Aplikasi Gratis Terbaik untuk Organizer Foto Digital

Setiap orang memiliki preferensi berbeda dalam mengorganisir koleksi gambar/foto digital. Sebagian orang ingin cara yang cepat dalam import gambar-gambar dan melihat semuanya di satu aplikasi yang mendukung berbagai format. Nah, kalau sudah seperti ini, kita butuh aplikasi untuk menunjukkan struktur direktori galeri foto kita dan dapat mengubah atau menambahkannya dengan mudah. Selain itu, fitur lain semacam export gambar ke email, posting di internet/media sosial, serta edit (resize, crop, dll) gambar tanpa merusak file gambar aslinya.

Sebenarnya, di dalam file gambar tersimpan semacam ‘tags’ yang dapat digunakan untuk mencari dan klasifikasi gambar berdasarkan kriteria tertentu, dari tanggal dibuatnya foto tersebut hingga settingan kamera dan settingan GPS. Namun, tidak semua aplikasi default pembuka gambar memiliki kemampuan ini.

Penjelasan lebih dalam mengenai aplikasi organizer file gambar (image organizer) bisa kamu baca di Wikipedia. Disana ada banyak info, termasuk daftar lengkap aplikasi-aplikasi image organizer gratis dan berbayar.

Menurut Gizmo’s Freeware, ada permintaan sangat besar dalam ketersediaan aplikasi yang dapat mencari file gambar sampai ke akar-akar komputer, sampai masuk kedalam driver segala, tanpa memindahkan file aslinya, jadi aplikasi tersebut membuat index dengan parameter yang telah ditentukan.

Jenis-Jenis Aplikasi Organizer File Gambar

Picasa-Library-People

Pertama, ada aplikasi yang tidak mencari seluruh file gambar yang ada di hard disk kamu. Jenis aplikasi organizer gambar yang ini ada 3 yang terbaik: Zoner Photo Studio Free, XnView, dan digiKam (buat kamu yang menggunakan Linux). Zoner PSF dapat mengkatalogkan semua file gambar pada PC kamu, namun tidak secara otomatis/default.

Kedua, adalah jenis aplikasi organizer file gambar yang dapat mencari secara otomatis file gambar (dan video) yang ada pada hard disk kamu. Adapun aplikasi organizer file gambar terbaik jenis ini adalah Windows Live Photo Gallery dan Picasa.

Namun, pendekatan Picasa sedikit membuat DSG kurang sreg, karena seakan-akan Picasa terus mencari-cari file gambar setiap terjadi pemindahan atau edit satu gambar. Ya walaupun proses pencarian tersebut terjadi di background tapi kan tetap saja membebani prosesor. Tapi, tidak bisa dipungkiri bahwa Picasa adalah aplikasi sangat populer dan bisa menjadi solusi ideal untuk kamu.

Alternatif Aplikasi Organizer Gambar

Selain aplikasi yang akan DSG bahas, ada alternatif aplikasi organizer gambar lain, yaitu: Anti Chaos; Ashampoo Photo Commander 7.6; BelieveIT Photo Organiser; Bluemarine Photo Organizer; Cam2Pic; DigiBook 2005 Light; FastStone Image Viewer; FxFoto; HP Photosmart; Imagic; iTag; JBrout; Jet PhotoKestrel GX; Kodak Easyshare 8.2; Magix Photo Manager; Myphotoindex; Photome; Photoscape; Photozip albums; Phraseanet; PicaJet; Pictomio; Preclick Gold; Prostockmaster; Roxio; Serif Plus Starter Edition; SSuite; Stoik Imagic; Studioline; Sunlit Green; Viewer 2; Visipics; WildBit viewer.

Sebenarnya, hampir semua aplikasi organizer gambar memiliki antarmuka dan ukuran file yang hampir sama. Karenanya, cara kerjanya juga mirip-mirip, maka banyak alternatif aplikasi juga :D tinggal dipilih yang mana yang cocok, berikut ini adalah beberapa aplikasi organizer gambar gratis terbaik, simak ulasannya.

Zoner Photo Studio Free

Zps-manager

Antarmuka Zoner terasa profesional. Dengan Zoner, kamu dapat mengorganisir, edit dan share gambar kamu. Selain itu, aplikasi ini tersedia dalam pilihan bahasa Jerman, Perancis, Itali, dan Rusia. Fitur utama dari Zoner adalah manager (organizer), viewer, dan editor. Untuk aplikasi manipulasi gambar (fungsi edit), DSG lebih memilih menggunakan aplikasi lain. Namun, untuk fungsi organizer gambar, Zoner ini dapat dikatakan terbaik, cepat, dan intuitif.

KelebihanDesain bagus, versi gratisnya berukuran relatif kecil dan bekerja dengan baik untuk pemakaian sehari-hari.
KekuranganFitur versi gratisan dibatasi; tab-tab diantara fitur manager, edit, dan view kurang user-friendly
Ukuran54,8 MB
Jenis AplikasiFreeware dengan fitur dibatasi
Minimum sistemWindows XP SP2 / Vista / 7 / 8

Link Download Zoner Photo Studio Free

 

XnView

xnview

XnView adalah aplikasi organizer gambar lain yang kaya fitur. XnView memiliki keunggulan karena kestabilan aplikasinya, sangat cepat, dan ukuran file installer nya kecil.

XnView memiliki aplikasi ‘saudara’ bernama XnView MP yang memiliki fitur lebih sedikit namun dapat diinstall di Mac dan Linux. Aplikasi ini dapat mengimpor lebih dari 300 format file grafis dan mengekspor ke sekitar 50  format file. Fitur lain yang dimiliki aplikasi ini antara lain ada image IPTC, dukungan metadata EXIF, fasilitas editing, slide show, dan dukungan 44 bahasa. Mantap.

KelebihanUkuran kecil, loading cepat, mudah digunakan, stabil, mendukung multi monitor
KekuranganUpload gambar langsung ke web lumayan susah
Ukuran2,73 hingga 14,5 MB
Jenis AplikasiGratis untuk penggunaan pribadi/edukasional
Minimum sistemWindows 95 – Windows 8; Mac OS X; Linux (bermacam distro)

Link Download XnView

 

Picasa

picasa

Picasa adalah aplikasi organizer gambar milik Google. Picasa adalah pilihan super tepat bagi yang membutuhkan organizer yang dapat mengorganisir gambar dengan baik. Picasa juga dilengkapi dengan integrasi mudah ke album web dan situs sharing gambar populer. Aplikasi yang canggih dan otomatis ini juga memiliki fitur image correction, slide show full screen, serta kamu dapat melihat koleksi gambarmu berdasarkan peta dunia (dimana gambar tersebut diambil).

Picasa dapat mengorganisir foto-foto kamu berdasarkan wajah dari orang-orang yang terdapat pada foto-foto kamu. Memang tidak 100% akurat, tapi fitur ini bekerja dengan baik dan tidak zonk. Picasa sifatnya gratis untuk didownload dan langsung terintegrasi dengan Picasa Web Album yang menyediakan pengguna kapasitas penyimpanan cukup besar untuk ukuran layanan penyimpanan gambar online gratis.

Kelebihan Powerful & kaya fitur
KekuranganIntrusif dan dapat memakan daya prosesor walaupun kamu sedang tidak menggunakannya. Bukan merupakan cara termudah untuk mengorganisir gambar pada PC
Ukuran14,2 MB
Jenis AplikasiFreeware
Minimum sistemWindows XP / Vista / 7; Mac OS X 10.4.9+ (dengan CPU Intel)

Link Download Picasa

 

DigiKam

digikam

DigiKam pada dasarnya tersedia untuk Linux, namun sekarang sudah ada versi Windows juga. Walau begitu, load-nya di Windows agak susah. Aplikasi ini didesain sangat baik sehingga cocok untuk amatir maupun fotografer profesional. Seperti yang lain, DigiKam memiliki fitur-fitur yang kurang lebih sama.

Kelebihan Dapat menjadi pilihan utama terutama bagi para profesional
KekuranganUkuran file besar; memiliki banyak bugs di versi Windows
Ukuran259 MB
Jenis AplikasiFreeware & open source
Minimum sistemWindows XP hingga Windows 8; Linux; Mac OS X

Link Download DigiKam

 

Windows Live Photo Gallery

windows-live-photo-gallery

Kalau Picasa punya Google, Windows Live Photo Gallery ini punya Microsoft. Aplikasi ini bekerja dengan sangat baik, cepat, dan kesannya lebih menarik daripada Picasa. Tapi, aplikasi ini fiturnya tidak sebanyak yang ditawarkan Picasa. Bagaimanapun, menggunakan aplikasi ini adalah cara cepat untuk mencari gambar di hard drive kamu karena merupakan aplikasi bawaan Windows.

Kamu dapat mengedit gambar, mengirim gambar lewat email atau share ke layanan online, mencetak gambar, membuat slide show, dll. Bisa jadi aplikasi ini memiliki fitur paling sedikit diantara yang lain, namun bisa jadi pula itu adalah sebuah kelebihan.

Kelebihan Aplikasi berjalan cepat, memiliki desain simpel, serta sistem indexing yang tak lekang oleh waktu (?)
KekuranganHarus daftar Windows Live terlebih dahulu
Ukuran1,19 MB hingga 55 MB
Jenis AplikasiFreeware
Minimum sistemWindows 7 & 8

Link Download Windows Live Photo Gallery

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *