YouTube Red, Layanan Berbayar $10 per Bulan dari YouTube

Akhirnya YouTube bebas iklan juga, walau berbayar.

Selasa lalu, Google mengumumkan YouTube Red, sebuah layanan berlangganan berbayar $10 per bulan, versi berbayar-nya YouTube. Di Amerika Serikat, layanan ini diluncurkan pada 28 Oktober.

Tidak hanya bebas dari seluruh iklan YouTube (banner, video pre-roll, video mid-roll, iklan search, iklan homepage, dan iklan overlay), layanan ini juga menawarkan banyak fitur lainnya. Berikut ini adalah beberapa keuntungan lain dari YouTube Red:

  • Offline playback: Pelanggan YouTube Red dapat menyimpan video pada smartphone/tablet iOS dan Android hingga 30 hari dengan penyimpanan tidak terbatas/unlimited (yaa dibatasi oleh kapasitas yang ada di device masing-masing lah ya). Kualitas video dapat diatur, jadi kamu dapat menurunkan resolusi ketika memori ponsel kamu tinggal sedikit. Tapi, jika kamu meninggalkan negaramu, semua video yang sudah kamu simpan masih bisa diputar, hanya saja tidak bisa menyimpan video baru sampai kamu kembali ke negara asal.
  • Google Play Music: Berlangganan YouTube Red juga sekaligus berlangganan Google Play Music All Access, sebuah layanan streaming musik $10 per bulan yang mirip dengan Spotify dan Apple Music. Jutaan lagu telah tersedia, juga adanya radio internet tanpa iklan. Berlaku juga sebaliknya, apabila kamu sudah langganan Google Play Music All Access, maka secara otomatis kamu juga berlangganan YouTube Red. gratis.
  • Background videos: di iOS dan Android, soundtrack video akan tetap ke-play di background jika kamu berpindah ke aplikasi lain, atau mematikan layar. Fitur ini berguna jika kamu mengutamakan audio tetap berputar, walau sebenarnya kamu sedang memutar video klip. Mendengarkan video nih ceritanya :P
  • Exclusive content: YouTube berpartner dengan beberapa kreator video yang sudah populer, untuk membuat program khusus untuk subscriber YouTube Red. Adapun seri terbatas tersebut adalah web series reality-adventure dengan Felix “PewDiePie” Kjellberg, kompetisi menyanyi dengan tujuan satire oleh the Fine Bros., dan film action comedy berdurasi full oleh Rooster Teeth and Fullscreen Films (daftar lengkap web series khusus oleh artis YouTube ada di link ini). First wave dari konten eksklusif ini dimulai pada Januari tahun depan.

Fitur YouTube Red yang tanpa iklan akan dapat dinikmati di YouTube versi “normal” dan YouTube Gaming, sebuah jawaban dari Google akan hadirnya layanan streaming game yang populer, yaitu Twitch. Walau begitu, masih ada kemungkinan iklan tampil di video, yaitu ketika kreator video-lah yang menyelipkan iklan pada videonya. Yaa gimana, YouTube tidak memiliki kontrol atas itu.

Satu lagi bocoran: YouTube kan sebelumnya sudah menawarkan konten berbayar lewat langganan channel premium, persewaan film, dan pay-per-view purchases. Dengan YouTube Red ini, untuk menikmatinya kamu harus tetap membayar secara terpisah.

Jadi sebenarnya YouTube Red ini untuk siapa? Saat ini, Google menyasar para pecinta musik. Dengan harga yang sama seperti Apple Music dan Spotify, kamu mendapatkan layanan streaming musik (video) disertai manfaat lebih lainnya.

Namun, untuk jangka panjang nanti, bisa saja YouTube Red dapat menjadi kompetitor Netflix, Hulu, dan Amazon Prime. YouTube tidak memiliki konten sekelas provider-provider tadi sih, tapi jangan lupa bahwa orang-orang saat ini lebih suka nonton video Minecraft (yang banyak ada di YouTube) daripada serial TV seperti Better Call Saul (yang ada di Netflix dkk). Jadi, tertarik tidak berlangganan YouTube Red?

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *