Aplikasi Video Editor Gratis : VSDC Free Video Editor

VSDC Free Video Editor adalah video editor gratis yang powerful dan anti mainstream.

vsdc-free-video-editor-1

Aplikasi ini dilengkapi sejumlah efek transisi yang cukup banyak. Kamu dapat melakukan tweaking warna, kecerahan, kontras, levels, dan aspek lainnya dengan beragam cara. Aplikasi ini juga disertai opsi untuk mengaplikasikan filter blur atau filter mempertajam (sharpen), membalik (flip) atau rotasi (rotate) klip video, tweaking audio, menambahkan captions, dan banyak lagi.

Dukungan format file yang luas berarti aplikasi ini dapat menerima sebagian besar format audio dan video, juga format gambar.

vsdc-free-video-editor-2

Setelah kamu selesai, kamu dapat menyimpan videomu ke berbagai format berdasar jenis device (iPod/iPhone/iPad, PSP, Sony PlayStation, Xbox, Zune, Archos, iRiver, Creative Zen, Blackberry, dll.) atau menggunakan cara klasik seperti diburn langsung ke DVD.

Sekilas tidak bisa dipercaya bahwa aplikasi ini se-powerful itu, melihat dari antarmuka aplikasinya yang anti mainstream dan cenderung susah digunakan.

Cara Menggunakan VSDC Free Video Editor

Awalnya, kamu diminta untuk import semua klip-klip yang akan diedit, dan akan muncul wizard yang siap membantu. Disini kamu dapat menambahkan efek transisi. Tapi, kamu tidak bisa mengatur ulang urutan klip-klip ke urutan yang kamu inginkan.

Ya sudah, import saja klip-klipnya. Biasanya, video-video setelah diimport akan nongol di timeline. Tapi di aplikasi ini tidak. Hasil import tadi ada sebagai “scene” dan tidak nongol secara default. Kamu dapat menampilkannya, tapi tidak dapat mengatur ulang urutannya, karena aplikasi ini termasuk Non-Linear Editor yang bekerja berbeda.

vsdc-free-video-editor-3

Kebingungan berlanjut lagi. Jadi ada ribbon, Project and Object Explorers, editing toolbar yang beragam, beberapa timeline, sebuah properties window, sebuah resources window, sebuah menu, beragam opsi klik kanan, dan banyak lagi. Sedihnya, tidak ada local help (kalau di aplikasi lain biasanya bisa diakses dengan menekan F1) untuk fitur-fitur tersebut, jadi harus pergi ke web nya untuk melihat dokumentasi yang…. sedikit.

Tapi, semuanya akan berkembang ketika kamu mulai memahami keseluruhan VSDC Free Video Editor, dimana aplikasi ini memiliki opsi dan fitur yang banyak banget, yang layak banget dioprek. Tapi, jika kamu lebih suka video editor konvensional, butuh waktu untuk bisa menguasainya, karena memang program ini tidak mudah.

Untunglah versi terbarunya sudah menyertakan peningkatan di bidang grafis dan audio untuk special effects dan rendering video yang lebih profesional. Selain itu, ditambahkan beberapa peningkatan di GUI yang membuat aplikasi ini lebih sederhana daripada sebelumnya.

Kesimpulan

vsdc-free-video-editor-4

Tidak intuitif, awkward saat menggunakan, dan minimnya dokumentasi menjadikan penguasaan VSDC Free Video Editor menjadi susah. Aplikasi ini punya banyak fitur powerful, jika kamu adalah orang dengan hasrat ngoprek dan belajar yang kuat, bolehlah dicoba dulu aplikasinya, toh gratis. VSDC Free Video Editor bisa didownload dan diinstall secara gratis di platform Windows XP, Windows Vista (32 bit), Windows 7 (32 bit), Windows Vista (64 bit), Windows 7 (64 bit), Windows 8, dan Windows Server.

Link Download VSDC Free Video Editor

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *