Cara Mematikan Update Windows 10

Windows 10 otomatis mengecek apakah ada update dan langsung menginstall update yang ditemukan. Berita baiknya, kamu dapat mematikan update windows 10 dan menjadwalkan instalasi update Windows 10, tapi opsi tersebut di-hidden oleh Windows.

Windows 10 edisi apapun (Professional, Enterprise, Education, bahkan Home edition) memberi cara untuk menghentikan update otomatis Windows 10 melalui pengaturan registry dan group policy.

Cara mematikan update windows 10 pada koneksi internet Spesifik

Ketika kamu mengatur koneksi sebagai “metered“, Windows 10 tidak akan mendownload update secara otomatis dengan koneksi tersebut. Windows 10 akan secara otomatis menentukan jenis koneksi tertentu sebagai koneksi metered, seperti koneksi internet menggunakan paket data operator seluler. Tapi, kamu bisa kok mengatur koneksi internet apapun sebagai koneksi metered.

Jadi, jika kamu tidak ingin Windows 10 mendowload update secara otomatis di koneksi internet home network, atur koneksi internet tersebut sebagai koneksi metered. Windows 10 akan download update secara otomatis ketika kamu konek ke jaringan unmetered. Windows akan mengingat setting untuk tiap-tiap jaringan, jadi kamu dapat diskonek dari jaringan tadi dan rekonek sesuka hati tanpa takut harus setting ulang.

Punya koneksi internet dengan kuota terbatas? Cukup tandai sebagai koneksi metered dan Windows 10 tidak akan download update secara otomatis. Namun, apabila koneksi kamu unlimited, kamu bisa atur koneksi unmetered ketika hendak download update (dini hari misalnya), dan mengaturnya menjadi metered ketika update selesai didownload.

Kalo kamu sudah mengupdate windows kamu ke windows 10 anniversary, gunakan pengaturan khusus windows 10 anniversary disini

Untuk mengganti opsi ini, buka app Setting, pilih Network & Internet, scroll kebawah dan pilih Advanced options dibawah daftar jaringan Wi-Fi. Aktifkan opsi Set as metered connection. Opsi ini hanya memengaruhi jaringan Wi-Fi yang kamu sedang konek sekarang, tapi Windows akan mengingat pengaturan untuk tiap-tiap jaringan Wi-Fi berbeda.

Wireless Network Connection Setting

Setelah mengaktifkan opsi ini, Windows Update akan mengatakan bahwa update tersedia (“Updates are available. We’ll download the updates as soon as you connect to Wi-Fi, or you can download the updates using your data connection (charges may apply.)”).

cara mematikan update windows 10 pada Windows 10 Anniversary


Sedikit perubahan terjasi pada update windows 10 Anniversary, dimana pengaturan untuk mengaktifkan “metered” connection sedikit berbeda. Untuk melakukanya pada update windows 10 Anniversary

Masuk ke Setting >>Network & Internet >> Wi-Fi

set as meteredd connection windows 10 anniversary 1

Klik pada koneksi yang ingin di set sebagai “Metered Connection” lalu aktifkan pilihan “Set as metered connection

set as metered connection windows 10 anniversary 2

 

Dengan menandai koneksi sebagai koneksi metered, kamu sudah mengakali Windows agar mengira bahwa koneksi tadi adalah koneksi mobile data (contoh: koneksi hasil tethering antara PC & smartphone). Kamu dapat mengklik tombol Download untuk mendownload dan install update sesuai keinginan.

windows 10 update & Security

 

 

Cara Menghentikan Windows Update yang Membuat Komputer Kamu Rebooting secara Otomatis

Windows 10 normalnya menjadwalkan reboot ketika kamu tidak menggunakan komputermu. Contohnya, Windows Update akan mencoba menjadwalkan reboot pada jam 3 pagi setelah install update. Ini adalah perbaikan dari versi Windows sebelumnya yang ingin reboot sesegera mungkin.

Kamu juga dapat “menyuruh” Windows untuk reboot di jam-jam tertentu sesuai kebutuhan. Untuk mengubah pengaturan ini, buka app Setting, pilih Update & security, pilih Advanced options di bagian bawah panel Windows Update, kemudian pilih Notify to schedule restart bukan opsi yang Automatic (recommended). Windows akan menanyakan kapan akan melakukan reboot setelah install update.

windows 10 update option

Cara Mencegah Windows Update Menginstall Update & Driver Spesifik

Jika Windows 10 “ngotot” untuk menginstall update/driver spesifik yang justru menimbulkan masalah, kamu dapat mencegah Windows Update dari menginstall update tertentu. Microsoft tidak menyediakan cara langsung untuk memblok update dan driver terdownload secara otomatis, namun Microsoft menawarkan aplikasi gratis yang dapat didownload yang dapat memblok update dan driver agar Windows tidak mendownloadnya.

Cara-Mencegah-Windows-Update-Menginstall-Update-Driver-Spesifik

Cara Menggunakan Group Policy untuk Menonaktifkan Update Otomatis (Windows 10 Professional Edition)

Ada pengaturan dimana kamu dapat memilih bagaimana update diinstall berdasar jadwal yang kamu tentukan, tapi oleh Windows, opsi tersebut disembunyikan di Group Policy. Hanya Windows 10 Professional, Enterprise, dan Education yang memiliki akses ke editor Group Policy. Untuk mengakses editor Group Policy, tekan Windows + R, ketikkan perintah berikut dalam dialog Run kemudian tekan Enter:

gpedit.msc

Pergilah menuju Computer ConfigurationAdministrative TemplatesWindows ComponentsWindows Update.

Cari pengaturan Configure Automatic Update di panel sebelah kanan kemudian dobel klik pengaturan tadi. Atur menjadi Enabled, kemudian pilih pengaturan sesuai kebutuhan. Contohnya, kamu dapat memilih Auto download and notify for install atau Notify for download and notify for install. Simpan.

Kunjungi panel Windows Update kemudian klik Check for updates, setelah itu pilih Advanced options. Kamu akan melihat opsi baru disana. Kamu juga akan menemui catatan seperti “Some settings are managed by your organization”, yang memberitahumu bahwa opsi tadi hanya dapat diubah di Group Policy.

Untuk menonaktifkannya, pergilah kembali ke editor Group Policy, dobel klik pengaturan Configure Automatic Updates, kemudian ubah dari Enabled ke Not configured. Simpan, kemudian pergilah ke panel Windows Update lagi, klik Check for updates, kemudian pilih Advanced options. Kamu akan melihat semua berubah kembali ke pengaturan semula.

Cara Menggunakan Registry untuk Menonaktifkan Update Otomatis (Windows 10 Professional Edition)

Mencegah update otomatis juga dapat dilakukan melalui registry. Registry hack akan menghasilkan hasil yang sama seperti pengaturan Group Policy.

Download registry hack untuk menonaktifkan update otomatis pada Windows 10Kemudian dobel klik salah satu file .reg untuk membuat Windows Update melakukan:

  • pemberitahuan untuk download & pemberitahuan untuk install, atau
  • download otomatis dan pemberitahuan untuk install, atau
  • download otomatis dan jadwalkan instalasi.

Di registry hack tadi juga terdapat file yang akan menghapus semua nilai registry yang telah dibuat oleh file satunya, dimana kamu akan kembali ke pengaturan awal. Sudah dicoba pada Windows 10 Professional, belum dicoba di Windows 10 Home.

Setelah mengubah opsi ini, kunjungi panel Windows Update pada app Setting, kemudian klik Check for updates. Setelah itu kamu dapat mengklik Advanced options dan kamu akan melihat pengaturan baru kamu.

Jika kamu kurang percaya dengan registry hack yang telah disediakan, yang perlu kamu lakukan adalah mengubah pengaturan registry di:

HKEY_LOCAL_MACHINE  SOFTWARE  Policies  Microsoft  Windows  WindowsUpdate  AU

Kamu harus membuat beberapa nilai disana. Buatlah nilai DWORD bernama “AUOptions” dibawah AU key dan beri nilai sesuai kebutuhan:

  • 00000002 untuk pemberitahuan untuk download & pemberitahuan untuk install, atau
  • 00000003 untuk download otomatis dan pemberitahuan untuk install, atau
  • 00000004 untuk download otomatis dan jadwalkan instalasi.

Masih ada trik lagi untuk mematikan update pada Windows 10, yaitu mematikan layanan sistem Windows Update pada Windows services administration tool. Tapi tidak untuk dicoba karena akan mencegah komputermu dari download update keamanan yang krusial. Yang aman saja lah, untuk mencegah Windows mendownload update otomatis di PC apapun, cukup atur koneksi sebagai koneksi metered. Semoga bermanfaat! :)

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *