Cara Burn File ISO dengan Command Prompt pada Windows 10 / 8 / 7

Apa mungkin kita nge-burn file ISO di Windows menggunakan command prompt saja? Ya, kita bisa! Tapi agak mengherankan juga sih, soalnya kenapa gitu perlu ngeburn ISO ke CD pake command prompt, kan sudah ada banyak aplikasi gratis untuk nge-burn file ISO ke disc. Tapi bagaimanapun ada saja orang-orang yang memilih menggunakan command prompt pada Windows karena banyak alasan, toh hal tersebut merupakan hal yang umum di kalangan pengguna komputer advanced.

Sejujurnya, melakukan cara ngeburn ISO di Windows menggunakan command prompt ini sangat mudah, tapi pastikan komputer kamu menggunakan Windows 7, Windows 8, atau Windows 10.

Ya, melakukan banyak hal menggunakan command prompt baik di Windows dan Linux itu memungkinkan. Beberapa orang mengira menggunakan command prompt mungkin hanya untuk pengguna Linux, tapi ya gak gitu juga.

Cara Burn File ISO menggunakan Command Prompt

cara-burn-iso-menggunakan-cmd

Pertama, bukalah command line dengan klik tombol Start, kemudian klik “Run”. Setelah itu, ketikkan “cmd” di kotak yang tersedia dan tekan Enter. Command prompt akan muncul.

Ketikkan perintah berikut di command prompt:

isoburn.exe /q [CD/DVD writing drive]

Contoh perintah yang akan dieksekusi:

isoburn.exe /q D: C:UsersDSGDesktopimage.iso

Setelah itu, “Windows Disc Image Burner” akan muncul menandakan proses telah selesai.

Untuk menutup Windows Image Burner, kamu harus menutupnya dengan menekan tombol di bagian atas window. Bisa juga menggunakan command taskkill pada cmd.

Tambahan. Tidak perlu mengetikkan “isoburn.exe” karena .exe nya tidak perlu diketik. Ini karena file image burner nya terletak pada folder system32.

Author:

1 Komentar

  1. Iskandar Dzulkarnain berkata:

    wah keren nih
    baru tahu kalo ada cara ini

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *