Anti Ransomware Windows: BitDefender Anti-Ransomware

Ransomware semakin menjadi ancaman serius terutama untuk pengguna Windows. Ransomware apa sih? Ransomware adalah jenis aplikasi mencurigakan (serumpun sama malware) yang didesain untuk memblok akses sistem komputer kamu sampai sejumlah uang kamu bayarkan ke pembuat ransomware tersebut, baru aksesnya balik.

Ketika mayoritas aplikasi antivirus menawarkan proteksi anti-ransomware, tidak ada salahnya jika kamu menambahkan sebuah lapisan proteksi untuk Windows PC kamu, melindunginya dari ransomware. Ransomware, biasanya memasuki sistem anda dengan tipu daya dan kemudian melanjutkan untuk mengunci akses ke file atau data dan menuntut uang tebusan dibayarkan kepada sang pembuat ransomware untuk mendapatkan kembali akses yang dikunci tadi.

Selain BitDefender Anti-Ransomware yang sering juga dikenal sebagai BitDefender AntiCryptoWall, opsi lain aplikasi pencegah ransomware ada CryptoMonitor, CryptoPrevent, HitmanPro.Alert dan aplikasi penghapus ransomware seperti Anvi Rescue Disk dan HitmanPro.Kickstart.

BitDefender Anti-Ransomware

Setelah download file setup dari web resmi BitDefender, jalankan file tadi untuk menginstall. Setelah instalasi selesai, kamu akan melihat ada ikon muncul pada system tray dan antarmuka di dekatnya.

Klik pada gerigi Settings untuk mengatur pengaturan dasar dan umum dari aplikasi.

Jika sudah, klik pada slider Immunization dan ubah posisi slider ke On.

bitdefender-anti-ransomware-cryptowall

Sesimpel itu, BitDefender Anti-Ransomware akan melindungi komputermu. Pada dasarnya, yang dilakukan aplikasi ini adalah tidak mengizinkan menjalankan file executable dari %appdata% dan %startup%.

Jika semuanya sudah terkonfigurasi dengan baik, status Immunization akan aktif (on).

Sekarang, komputer Windows kamu akan terproteksi dari ransomware CryptoWall dan CTB-Locker. Ketika ransomware tadi mengambil kendali sistem kamu, mereka akan mengenkripsi file-file local dengan key kriptografi 2048-bit RSA, yang terasosiasi dengan komputer yang terinfeksi. Ketika public key masih ada pada sistem yang terinfeksi, private key hanya bisa didapat ketika kamu membayar uang tebusan (ransom). Itulah mengapa dinamakan ransomware. Serem ya. Seremnya lagi, jika kamu ngotot tidak membayar uang tebusan, key akan dihapus dari sistem dan bisa membuat kita kebakaran jenggot.

Semoga komputer kita masing-masing senantiasa dilindungi dari serangan ransomware. Jangan lupa untuk download anti-ransomware ya, gratis kok, klik saja link dibawah untuk menuju web resmi BitDefender. Kemudian klik tombol Download di bagian kanan.

Link Download BitDefender Anti-Ransomware Gratis

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *