Cara Memindahkan Aplikasi Android ke SD Card Tanpa Root

Kebanyakan smartphone Android tidak disertai dengan kapasitas memori internal yang besar, tapi untungnya disertai slot SD card untuk memperbesar kapasitas penyimpanan. SD card tidak mahal dan dapat dengan mudah dipindahkan dari satu perangkat ke perangkat lain. Bagaimanapun, aplikasi-aplikasi Android yang didownload secara default akan tersimpan di memori internal yang cepat penuh. Jelas, memori internal juga menyimpan data & cache aplikasi, tidak hanya mentahan aplikasinya saja.

Ketika memori hp kamu full, akan ada notifikasi “low storage” yang mengganggu banget, dan bisa jadi hp kamu lemot. Hal terbaik yang bisa dilakukan mungkin adalah memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal ke SD card.

Pada tutorial Cara Memindahkan Aplikasi Android ke SD Card Tanpa Root ini, DSG akan memberimu panduan untuk memindahkan aplikasi ke kartu microSD dan juga memindahkan aplikasi dengan bantuan aplikasi (?) untuk mempercepat proses.

Perlu Diketahui: Memindahkan Aplikasi ke SD Card

Sebelum kita mulai memindahkan aplikasi, kamu harus tahu bahwa tidak semua aplikasi dapat dipindahkan ke kartu SD. Bisa atau tidaknya bergantung developer aplikasi dan smartphone kamu. Aplikasi bawaan hp tidak bisa dipindahkan ke SD card. Beberapa fitur aplikasi juga ada yang tidak dapat bekerja apabila dipindahkan ke SD card.

Tapi, jika kamu tetap ingin memindahkan setiap dan semua aplikasi ke SD card tanpa batasan-batasan, kamu harus root Android kamu terlebih dahulu. Kalau memindahkan aplikasi Android ke SD card tanpa root, yaaaa pindahkanlah yang mana yang paling besar (ukuran filenya) dulu, selama masih bisa.

Cara Pertama Memindahkan Aplikasi Android ke SD Card

Memindahkan aplikasi ke SD card sebenarnya simpel, tapi harus satu-satu, tidak bisa cepat dan sekaligus (bulk). Kecuali kalau sudah di root. Untuk memindahkan sebuah aplikasi, klik “Settings” dan cari menu “Application manager” atau “Apps” atau “Applications”. Jika hp kamu disetting Bahasa Indonesia, menyesuaikan lah ya.

move-apps-to-sd-card-11

Tampilan selanjutnya menunjukkan seluruh daftar aplikasi yang telah kamu download. Tap pada aplikasi yang kamu inginkan dan kamu akan melihat detail aplikasi tersebut. Harusnya, ada tombol “Move to SD card” yang dapat kamu tekan dan proses pemindahan dimulai. Proses bisa berlangsung selama beberapa detik hingga beberapa menit, tergantung ukuran aplikasinya.

move-apps-to-sd-card-22

Ya, kamu harus melakukan pemindahan aplikasi satu-per-satu dan apabila ada aplikasi yang tidak bisa dipindah ke SD card, tombol “Move to SD card” akan berwarna abu-abu dan tidak bisa di klik. Sebagai tambahan, ada video petunjuk cara memindahkan aplikasi Android ke SD card.

Cara Kedua Memindahkan Aplikasi Android ke SD card dengan Bantuan Aplikasi

Kamu dapat memindahkan aplikasi-aplikasi Android kamu ke SD card dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yang akan memperlancar proses perpindahan. Hanya memperlancar lho ya, tidak termasuk perpindahan secara otomatis/sekaligus. Untungnya, aplikasi ini bisa menghemat waktumu karena dapat menampilkan aplikasi mana yang bisa dan tidak bisa dipindahkan ke SD card, tidak harus kamu cek satu-satu secara manual.

Banyak aplikasi pihak ketiga yang seperti ini, namun yang bagus bisalah dicoba AppMgr III. Adalah aplikasi app manager, namun fokus utamanya adalah membantu memindahkan aplikasi ke/dari SD card. Cukup download aplikasinya dan kamu akan disuguhi daftar aplikasi yang dapat dipindahkan di antarmuka utama dengan heading “Movable”.

move-apps-to-sd-card-33

Yang perlu kamu lakukan hanya klik pada aplikasi yang hendak kamu pindahkan dan konfirmasi prompt yang muncul. Kemudian kamu akan dibawa ke tampilan detail aplikasi seperti di cara pertama, dimana kamu menekan tombol “Move app to SD card” untuk memindahkan aplikasi.

move-apps-to-sd-card-44

Begitulah cara memindahkan aplikasi Android ke SD card tanpa root. Jika ada pertanyaan atau cara lain, silakan share :D

Author:

3 Komentar

  1. Ade mengatakan:

    Sudah pakai cara kedua tapi move to sd nya tidak tampil juga.. Mohon bantuanya.. Terima kasih

  2. Ajat mengatakan:

    Bagaimana kalau move to SD card tidak tampil

    • Firman Herdiansyah mengatakan:

      Pake Cara Kedua “Memindahkan Aplikasi Android ke SD card dengan Bantuan Aplikasi”

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *