Aplikasi Gratis untuk Membuat Animasi 3D : Plotagon

Mudah atau tidaknya dalam membuat animasi 3D sebenarnya tergantung dari aplikasi apa yang kita gunakan. Plotagon membuat siapapun dapat dengan mudah membuat cerita yang menarik dan disertai animasi. Aplikasi ini tersedia dalam versi Windows PC, Mac, iPad, dan iPhone, namun DSG akan berfokus pada versi PC nya.

Cara Menggunakan Plotagon untuk Membuat Animasi 3D

 

Ketika menjalankan Plotagon, window yang terbuka akan menampilkan ikon “P” besar di bagian tengah. Kemudian ada ucapan selamat datang dan opsi apakah kita hendak membuat akun baru atau login. Agar kita dapat menggunakan aplikasi gratis untuk membuat animasi ini, kita harus membuat akun. Sebagai alternatif, kita dapat login menggunakan Facebook. Akun kita nantinya juga akan memberikan statistik terkini.

Defaultnya adalah Plotagon memberikan 1 scene dengan 2 karakter, namun kamu dapat mengubah scene serta karakter seiring dengan berkembangnya cerita. Banyak sekali pilihan karakter dan scene yang dapat kamu download secara gratis, dan jika masih kurang, kamu dapat membelinya.

Ketika kita mengklik “New Movie”, Plotagon akan menampilkan window tanpa judul dalam format thumbnail, kemudian kita ketikkan judul untuk film animasi yang akan dibuat. Antarmuka aplikasi menampilkan tab-tab untuk membuat scene, dialog, action, pergerakan, suara, dan musik.

plotagon

Saat memilih scene yang cocok untuk film kita, karakter beserta lokasi yang berhubungan akan muncul. Kemudian, kita memilih tab dialog dan mengetikkan apa yang hendak dibicarakan oleh karakter kita. Kita mengetikkan apa yang harus dikatakan oleh karakter kita sekaligus mood saat mereka mengatakannya, entah itu sedang marah, takut, arogan, heboh, senang, netral, bangga, sedih, atau terkejut. Setiap kali hendak menambahkan dialog untuk karakter berbeda, kita harus klik tombol dialog.

Kita juga dapat menambahkan pergerakan karakter dan efek suara untuk melengkapi scene. Jika sudah, tes kreasi kamu dengan klik tombol play.

 

Sudah puas? Klik tombol “Publish and Share” yang akan mem-publish video kamu ke komunitas Plotagon. Setiap video memiliki URL publik sendiri, jadi kamu dapat dengan mudah share kreasi kamu, cukup dengan link tadi.

Kesimpulan

plotagon-untuk-pembelajaran

Plotagon memberi cara mudah untuk membuat film animasi. Kita merekomendasikanmu agar kamu membuat plot cerita terlebih dahulu, kemudian menambahkannya ke scene Plotagon. Kamu juga dapat copy-paste dialog di posisi yang relevan. Sebagai tambahan, bisa jadi kamu harus mengetikkan beberapa kata secara fonetik agar robot TTS (text-to-speech) dapat membacanya dengan benar.

Spesifikasi minimum sistem:

  • Windows 8, Windows 7 SP1+ atau Windows Vista SP2+
  • AMD Athlon 1.6Ghz, Intel Pentium 4 atau prosesor yang lebih baik
  • Minimal kapasitas kosong HDD sebesar 1 GB
  • Setidaknya RAM 2 GB
  • DirectX compatible sound card
  • DirectX 9 compatible video card

Link Download Plotagon

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *