer (karena semua orang mungkin sudah tahu) dan lebih mengedepankan ke aplikasi video editing yang dapat memuaskan pengguna ketika melakukan video editing, color grading, compositing, atau special effect.

DaVinci Resolve 12: Standar sejak 1984

davinci resolve 12

Rasakan sensasi non-linear editing secara profesional dengan aplikasi video editor powerful yang banyak digunakan di Hollywood ini. DaVinci Resolve 12 dibuat oleh BlackMagic Design, menggabungkan non-linear video editing profesional dengan advanced color corrector terbaik di dunia sehingga pengguna dapat mengedit, color correct, menyelesaikan, dan menghasilkan hanya dari 1 sistem!

Sangat fleksibel sehingga aplikasi ini dapat digunakan di lokasi syuting, studio kecil, atau terintegrasi dengan pipeline proses produksi di Hollywood. Aplikasi ini memiliki 3 versi, DaVinci Resolve Lite yang gratis; yang dilengkapi dengan izin penggunaan untuk third party panels seharga $995; serta yang dilengkapi dengan kontrol penuh DaVinci Resolve Control Surface seharga $29.995………

Versi gratis DaVinci sudah cukup rasanya untuk entry level karena sudah disertai fitur esensial dari edit video, mastering audio, serta sudah support resolusi 4K (dan dibawahnya). Aplikasi ini bisa menjadi alternatif untuk aplikasi edit video seperti Final Cut atau Premiere. Versi gratis dari DaVinci Resolve tersedia untuk sistem operasi Mac dan Windows.

Link Download DaVinci Resolve Lite

 

Fusion 7: Visual Effects Motion Graphics

fusion7

Masih dari BlackMagic Design, Fusion 7 adalah aplikasi compositing terbaik untuk para seniman visual effects, desainer broadcast & motion graphic, serta animator 3D. Sudah di-develop selama 25 tahun, Fusion sudah digunakan lebih dari 1000 film blockbuster Hollywood!

Antarmuka yang mudah menjadikanmu dapat membuat efek-efek kompleks dengan menggabungkan beberapa proses bersama-sama. Sangat mudah & cepat! Terdapat bawaan fitur & efek yang banyak sehingga kamu dapat membuat grafis broadcast menarik, iklan televisi, sekuen judul dramatis, bahkan visual effects utama pada film.

Video editor Fusion 7 versi gratis menawarkan compositing & motion graphics baik 2D maupun 3D dengan fitur pendukung seperti paint, rotoscope, tilting, animasimultiple keyers (termasuk Primatte), 3D particle system, advanced keyframing, GPU acceleration, serta dapat melakukan impor & render model 3D dari aplikasi lain.

Jika kamu merasa masih kurang dengan fitur Fusion yang gratis, kamu bisa membeli Fusion 7 Studio seharga $995. Adapun beberapa fitur tambahan yang tersedia di Fusion 7 Studio adalah:

  • optical flow image analysis tools untuk stereoscopic 3D work
  • retiming
  • stabilization
  • mendukung plugin OpenFX yang dibuat oleh pihak ketiga
  • unlimited distributed network rendering
  • fitur untuk berkolaborasi dalam tim besar, yang dinamai Generation.

Fusion 7 saat ini hanya tersedia di Windows. Fusion 8 nantinya tersedia di Linux, Mac, dan Windows.

Link Download Fusion 7

 

HitFilm 3 Express: Lightroom-nya Non-Linear-Editor

hitfilm3 express effects

Sudah pernah dibahas sebelumnya di DSG, HitFilm 3 Express ini menjanjikan: kamu dapat membuat jenis video apapun. Aplikasi gratis ini dasarnya adalah video editor & visual effects compositor. Kamu dapat mengedit video. Kamu dapat membuat title-title menarik.

Kamu dapat mendesain visual effects. Semuanya, tanpa mengeluarkan uang sedikitpun. Ketika kamu sudah siap dengan fitur yang lebih, kamu dapat melakukan upgrade dengan super-fleksibel. HitFilm 3 Express adalah contoh aplikasi generasi baru untuk para generasi yang lahir dan besar nonton YouTube dan Vimeo. HitFilm 3 Express tersedia dalam versi Mac dan Windows.

Link Download HitFilm 3 Express

 

Kdenlive: Video Editor Open-source

kdenlive

Kdenlive adalah video editor gratis & open source yang tersedia untuk GNU/Linux, FreeBSD, NetBSD dan Mac OS X. Kdenlive mendukung editing pada format DV, AVCHD, dan HDV. Aplikasi video editor ini cocok untuk video editing dasar dan kerjaan semi-profesional.

Aplikasi ini dibuat dengan framework MLT dan ffmpeg sehingga memiliki fitur untuk melakukan mixing secara virtual, jenis media apa saja (video, audio, gambar).

Menawarkan video editor yang intuitif dan powerful termasuk teknologi video mutakhir, aplikasi ini ingin menjadi yang terbaik dengan tetap berbasis komunitas dan open-source.

Link Download Kdenlive

 

Lightworks: dari Windows ke Mac dan Linux

lightworks

Lightworks adalah video editor dengan sistem non-linear editor. Lightworks banyak dipuji oleh nama-nama terkemuka Hollywoord karena powerful dan memiliki banyak fitur dan mendukung banyak format dari SD, HD, 2K, hingga file Red 4K.

Sudah memiliki nama di platform Windows, aplikasi buatan EditShare ini melebarkan sayapnya ke Mac dan Linux di versi terbarunya, Lightworks 12. EditShare percaya bahwa untuk membuat karya yang baik, butuh aplikasi yang baik juga. Karenanya, Lightworks dibuat dan sudah menemani selama 20 tahun dan digunakan untuk mengedit film, drama, berita, dan olahraga. Lightworks memberimu semuanya agar karya kamu selanjutnya menjadi lebih baik.

Lightworks Free adalah versi gratis dari Lightworks dan dapat di-download siapa saja. Walau begitu, keterbatasan Lightworks adalah hanya dapat melakukan ekspor ke MPEG-4 (cocok untuk Web, YouTube, dan Vimeo) dengan resolusi maksimal 720p. Versi berbayarnya (Lightworks Pro) tersedia dalam versi langganan $24.99/bulan atau $437.99/tahun.

Link Download Lightworks Free

 

Natron: Video Editor yang membawa misi…

natron

Natron adalah aplikasi compositing gratis, open-source, dan cross platform yang lebih ditujukan untuk pelajar & sekolah-sekolah yang kurang mampu membeli lisensi software berbayar yang mahal. Tersedia untuk Windows, Linux, dan Mac, Natron menawarkan antarmuka yang mirip dengan Nuke. Misinya adalah agar para artist memilih Natron dalam membuat karya yang sesuai dengan standar industri.

Di-develop oleh INRIA, Natron memiliki misi lain yaitu memperbolehkan para ilmuwan ikut melakukan develop di bidang computer vision/graphics, uji coba, dan menerbitkan hasilnya dengan mudah (exchanging data), menjadikannya aplikasi yang memiliki standar sehingga masing-masing artist dapat membuat dan membagikan karya masing-masing.

Link Download Natron

 

OpenShot Video Editor – Pionir aplikasi video editor Linux

openshot video editor

OpenShot Video Editor adalah aplikasi editing video gratis & open-source untuk Linux. Dengan aplikasi ini kamu dapat melakukan mixing file video, foto, musik&audio untuk membuat film yang selama ini kamu impikan. Dibuat pada 2008 oleh Jonathan Thomas, aplikasi ini adalah solusi dari masalah.

OpenShot Video Editor semakin berkembang 7 tahun kemudian dan menjadi referensi utama di komunitas-komunitas. Tim pengembang nya berkembang, demikian halnya dengan aplikasi ini. Saat ini hanya dapat berjalan di Linux, namun Thomas mengatakan bahwa di versi selanjutnya dari OpenShot Video Editor, kedepannya akan dapat di-install di Windows dan Mac.

Link Download OpenShot Video Editor

Author:

1 Komentar

  1. fufut mengatakan:

    gryunb

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *