Aplikasi Alternatif AutoCAD Gratis Terbaik

Ingin mengurangi kesalahan fatal saat mendesain CAD tanpa membayar sepeserpun? Jika iya, daftar aplikasi CAD gratis alternatif AutoCad terbaik ini akan memberimu jawaban.

Sudah bukan rahasia bahwa secara umum sebuah aplikasi CAD yang bagus seperti AutoCad itu harganya mahal, tapi tahukah kamu bahwa di luaran sana banyak pilihan aplikasi CAD gratisan. DSG telah mengumpulkan sepuluh alternatif aplikasi CAD gratis terbaik dengan disertai link download pada setiap sistem operasi yang mereka dukung.

Jadi, kamu tidak perlu lagi mencari-cari link aplikasi CAD gratis yang kamu ingin coba. Yuk mulai.

Sculptris

sculptris

Sculptris menyediakan fasilitas untuk kita merambah dunia 3D yang menarik. Fiturnya mudah dipelajari walau untuk seseorang yang tidak memiliki pengalaman di digital art, dan cukup powerful untuk membuat model-model dasar yang dapat diperhalus di aplikasi lain seperti ZBrush.

Link Download Sculptris

 

SketchUp Make

sketchup make

Pengguna SketchUp didominasi oleh arsitek, desainer, builders, makers, dan engineers. Mereka adalah orang-orang yang membentuk indahnya dunia secara fisik. Kehadiran mereka sangat penting, karenanya mereka berhak atas aplikasi hebat, karena (biasanya) aplikasi hebat menghasilkan karya yang hebat juga.

Di SketchUp, pengembang aplikasi berusaha keras menjadikan SketchUp sebagai aplikasi hebat untuk menggambar. Filosofinya, menggambar adalah berpikir. Para user menggambar untuk mengeksplor ide, asyik mengoprek dan mengembangkan diri, serta menunjukkan kepada orang-orang apa yang ada di benak user. User menggambar karena suka, dan tidak ada sesuatu hebat yang pernah dibangun yang tidak dimulai dengan hasil karya gambaran yang hebat juga.

Link Download SketchUp Make

 

DraftSight

draftsight

DraftSight memiliki antarmuka yang familier dan cukup mudah dipelajari yang memudahkan kamu melakukan transisi dari aplikasi CAD yang saat ini kamu gunakan. DraftSight dapat membuka file DWG yang telah kamu buat sebelumnya, atau membuat file baru. Alternatif aplikasi CAD yang bagus karena tersedia fitur trial gratis, dan versi full nya pun diklaim yang termurah.

Link Download DraftSight

 

FreeCAD

FreeCAD

 

FreeCAD adalah aplikasi parametric 3D modeler yang dibuat untuk mendesain objek-objek nyata dengan ukuran apapun. Parametric modeling memungkinkan kamu dengan mudah memodifikasi desain kamu dengan kembali ke model-model yang sebelumnya kamu buat lewat fitur History, kemudian menyesuaikan parameter-parameter yang diperlukan. FreeCAD bersifat open-source, dengan kata lain gampang banget di-custom, scriptable, dan extensible.

Link Download FreeCAD

 

OpenSCAD

OpenSCAD

 

OpenSCAD adalah aplikasi untuk membuat model 3D CAD solid. OpenSCAD adalah aplikasi gratis yang tersedia untuk Linux/UNIX, Windows, dan Mac OS X. Tidak seperti aplikasi gratis lain untuk membuat model 3D (seperti Blender), aplikasi ini tidak berfokus pada aspek artistik dari 3D modeling, namun lebih fokus pada aspek CAD. Karenanya, aplikasi ini bisa jadi yang sedang kamu cari ketika kamu berencana untuk membuat model 3D dari bagian-bagian mesin. Namun, bisa jadi bukan aplikasi yang kamu cari ketika kamu lebih tertarik untuk membuat film dengan efek animasi komputer.

Link Download OpenSCAD

 

KiCAD

KiCAD

KiCAD adalah software open-source untuk Electronic Design Automation (EDA). Aplikasi ini dapat menangani Schematic Capture dan membuat PCB Layout dengan luaran Gerber. Aplikasi ini berjalan di Windows, Linux, dan Mac OS X dengan lisensi dibawah GNU GPL v2.

Link Download KiCAD

 

QCAD

QCAD

QCAD adalah aplikasi gratis dan open-source untuk Computer Aided Drafting (CAD) di platform 2 dimensi (2D). Dengan QCAD kamu dapat membuat gambaran teknis seperti perencanaan bangunan, interior, bagian-bagian mesin, skema dan diagram. QCAD dapat di-install di Windows, Mac OS X, dan Linux. Source code dari QCAD dirilis dibawah lisensi open-source paling populer yaitu GPL version 3 (GPLv3).

Link Download QCAD

 

LibreCAD

LibreCAD

LibreCAD adalah aplikasi CAD gratis dan open-source untuk Windows, Mac OS X, dan Linux. Terdapat support dan dokumentasi gratis dengan skala besar langsung dari komunitas LibreCAD yang berdedikasi, terdiri dari pengguna, kontributor, dan pengembang langsung.

Link Download LibreCAD

 

3DCrafter

3DCrafter

3DCrafter adalah aplikasi 3D modeling yang real time sekaligus aplikasi animasi yang memiliki pendekatan drag-and-drop intuitif terhadap 3D modeling. Model-model yang kompleks dapat dibangun dari primitif-primitif 3D sederhana, atau dibuat langsung dengan fitur bawaan Shape Building Tools dari 3DCrafter. Aplikasi modeling ini juga menyediakan fitur agar kita dapat melakukan deform, sculpt, dan mewarnai geometri-geometri 3D.

Link Download 3DCrafter

 

NanoCAD

NanoCAD

 

NanoCAD adalah aplikasi CAD tingkat profesional. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang familier, fitur desain dan drafting yang powerful, kompatibilitas langsung terhadap file DWG, serta tersedianya open API. Jangan khawatir, NanoCAD gratis untuk digunakan dan dibagikan tanpa embel-embel penipuan terselubung.

Link Download NanoCAD

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *