Tips dan Trik Memaksimalkan OK Google

Apple punya Siri, Windows 10 punya Cortana, dan pengguna Android bisa menggunakan Ok Google. Ok Google dapat melakukan banyak hal dan merupakan pesaing terkuat Siri.

Ok Google dapat diakses dengan kita berkata “Ok Google” didekat mikrofon smartphone atau tap tombol mikrofon pada search bar Google di smartphone atau tablet Android kamu.

FYI, Ok Google dapat diakses ketika Google Now telah terinstall pada perangkat kamu. Jadi kalau kamu tidak dapat mengaksesnya, pertama-tama kamu harus mendownload dan install Google Now dari Play Store, jika versi Android kamu memadai (versi 4.1 keatas).

google-now

Alternatif lain adalah download dan install Google app kemudian mulailah voice search pada perangkat Android dan iOS.

google-app

Sudah banyak pengguna yang menggunakan Ok Google untuk mencari banyak hal (yaa secara gitu, Ok Google tersambung dengan mesin pencari paling gahar sedunia). Yang mungkin tidak disadari adalah, Ok Google bisa melakukan banyak hal lain, yang mendekati asisten pribadi digital penuh fitur.

Selamat menikmati ulasan fitur-fitur lain dari Ok Google dan bagaimana Ok Google bisa membuat hidupmu lebih mudah.

Membuka Aplikasi

ok-google-untuk-membuka-aplikasi

Dengan Ok Google kamu dapat membuka aplikasi tanpa menyentuh perangkat kamu, cukup katakan “Ok Google, open Soundcloud” atau “open YouTube” dan perangkat kamu akan langsung membuka aplikasi yang kamu inginkan.

Jika kelepasan ‘menyuruh’ Ok Google untuk membuka aplikasi yang belum terinstall, kamu akan diarahkan ke Play Store.

Menyetel Timer dan Alarm

ok-google-alarm

Butuh timer cepat saat memasak sesuatu? Pengen tidur tapi belum nyetel alarm dan mata sudah susah melek? Cukup katakan pada Ok Google untuk “set a timer for 15 minutes” atau “set an alarm for 4.30 AM”.

Ketika menyetel timer, cukup rincikan durasi timer dan timer akan langsung mulai.

ok-google-timer

Tapi jika kamu ingin mematikan timer atau alarm, sepertinya sih.. Masih harus dilakukan dengan cara manual, hehe.

Mengartikan Kata

ok-google-arti-kata

Tidak tahu arti kata tertentu atau bagaimana cara mengejanya? Kamu dapat meminta bantuan Ok Google untuk mengartikannya untukmu sehingga kamu selalu menggunakan kata yang tepat di saat yang tepat.

Membuat Event dan Melihat Agenda

Jika kamu hendak membuat event seperti meeting atau janji bertemu, cukup bilang pada Ok Google untuk “create a meeting with (nama orang yang ingin ditemui) on (kapan) day at (jam berapa) time.”

ok-google-event

Jika kamu ingin melihat agenda hari ini, pintalah Ok Google untuk menunjukkannya padamu dengan cara mengucapkan “see my agenda for (today/tomorrow/Friday)“.

ok-google-agenda

Ini adalah cara yang tepat terutama bagi kamu yang (harusnya) seorang profesional. Tidak hanya dapat menambahkan event ke kalender sehingga kamu tidak melewatkan meeting dan janji penting, kamu juga bisa melihat agenda apa saja yang akan datang.

Menelepon dan Mengirim Pesan

ok-google-untuk-menelepon

2 hal lain yang dapat dilakukan dengan Ok Google adalah kita bisa menelepon dan mengirim pesan ke orang-orang yang ada di daftar kontak.

Untuk fitur ini, Ok Google bekerja sama baiknya dengan Siri. Cukup pinta Ok Google menelepon kontak tertentu atau sebuah nomor telepon yang kamu dikte, atau mengirim pesan. Kemudian Ok Google akan memastikan informasi tambahan yang dibutuhkan atau kamu dapat mendikte konten pesannya juga.

ok-google-untuk-mengirim-pesan

Setelah pesan teks siap, pesan dapat langsung dikirim. Ok Google juga bisa membacakan pesan teks untukmu, memastikan semuanya telah berjalan dengan baik, dengan kata lain kamu bisa mengirim pesan sambil merem sekalipun.

Selain mengirim pesan, Ok Google juga dapat mengirim pesan Hangouts, Tweet ke Twitter, atau post Facebook.

Mengirim Email

ok-google-untuk-mengirim-email

Seperti halnya mengirim pesan, kamu juga dapat mengirim email. Cukup pinta Ok Google untuk “send an email to (penerima email)” kemudian kamu dapat mendikte isi email atau menunggu Google menanyai kelanjutan konten email.

Jika sudah, cukup kirim saja emailnya. Walau saat ini Ok Google tidak dapat membacakan email untukmu, tapi Ok Google bisa menampilkan email yang kamu inginkan sesuai request.

Navigasi

ok-google-untuk-memandu-navigasi

Kita semua tahu bahwa navigasinya Google itu keren banget. Kamu dapat meminta Ok Google untuk membantumu mendapatkan navigasi/peta dari alamat sebuah lokasi, tempat bisnis, atau lokasi apapun.

Dengan ini kamu bisa mendapatkan lokasi kafe atau tempat cuci mobil terdekat atau mendapatkan navigasi yang jauh lebih mudah daripada mengetikkan keperluan navigasimu.

Cek Jarak diantara Tempat Berbeda

ok-google-untuk-mengetahui-jarak

Ingin tahu seberapa jauh jarak antar 2 tempat? Pinta Ok Google untuk menunjukkanmu jarak dari titik A ke titik B dan kamu juga bisa mendapatkan navigasinya sekaligus.

Jika sedang tidak merencanakan road trip, kamu juga bisa kok mengetahui jarak-jarak yang tidak bisa dilewati. Misalkan, jarak antar planet.

Melihat Tempat-Tempat yang Dekat dengan Lokasimu

ok-google-untuk-mengetahui-tempat-terdekat

Katakanlah kamu ingin tahu dimana tempat cuci mobil/restoran terdekat dengan lokasimu sekarang.

Bukan masalah, pintalah Ok Google untuk mengetahui tempat-tempat menarik yang ada di sekitarmu ataupun pada area umum.

Cari Tahu Fakta-Fakta Menarik

ok-google-untuk-mengetahui-fakta-unik

Hasrat kepo lagi tinggi? Minta bantuan Ok Google untuk menemukan jawaban dari keingintahuanmu. Misal, sekarang di Kutub Utara jam berapa, Taylor Swift lahir dimana, butuh berapa lama perjalanan pergi ke Mars, dan berbagai fakta menarik (dan random) lainnya.

Menerjemahkan

ok-google-untuk-menerjemahkan

Jika kamu butuh terjemahan dari kata-kata tertentu, Ok Google bisa membantu.

Google bisa menerjemahkan banyak sekali bahasa. Sudah pada tahu kan ya, hehe.

Mengecek Cuaca

ok-google-untuk-mengetahui-informasi-cuaca

Jika kamu ingin tahu di lokasimu sekarang cuacanya seperti apa, atau di lokasi lain cuacanya seperti apa, cukup pinta Ok Google untuk memberimu informasi cuaca lengkap.

Mengecek kondisi cuaca ini tidak terbatas pada area lokal kamu berada saja, jika kamu sedang dalam perjalanan dan ingin tahu seperti apa cuaca di lokasi tujuanmu, kamu dapat mencari tahu dengan Ok Google.

Yang fun lagi, tidak perlu tanya cuaca secara eksplisit juga bisa. Ok Google sudah semakin pintar, jadi kamu bisa bertanya seperti “Apa perlu besok saya membawa payung?” dan Ok Google akan memberimu informasi cuaca (entah cerah atau turun hujan).

Melakukan Pencarian Gambar

ok-google-untuk-mencari-gambar

Cukup pinta Ok Google untuk melakukan pencarian gambar (dengan Google Image Search). Ucapkan kata kuncinya dan Ok Google akan langsung memberi hasilnya.

Melakukan Konversi dan Penghitungan

ok-google-untuk-konversi-unit

Gunakan Google untuk melakukan konversi dan penghitungan cepat.

Kamu dapat menggunakannya untuk konversi mata uang terbaru dan real-time. Jadi tidak perlu khawatir akan kredibilitas nilai valuta asing-nya.

Kamu juga bisa melakukan penghitungan seperti perkalian, pembagian, akar kuadrat, atau menghitung tip untuk pelayan restoran.

Mengatur Reminder

ok-google-untuk-reminder

Ingin diingatkan, tapi tidak ingin membuat event baru? Pinta Ok Google untuk membuat reminder baru terhadap sesuatu yang penting untuk kamu ingat.

Jika kamu hanya ingin menambahkan tugas dalam to-do-list, cukup katakan “remind me to do (ini atau itu)” namun jika ingin membuat reminder yang lebih detail, kamu bisa kok menambahkan tanggal dan waktu.

Mengecek Pergerakan Saham

ok-google-untuk-mengetahui-pergerakan-saham

Punya saham di Apple? (Aamiin.. haha) Pantau terus pergerakan saham dengan bantuan Ok Google (contoh: “Show me how Apple’s stock did today”) dan Ok Google akan menampilkan hasil pergerakan saham yang mudah dimengerti.

Mengubah Pengaturan dan Kontrol Device

ok-google-untuk-mengubah-pengaturan

Kamu dapat menggunakan Ok Google untuk mengontrol device kamu dan mengubah pengaturan. Contohnya adalah menyalakan lampu senter.

Bisa juga untuk mengubah pengaturan lain, WiFi misalnya. Kamu bisa coba-coba untuk mengubah settingan yang lain. Ingin mengambil gambar atau merekam video singkat? Ok Google, “take a picture” atau “shoot a video”.

Membuat Catatan

ok-google-untuk-membuat-notes

Notes/catatan berbeda dengan fitur lain semacam reminder. Note berisi hal-hal yang ingin kamu simpan/catat. Artinya, notes ini sifatnya lebih jangka panjang.

Jika kamu punya lebih dari 1 aplikasi untuk membuat catatan maka Ok Google akan menanyai lebih lanjut, aplikasi mana yang ingin digunakan untuk membuat catatan. Contoh aplikasi note-taking adalah Google Keep dan Evernote.

***

Ok Google juga bisa membantu kita melakukan banyak hal lain, diantaranya:

  • Melacak kiriman selama kita punya informasi tracking (nomor resi/airwaybill) di email kita.
  • Memberitahu tagihan mana yang harus segera dibayar.
  • Menampilkan informasi penerbangan (harus terdapat informasi dalam email).
  • Menampilkan skor pertandingan bola/olahraga lain dan jadwal tanding tim/klub.
  • Memainkan dan mengontrol pemutar musik (Google Play Music).
  • Mengetahui informasi film apa dan dimana saja film ditayangkan.

Ok Google ini fungsinya mirip-mirip Siri di banyak hal. Serbaguna dan powerful. Perbedaan mencolok antara Ok Google dan Siri mungkin adalah kompatibilitas. Sementara Siri tersedia di Apple TV dan Apple Watch, Ok Google belum tersedia di semua device buatan Google, contohnya Chromecast.

Jika punya smartphone/tablet Android minimal versi 4.1 saja, Ok Google sudah tersedia untukmu. Ok, Google!

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *