20 Fitur Keren Google Search

Kamu dapat melakukan banyak hal di Google Search. Mulai dari telur paskah hingga shortcut-shortcut berguna yang memberimu apa yang kamu inginkan dan apa yang kamu butuhkan dengan cepat. Kini, Google Search menjadi tool yang tidak bisa lepas dari para pelajar, travelers, maupun yang suka ingin tahu dan yang lagi bosan.

DSG akan memberikan 20 hal berguna dan menyenangkan yang dapat dilakukan langsung di Google Search. Kamu bisa mengonversikan unit ukur, bermain game, menerjemahkan kata-kata, menghitung dan menyelesaikan soal matematika, memanfaatkan Google sebagai timer, mengecek status penerbangan secara real time, dan banyak lagi. Wow…

1. Bermain Game “Atari Breakout”

Pergilah ke Google Images, ketikkan “Atari Breakout”, klik tombol Search dan tunggu beberapa saat hingga game dimulai.

2. Bermain Game Pacman

Ketikkan “Pacman” dan klik Search. Klik saja pada game untuk mulai bermain.

3. Bermain Game Zerg Rush

Ketikkan “zerg rush” dan klik Search pada Google Search untuk memainkan game ini. Jadi, laman webmu di-invasi oleh sekumpulan huruf ‘o’ dan kamu harus klik mereka secepatnya untuk memusnahkan mereka sebelum mereka merusak laman hasil pencarian…

4. Menginput Tulisan Tangan untuk Diterjemahkan

Tahukah kamu bahwa pada Google Translate kamu dapat menuliskan tulisan tangan agar diterjemahkan? Caranya, pergilah ke Google Translator, klik tombol pensil di sebelah kiri bawah text box dan tulislah kata yang ingin diterjemahkan dengan tanganmu. Fitur ini akan sangat berguna dalam menerjemahkan bahasa yang tidak ada pada alfabet keyboardmu, bahasa Hindi misalnya…

5. Bagaimana Cara Membaca Jumlah yang Besar

cara-membaca-bilangan-yang-besar

Hayo, gimana cara membaca 1999999999999 atau angka-angka jumbo yang lain? Ketikkan angka-angka yang ingin kamu baca kemudian berikan tanda sama dengan (=) setelahnya, dan bahasa untuk mengejanya. Fitur ini bekerja sampai 13 digit angka.

6. Menggunakan Google Sebagai Kalkulator

google-kalkulator

Tidak hanya perhitungan langsung seperti 5^3, 10+5, 15-8, 35*55, 100/50 pada kotak pencarian, tapi juga bisa menghitung hasil fungsi trigonometri, dan banyak lagi. Mantaps.

7. Menghitung Bangun Datar

kalkulator-bangun-datar-google-search

Dengan Google Search kamu dapat menyelesaikan soal-soal bangun datar seperti lingkaran, persegi, segitiga, trapesium, elips, dll. Ketikkan “solve” dan tambahkan nama bangun datarnya, contoh, “solve triangle”. Klik tombol Search dan kamu akan diberi kalkulator untuk menghitung bangun datar. Kamu dapat menghitung luas bangun, perimeter, gamma, tinggi/lebar, panjang sisi (a) atau sisi (c). Setiap bangun datar memiliki kalkulator yang berbeda.

8. Membuat Grafik dengan Bantuan Google Search

google-search-gambar-grafik

Kamu juga dapat membuat grafik fungsi matematika secara instan. Contoh, ketikkan “graph for x^2” atau “graph for tan(x)”. Nanti, hasil pencariannya akan menampilkan grafik dari fungsi matematika tadi.

9. Menghitung Tip dengan Google Tip Calculator

google-search-kalkulator-tip

Jika kamu malas berhitung tapi ingin memberi tip di sebuah bar/kafe/resto, gunakan Google Tip Calculator untuk menghitungkannya untukmu. Ketikkan “tip calculator”, masukkan jumlah bill, berapa % tip, dan jumlah orang yang memberi tip.

10. Konversi Mata Uang

gbp-to-idr-google-search

Walaupun konversi mata uang dapat dilakukan lewat Google Currency Converter tapi jika kamu ingin melakukan konversi mata uang langsung dari Google Search juga bisa. Cukup ketikkan mata uang yang diinginkan. Contoh: “100 gbp to idr”. Hasil pencarian akan langsung memperlihatkan jumlah uang yang telah dikonversi.

11. Konversi Unit

google-search-konversi-unit

Selain mata uang, kamu juga dapat mengonversi unit untuk kuantitas berbeda. Contoh: “lbs to kgs”. Ada 9 kategori konversi unit: temperatur, panjang, massa, kecepatan, volume, area, konsumsi bensin, waktu, dan penyimpanan digital.

12. Terjemahan

quick-google-translate

Daripada loading Google Translator, langsung saja ketikkan bahasa yang hendak diterjemahkan, langsung di search bar nya Google Search. Contoh: “English to French”.

13. Google Timer

google-timer

Butuh timer? Ketikkan “google timer” dan sebuah box akan muncul dimana kamu bisa memasukkan waktu yang diinginkan, 45 detik misalnya. Google Timer akan memulai hitung mundur dan alarm akan berbunyi ketika timer mencapai angka 0. Google Timer juga dapat diset full screen juga lho.

14. Mengetahui Waktu Matahari Terbit & Terbenam di Kotamu

waktu-sunrise-sunset-google-search

Kamu dapat mengetahui waktu matahari terbit dan matahari terbenam di kotamu atau kota-kota lain di seluruh penjuru dunia. Ketikkan “sunrise” atau “sunset” diikuti dengan nama kota. Contoh: “sunrise in jakarta” atau “sunset in surabaya” dan hasil pencarian akan langsung muncul.

15. Perkiraan Cuaca

prakiraan-waktu-jakarta-google-search

Mau keluar rumah atau sekedar ingin tahu bagaimana kondisi cuaca? Cek perkiraan cuaca dengan mengetikkan nama kota diikuti dengan “forecast” dibelakangnya. Contoh: “Jakarta forecast”.

16. Cek Status Penerbangan

cek-penerbangan-dengan-google-search

Trik yang berguna bagi kamu para frequent fliers. Jika ada seseorang yang menjemputmu di bandara, cukup beri nomor penerbangan pada mereka agar mereka dapat mengecek status penerbanganmu. Contoh: “PK 304”. Nantinya, Google akan menampilkan terminal dan gate mana kamu datang.

17. Menghitung Jarak dan Waktu Tempuh Perjalanan

mengetahui-jarak-dan-waktu-tempuh-dengan-google-search

Merencanakan mbolang lewat jalur darat (road trip)? Cari tahu estimasi jarak dan waktu tempuh perjalanan dengan mengetikkan kedua tujuan dan menambahkan “distance” di belakangnya. Contoh: “New York to Dallas distance”.

18. Mencari Tahu Tanggal Rilis Film Favoritmu

tanggal-rilis-star-wars-the-force-awakens-google-search

Cari tahu kapan film favoritmu ditayangkan di bioskop kesayangan kamu. Ketikkan nama film dan tambahkan “release date” untuk tahu kapan mulai tayangnya. Contoh: “star wars the force awakens release date”.

19. Mencari Buku Berdasarkan Penulisnya

google-search-buku

Punya penulis buku favorit? Cari tahu semua buku yang pernah ditulis oleh penulis favoritmu dengan cara mengetik seperti contoh: “books by J.K. Rowling”. Semua buku yang pernah ditulis akan ditampilkan, bersamaan dengan tahun terbitnya.

20. ‘Menggeser’ Google Search

Ketikkan “do a barrel roll” atau “tilt”. Wkwk.

21. Bonus :P Melihat Semua Google Doodles

google-doodles

Kamu dapat melihat semua Google Doodles kapanpun cukup dengan cara yang gampang. Pergilah ke google.com dan klik tombol I’m Feeling Lucky tanpa mengetik apapun pada search box. Atau klik disini aja deh kalo males :P

22. Bonus Lagi, Go Retro!

google-tahun-1998

Pengen iseng mencoba Google versi jadul, ketikkan “google in” diikuti tahun berapa yang ingin kamu coba dan klik tombol Search. Contoh: “google in 1998”.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *