Media Sosial Baru dari Twitter: Periscope untuk Android

Setelah sebelumnya launching di iOS, kini Twitter meluncurkan Periscope untuk smartphone Android dengan disertai fitur-fitur khusus Android. Periscope sebenarnya sudah launch 5 bulan lalu, namun baru mulai booming di Indonesia akhir-akhir ini. Periscope sendiri adalah aplikasi media sosial dimana penggunanya bisa melakukan broadcast live video ke seluruh dunia. Selebihnya ya seperti media sosial lain lah, live comment, like, follow, dll. Lebih jelasnya, simak video berikut.

Selain kontrol notifikasinya yang lebih baik daripada versi iOS nya, terdapat fitur baru yaitu “Return to Broadcast” yang membantu viewer kembali ke stream setelah ‘diganggu’ oleh telepon, SMS, atau distraksi lainnya.

Pengaturan notifikasinya sudah termasuk kemampuan untuk opt in atau opt out ketika user yang di-follow lagi live, share broadcast, atau ketika dapat follower baru. Pengaturannya bersifat global, tidak berbasis individual user. Jadi apabila kamu mematikan notifikasi ketika user yang kamu follow sedang live, kamu juga tidak akan diberi notifikasi ketika ada user lain yang kamu follow juga sedang live.

fitur “Return to Broadcasts” menempatkan sebuah notifikasi pada home screen Android saat kita nonton feed, muncul interupsi berupa telepon, SMS, atau yang lain. Ketika viewer selesai meladeni interupsi tadi (yang membuatnya tidak nonton feed), viewer bisa tap notifikasi tadi untuk kembali ke tampilan feed yang tadinya ditonton.

Periscope (1)

Proses pengembangan Periscope versi Android dipimpin oleh Sara Haider (yang juga memimpin pengembangan Twitter versi Android dan jejaring sosial Secret yang sudah tutup). Tim pengembang harus menghadapi banyak masalah dan fragmentasi, terutama dengan masalah ketika aplikasi nantinya harus tampil live di resolusi layar berbeda. Namun dengan pengalaman Haider yang bejibun (termasuk saat masih di Vine), Periscope menjadi salah satu aplikasi live broadcast yang stabil saat ini.

Periscope dapat diinstall di Android minimal KitKat 4.4. Karena sudah mengantongi Material Design untuk Android Lollipop 5.0, maka navigasinya berbeda dengan versi iOS. Ya walaupun diantara 2 aplikasi ini memiliki perbedaan, namun intinya, download aja deh biar senantiasa eksis di medsos-medsos baru. Sayangnya, karena aplikasi ini memang fitur utamanya adalah live broadcast, jadi dibutuhkan koneksi internet yang cepat agar tidak buffer-buffer mulu bikin bete. Ayo dong Pak Menteri, kapan nih internet Indonesia secepat Korea Selatan? :(

Link Download Periscope (Google Play Store)

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *