Aplikasi Monitor Ping ke Koneksi Host: EMCO Ping Monitor

EMCO Ping Monitor adalah aplikasi ping monitoring gratis yang powerful untuk mengecek koneksi ke host jaringan secara otomatis.

Dengan nge-ping terus secara teratur, aplikasi ini dapat me-monitor koneksi jaringan dan memberimu notifikasi jika ada kondisi network sedang up atau down. EMCO Ping Monitor juga menyediakan info statistik mengenai koneksi internet kita, termasuk uptime, outages, ping gagal, dll.

Kamu dapat dengan mudah mengoprek aplikasi ini untuk mengeksekusi command buatan sendiri atau membuka aplikasi tertentu ketika koneksi mati, atau koneksi up kembali.

EMCO Ping Monitor - Host status overview

Dalam lingkungan IT yang sensitif, ketika bisnis kamu bergantung kepada, dan sangat mengandalkan performa server dan perangkat jaringan lain, penting rasanya memonitor status mereka secara kontinu agar jika terdeteksi kegagalan koneksi, dapat diatasi secepat mungkin.

Aplikasi ini dapat membantu perangkatmu senantiasa dalam kondisi up dan meminimalisir outage time. Aplikasi ini dapat nge-ping host tertentu selama 24 jam 7 hari dengan cara mengirimkan ping secara periodik dan secara otomatis mendeteksi outages jika ping gagal.

Apa saja keuntungan dari aplikasi monitoring IP, host, dan ping ini?

  • Tersedia versi gratisnya yang memberimu slot untuk monitoring hingga 5 host. Download aja aplikasi versi gratisnya dan kamu akan mendapatkan fasilitas ping monitoring ala ala enterprise.
  • Mudah dioprek. Kamu dapat menyesuaikan pengaturan ping, monitoring, reporting, dan notifikasi sesuai kebutuhan. Kamu juga dapat mengatur kebiasaan aplikasi ketika terjadi connection lost dan membuat restore event sesuai kebutuhan kamu, dimana event tadi akan dieksekusi jika ada connection lost.

Adapun fitur EMCO Ping Monitor diantaranya adalah:

Eksekusi tes ping otomatis

EMCO Ping Monitor - Report example

Aktifkan monitoring ping otomatis dari host jaringan tertentu untuk mendeteksi ketersediaan mereka dalam mode 24 jam/7 hari. Dapatkan informasi real-time mengenai status koneksi terkini dan melacak adanya perubahan.

Kumpulkan statistik untuk mengevaluasi kualitas dari koneksi yang sedang di-monitoring. Fitur eksekusi tes ping otomatis memiliki sub-fitur yaitu:

  • Tracking status koneksi
  • Deteksi connection loss serta recovery
  • Statistik ping rutin
  • Laporan kualitas koneksi

Monitoring host yang disertai pemberitahuan/notifikasi

EMCO Ping Monitor - Configure custom actions

Aktifkan aplikasi ping monitor ini untuk mendeteksi adanya connection lost dan restore serta eksekusi event-handler yang telah dibuat sendiri (menyesuaikan kebutuhan pengguna).

Monitoring dapat dilakukan dengan dikirimnya pemberitahuan berupa notifikasi email dan SMS yang berisi status koneksi dan event-event lain. Secara mendetail, fitur pendukung notifikasi monitoring ping ini adalah:

  • Custom event handlers
  • Command terminal yang bisa diatur sesuai kebutuhan
  • Notifikasi email dan SMS
  • Setting yang customizable

***

FYI, restore event / event handler adalah semacam command yang dibuat untuk berjaga-jaga, dan akan dieksekusi apabila terjadi error, dengan harapan dapat mengembalikan keadaan seperti semula (sebelum terjadi error). Bisa juga disebut P3K yang dimiliki aplikasi apabila terjadi error yang tidak diinginkan #soktau #CMIIW

Author: EMCO Software

Size: 59.3 MB

License: Freeware

Requires: Win 10 / 8 / 7 / Vista / XP

Link Download EMCO Ping Monitor

Author:

1 Komentar

  1. candra mengatakan:

    mantap gan

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *