Aplikasi Gratis untuk Mendeteksi Spyware: SpyDetect Free

Internet membuat segalanya menjadi lebih mudah. Membantu kehidupan, karena hampir segala hal yang kita inginkan kini bisa didapatkan hanya dengan menggerakkan jempol. Pada waktu yang sama, internet juga mempermudah orang-orang jahil. Salah satunya adalah ketika para hacker mendapatkan akses secara remote ke komputer kita menggunakan aplikasi tertentu dan me-monitor apapun yang diinputkan dengan keyboard, sebuah hal yang sering disebut sebagai keylogging. Nah, keyloggers merekam semuanya yang diketikkan pada keyboard, termasuk username dan password. Karena itulah, SpyDetect Free didesain secara spesial untuk mendeteksi program dan proses yang me-monitor aktivitas keyboard tanpa izin pemilik komputer.

SpyDetect Free adalah aplikasi gratis untuk mendeteksi adanya spyware dalam komputermu. Dengan kata lain, aplikasi ini akan mendeteksi proses pada komputermu yang mungkin memata-matai keystrokes apa saja yang kamu tekan.

Cara Menggunakan SpyDetect Free

SpyDetect Free adalah aplikasi yang enteng serta portable, berjalan baik di PC Windows 32 bit ataupun 64 bit. Kamu cukup mendownload versi mana yang sesuai dengan sistem kamu.

Setelah aplikasi terdownload dan menjalankannya, kita akan disuguhi antarmuka sederhana dengan opsi minimum. Window aplikasi menampilkan tombol yang menonjol dengan kata-kata “Check Now” di bagian atas aplikasi.

spydetect-probably-not

Aplikasi ini dasarnya menjalankan 2 fungsi: Fungsi pertama memeriksa apakah komputer kita sedang diintai seseorang atau seseorang sedang memantau kita. Harap diingat, pemantauan mungkin dilakukan, terutama di lingkungan kerja. Tetapi tindakan mata-mata tidak bisa dibenarkan.

Karena sebagian proses yang merekam keystrokes menggunakan alat sejenis hooks, maka SpyDetect Free mencari dan mendeteksi apakan ada hooks yang diinstall pada keyboard. Proses ini dapat merekam informasi sensitif seperti detail perbankan, sesuatu yang pastinya tidak kamu inginkan. Bagaimanapun, tidak selamanya bahwa adanya hooks terinstall berarti kamu sedang diintai orang. Contohnya, ada yang memasang hooks untuk mengetahui seberapa sering pengguna menekan tombol-tombol pada keyboard. Walau begitu, tetap lebih baik untuk memastikan kemungkinan yang terjadi pada komputermu.

spydetect-probably-yes

SpyDetect Free juga membantu kita untuk menentukan apakah sistem kita sedang dimonitor. Aplikasi ini akan menganalisis komputer terhadap proses-proses yang dijalankan aplikasi-aplikasi monitoring. Kemudian, SpyDetect akan menampilkan jenis aktivitas yang terdeteksi berdasarkan besarnya kemungkinan proses tertentu adalah untuk kegiatan monitoring.

FYI, monitoring hanya berkaitan dengan hal-hal seperti penggunaan browser (website) dan aplikasi tertentu, tidak melihat keystrokes. Ini berarti, monitoring tidak termasuk mencatut informasi-informasi pribadi.

Kita juga dapat membaca informasi lebih detail tentang apa yang terjadi pada komputer kita dengan mengklik tombol “Details” yang terletak pada pojok kiri bawah window aplikasi.

Kesimpulan

Ketika monitoring (yang tetap menghargai privasi) seringkali diperbolehkan dalam lingkungan kerja, kegiatan pengintaian (spying) adalah hal berbeda yang tidak bisa dibenarkan, meskipun itu mengintai pekerja atau suami/istri sendiri. SpyDetect Free akan membantumu mengetahui apa yang sedang terjadi dibalik komputer kamu. SpyDetect Free mendeteksi baik aktivitas monitoring maupun aktivitas mata-mata.

SpyDetect Free hanya berukuran 930 KB, gratis, dan dapat dijalankan di semua versi Windows 32 bit maupun 64 bit (Windows 2000/XP/Vista/7/8/8.1/10).

Link Download SpyDetect Free

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *