SwiftKey Neural, Aplikasi Keyboard Pintar Android berbasis Neural Network

SwiftKey kembali merilis proyek terbarunya yaitu keyboard smartphone (Android) pertama di dunia yang menggunakan artificial neural network (ANN) atau jaringan saraf tiruan (JST). Hmm, apa bedanya dengan keyboard-keyboard yang sudah ada? SwiftKey sendiri sudah dikenal karena keunggulan aplikasi keyboardnya yang sudah ada, dengan fitur prediksi kata yang sudah ‘cukup pintar’, namun pengembang SwiftKey mengatakan bahwa dengan menggunakan ANN maka fitur prediksi kata-nya akan lebih baik dan lebih pintar. Dengan memanfaatkan ANN, prediksi kata yang muncul akan lebih pintar dan lebih bermakna berdasarkan konteks dari kalimat-kalimat yang pernah kamu ketikkan.

swiftkey-neural

Melalui ANN, salah satu metode machine learning berdasarkan jumlah data perbendaharaan kata dan bahasa yang sangat besar, model saraf buatan SwiftKey dapat mengenali hubungan antar kata, namun tidak asal-asalan. ANN dapat memahami persamaan kata dan mampu membandingkan kata-kata dengan cepat. Dengan ANN, kata-kata dapat divisualisasikan menjadi sesuatu mirip ‘clusters’ yang mengelompokkan kata-kata bervariasi bergantung tingkat kedekatan satu sama lain.

Nah, proses tadi menjadikan SwiftKey Neural untuk memprediksi kata yang tidak pernah muncul sebelumnya dalam konteks kalimat tertentu saat proses pembelajaran. Sebagai contoh, SwiftKey Neural sudah pernah mempelajari kalimat “Ayo ketemuan di bandara”, kemudian SwiftKey Neural akan belajar bahwa kata “kantor” atau “hotel” adalah kata-kata yang cocok sebagai prediksi saat ada kata “bandara”. Nah, SwiftKey Neural kemudian memahami bahwa “Ayo ketemuan di bandara” memiliki struktur kalimat yang mirip dengan “Ayo ngobrol di kantor”. Kecerdasan buatan ini menjadikan SwiftKey Neural dapat menawarkan kata yang paling pas untuk lanjutan kalimat yang sedang diketik.

Mumet ya penjelasannya? Memang, karena ANN sendiri topik yang cukup berat dan cukup susah dipahami pada awalnya. Walaupun inti postingan ini adalah bahasan mengenai fitur ANN SwiftKey, tapi tidak ada salahnya kamu menyimak penjelasan ANN yang ‘ditanamkan’ pada SwiftKey Neural berikut ini agar lebih jelas:

ANN adalah langkah pertama SwiftKey untuk eksplorasi penggunaan kecerdasan buatan untuk keyboard smartphone. Versi alpha —yang saat ini telah tersedia– memberimu contoh bagaimana teknologi kecerdasan buatan ini beraksi, dan SwiftKey membutuhkan feedback dari user karena mereka akan terus bekerja melebihi batas apa yang dapat dilakukan oleh teknologi saat ini. Yuk coba bareng-bareng SwiftKey Neural Alpha, langsung bisa diunduh di Play Store dan memberi feedback pada SwiftKey untuk keyboard pintar masa depan!

Link Download SwiftKey Neural Alpha (Google Play)

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *