8 Aplikasi Android untuk Memonitor Aktivitas Anak

Hal yang susah untuk menghentikan anak-anak tumbuh kembang tanpa influens dari gadget, konten online, dan internet.

Sebagai orang (yang lebih) tua memang harus bijak menanggapi hal ini, tapi mencoba menutup mata terhadap fakta ini, atau bahkan tidak memberi akses teknologi pada anak, rasanya tidak akan membantu.

Yang dapat kita lakukan adalah memiliki kontrol lebih terhadap apa yang dilakukan anak-anak dengan gadget mereka.

DSG akan membantu memberikan daftar aplikasi Android gratis apa saja yang dapat membantu memonitor aktivitas smartphone Android anak.

Google Play Store memang tidak memiliki fitur restriksi seperti Apple App Store. Jadi jika anak Anda punya device Android (atau sekedar pinjam device milik Anda), bisa jadi Anda tertarik memasang parental apps untuk membantu memonitor aktivitas online anak pada device.

Beberapa aplikasi membatasi situs yang dapat dikunjungi, monitoring SMS atau telepon, download-an aplikasi, lokasi, dan berapa lama anak menghabiskan waktu bertama device.

 

Kids Place – Parental Control

kids-place

Kids Place adalah aplikasi parental control yang komprehensif. Beberapa fiturnya termasuk home screen yang dapat di-custom agar hanya menampilkan aplikasi yang diperbolehkan, kemampuan untuk mencegah anak dari download atau membeli aplikasi baru dan juga fitur timing untuk menentukan jadwal penggunaan smartphone.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat memblok telepon masuk dan menonaktifkan semua sinyal wireless. Ketika Anda menginstall dan menggunakan aplikasi pertama kali, kamu harus memasukkan PIN untuk keperluan keamanan.

Link Download Kids Place – Parental Control

 

KuuKla Parental Control

kuukla-parental-control

Aplikasi KuuKla Parental Control membantumu menyulap device Android ke device yang ramah anak. Memiliki fitur agar kita dapat memilih aplikasi yang ingin ditampilkan untuk digunakan pada home screen dan menonaktifkan semua akses ke aplikasi lain. Juga ada fitur penjadwalan untuk menggunakan aplikasi-aplikasi dan internet pada smartphone.

Setelah selesai install dan mendaftarkan alamat email, sebuah kode PIN akan dikirim ke alamat email dimana hanya dapat digunakan untuk kita mengontrol device Android tersebut.

Link Download KuuKla Parental Control

 

SecureTeen Parental Control

SecureTeen Parental Control

Cemas apakah anak remaja anda melahap konten online berbau dewasa? Cobalah SecureTeen Parental Control dimana dapat menyaring konten, jadi hanya konten yang aman (dan tidak berbau dewasa) saja yang ditampilkan.

SecureTeen juga memiliki fitur memonitor aktivitas online anak, aplikasi apa saja yang didownload, beserta lokasi anak.

Jika Anda tidak menyukai aplikasi yang terinstall pada device si anak, SecureTeen bisa membantu menonaktifkannya, walaupun masih terinstall. SecureTeen dapat di-manage secara remote dan online dengan cara log in ke website resminya.

Link Download SecureTeen Parental Control

 

Kids Zone Parental Controls

Kids Zone Parental Controls

Kids Zone adalah aplikasi parental control yang memiliki chore mode dimana Anda mendapatkan kontrol untuk menentukan batasan waktu yang menentukan kapan saja waktu ketika si anak dapat menggunakan smartphone.

Fitur lainnya adalah mengunci device setelah reboot, memblok panggilan telepon dan juga SMS plus akses internet, memblok instalasi aplikasi dan in-app purchasing.

Link Download Kids Zone Parental Controls

 

Parental Control Board

Aplikasi Parental Control Board membantu memonitor, manage dan track aktivitas si anak pada smartphone.

Aplikasi ini dapat memonitor semua daftar aplikasi yang telah terinstall pada hp dan Anda dapat membatasi akses beberapa diantaranya seperti YouTube atau Google Play jika perlu. Dapatkan juga lokasi presisi dari anak Anda setiap waktu serta kontrol dan lihat seluruh log panggilan & SMS.

Salah satu fitur paling berguna pada aplikasi ini adalah fitur agar orang tua dapat mengatur black list dan white list dari nomor telepon ketika ada telepon & SMS masuk/keluar.

Link Download Parental Control Board

 

Norton Family Parental Control

Dengan aplikasi Parental Control dari Norton ini, Anda dapat melihat website apa saja yang dikunjungi oleh anak Anda.

Anda juga dapat membatasi akses ke website pornografi dan yang tidak pantas, serta membuat notifikasi email yang akan memberi Anda notifikasi ketika anak Anda mencoba untuk mengakses yang tidak seharusnya diakses…

Jika Anda tidak masalah mengeluarkan sedikit uang, Anda dapat menginstall versi premium aplikasi ini yang memiliki fitur tambahan seperti melihat log SMS, memonitor aplikasi yang di-download anak Anda, dan memblok beberapa aplikasi.

Link Download Norton Family parental control

***

Selain 8 aplikasi diatas, ada juga lho aplikasi parental control buatan developer Indonesia, namanya Kakatu (Parental Control).

Link Download Kakatu (Parental Control)

 

Screen Time Parental Control

Screen Time Parental Control

Seperti namanya, Screen Time adalah aplikasi dimana kita dapat mengatur banyaknya screen time yang bisa didapat si anak. Fitur utama Screen Time adalah memblok aplikasi yang diinginkan berdasarkan waktu.

Contohnya, Anda dapat memblok games saat waktu tidur tapi masih membolehkan aplikasi konten/baca-baca maka pilihlah opsi block all apps when it’s time for lights out.

Link Download Screen Time Parental Control

 

Abeona – (Sudah tidak tersedia dan didukung)

Abeona-Parental-Control

Aplikasi Abeona dilengkapi dengan aplikasi tambahan bernama Device Monitor. Abeona Parental Control memungkinkan para orangtua untuk memonitor penggunaan aplikasi, melihat log panggilan, dan mengecek apakah device si anak sedang online/offline pada hal tertentu.

Aplikasi Device Monitor harus diinstal pada device anak agar orangtua dapat menerima report penggunaan device dan lokasi. Aplikasi ini baik untuk digunakan di banyak device, contohnya jika Anda ingin mendapatkan report dari beberapa smartphone atau tablet Android sekaligus.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *