Aplikasi Gratis untuk Monitor Penggunaan RAM, CPU, dan PFL: System Monitor

Monitor penggunaan RAM, CPU, dan PFL kamu menggunakan System Monitor, aplikasi enteng yang memiliki antarmuka sederhana dan user friendly.

Bekerja dengan beberapa aplikasi sekaligus bisa memberatkan performa komputer kamu, terlebih lagi jika tiap-tiap aplikasinya butuh requirements sistem berbeda.

Walaupun Windows Task Manager memiliki komponen memonitor sistem, ada saatnya komputer kamu tidak merespon perintah/command yang dijalankan dan sebuah aplikasi khusus untuk monitoring mungkin menjadi solusi yang lebih efektif. Salah satu utilitas yang dapat membantumu ketika berada pada situasi seperti ini adalah System Monitor.

Aplikasi monitor sistem yang portabel, enteng, dan minimalis

system_monitor

Karena portabel, kamu tidak perlu menginstall aplikasi ini pada komputer kamu, sehingga tidak perlu khawatir akan modifikasi entri registry Windows atau muncullnya file/folder tersembunyi pada PC. Aplikasi ini datang dengan antarmuka user friendly, dimana tampilan utamanya adalah window kecil (yang lebih mirip widget) yang menyertakan detail-detail penting mengenai sistem komputer kamu.

Developer aplikasi ini tidak menyediakan dokumentasi/bantuan apapun, toh aplikasi ini hanyalah untuk membantumu up to date dengan parameter performa komputer.

Default-nya always on top, tidak tersedia menu konfigurasi

Konfigurasi default System Monitor adalah aplikasinya berjalan di urutan teratas pada sistem (always run on top, jadi tidak berjalan di background) dan tidak ada pilihan untuk menonaktifkan konfigurasi tersebut, ya karena memang tidak ada menu/window/pane untuk konfigurasi.

system_monitor_klik_kanan

Klik kanan pada antarmuka utama akan menampilkan sebuah menu, apakah kamu ingin keluar dari aplikasi atau melihat daftar komputer dalam jaringanmu yang juga menggunakan aplikasi ini. Aplikasi juga akan menampilkan informasi lain tentang mesin komputer kamu, seperti nama PC, nama host, dan penyedia jaringan.

Cara melihat prosentase penggunaan RAM, CPU, dan PFL

Kamu dapat mengandalkan aplikasi ini untuk cara cepat melihat prosentase penggunaan RAM, CPU, dan PFL (Page File Load). Aplikasi ini juga menampilkan alamat IP kamu, jadi tidak perlu lagi cek alamat IP sendiri lewat ipconfig atau website seperti whatismyip.com hehe.

***

Kesimpulannya, seperti sudah disebutkan diawal, System Monitor adalah aplikasi portabel berukuran kecil (381 KB) yang enteng dimana kamu dapat memonitor prosentase penggunaan RAM, CPU, dan PFL pada komputer dengan mudah.

Link Download System Monitor

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *