Aplikasi Gratis Terbaik untuk Keamanan Berinternet

DSG (dan website lainnya) tidak henti-hentinya mengingatkan untuk menggunakan proteksi berlapis dalam mengamankan komputer Windows, karena antivirus bawaan yang standar saja tidak cukup.

Sebagai pelengkap antivirus normal, Internet Security Suites memiliki fitur tambahan seperti firewall dan komponen keamanan lainnya. Sebelum asal download Internet Security Suite, alangkah baiknya kalau kamu browsing-browsing info di web resminya atau cari review dulu agar bisa menentukan yang mana yang terbaik.

Selain mayoritas yang berbayar, Internet Security Suite (ISS) juga ada yang gratisan kok, dengan performa tidak kalah dengan yang berbayar.

Perlu diketahui bahwa review produk yang bertebaran diluaran sana bervariasi, mulai yang berguna hingga yang zonk, jadi jangan gunakan hanya 1 sumber untuk menentukan ISS yang akan kamu install, atau menggantikan ISS yang sudah terinstall sebelumnya.

Hati-hati juga terhadap review media-media yang kurang objektif/bias karena situsnya disponsori produk tersebut. Hehe.

Pemilihan ISS yang tepat itu sangat penting, mengingat jika kamu suka bongkar pasang, install berbagai macam ISS, bisa jadi akan berpengaruh pada sistem Windows. Yang paling sering sih, registry nya bermasalah. Jadi, jangan gonta ganti ISS ya, pastikan pilihan bulat diawal.

 

Comodo Internet Security

Comodo Internet Security

Comodo Internet Security adalah solusi sangat komprehensif untuk keamanan berinternet. Agak kurang ramah untuk awam, namun versi terbarunya sudah dilengkapi dengan fitur yang memudahkan pengguna awam.

Bagi pengguna yang sudah berpengalaman, aplikasi ini adalah opsi yang sangat bagus. Terdapat fitur auto sandbox yang mengisolasi program tidak terpercaya.

Hasil tes dari beberapa website menunjukkan perkembangan pesat Comodo dalam beberapa bulan terakhir, sekaligus alasan kenapa Comodo diletakkan pada urutan pertama dalam daftar ini.

Pastikan untuk benar-benar memperhatikan opsi saat pertama kali install. Beberapa opsi seperti layanan DNS Comodo serta analisis perilaku mungkin kamu butuh. Tapi, penggantian mesin pencari default ke Yahoo!, kayaknya nggak deh, hehe.

Install aplikasi ini melalui opsi “customize installer” dan jangan pilih apa yang tidak kamu butuhkan untuk menghemat resource komputer. Jika tidak, aplikasi-aplikasi seperti GeekBuddy dan browser Comodo Dragon akan ikut terinstall juga. Saat instalasi kamu juga bisa memilih tingkat notifikasi yang diberikan aplikasi lewat tab “Configurations Options”.

Setelah melakukan instalasi dan update signature definitions, kamu dapat memulai melakukan konfigurasi pengaturannya.

Link penting:

Link Download Comodo Internet Security

 

ZoneAlarm Free Antivirus + Firewall

ZoneAlarm Free Antivirus + Firewall

ZoneAlarm Free Antivirus + Firewall adalah pilihan bagus untuk keamanan berinternetmu karena aplikasi ini menjalankan tugasnya dengan sangat baik dengan cara yang tidak ribet. Aplikasi ini memiliki semua fitur dasar yang seharusnya ada pada security suite, termasuk firewall.

ZoneAlarm menggunakan engine Kaspersky SDK. Hasil tesnya tidak memimpin dari yang lain, tapi bagi pengguna yang ingin proteksi dan rasa aman saat surfing di internet, proteksi yang diberikan sudah lebih dari cukup.

Kontrol aplikasinya jelas dan terdapat juga HIPS protectionBerikut ini adalah catatan untuk membantu memaksimalkan potensi proteksi dari ZoneAlarm.

Instalasinya dilakukan dengan web installer (file berukuran kecil yang terhubung ke internet ketika dibuka, untuk download dan install komponen aplikasi).

  • Pilihlah install secara “Custom” agar terhindar dari add-on atau perubahan sistem yang tidak perlu.
  • Pilihlah opsi “full package”.
  • Aturlah opsi kontrol aplikasi ke “max”
  • Tunggulah hingga download selesai (sekitar 180 MB)
  • Koneksi internet akan mati sebentar ketika instalasi driver firewall.
  • Setelah install, ZoneAlarm akan secara otomatis scan boot sector dan memori kamu.

Panduan setting ZoneAlarm Free Antivirus + Firewall:

  • Antivirus >> Settings >> Riskware Categories >> aktifkan “other riskware scanning”
  • Firewall >> Basic Firewall >> Settings >> set keduanya ke “High”
  • Advanced settings >> aktifkan “ARP protection” dan “Hosts file lock”

Setelah update pertama, update selanjutnya berlangsung otomatis setiap 24 jam. Kamu dapat mengatur agar aplikasi update secara manual.

Setelah restart komputer, kamu akan mulai menerima notifikasi untuk proses sistem, termasuk notifikasi firewall.

Seperti aplikasi keamanan lainnya, kamu tidak seharusnya berekspektasi proteksi optimal kecuali kamu sudah siap untuk memahami seluruh komponen program, bagaimana mereka bekerja, dan bagaimana merespon notifikasi.

Link penting:

Link Download ZoneAlarm Free Antivirus + Firewall

 

Outpost Security Suite Free

Agnitum-Outpost-Security-Suite-Free

Outpost Security Suite Free menggunakan engine antivirus buatan sendiri, tapi detection signature nya masih berlisensi VirusBuster. Fokus aplikasi ini adalah pencegahan. Aplikasi sudah lama tidak diupdate, tapi masih dapat diandalkan.

Setelah instalasi, Outpost akan berjalan di mode Auto-Learn jadi kamu harus menonaktifkan mode ini lewat program settings jika bukan seperti ini yang kamu mau. Oh ya, kamu juga harus mendaftar untuk mendapat lisensi, tapi lisensinya gratis kok, dan key akan dikirim ke email.

Jika tidak sreg dengan link download dibawah, kamu bisa mendownload Outpost Security Suite lewat Softpedia.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *