30 Aplikasi Komputer atau PC yang Harus Kamu Miliki

Windows adalah sistem operasi paling populer untuk Komputer atau PC. Ketika ada banyak sekali developer yang membuat aplikasi hampir untuk tiap keperluan tertentu – mulai dari kustomisasi, media, produktivitas, sistem, keamanan – kamu mungkin hanya ingin aplikasi yang terbaik, iya kan?

Tenang, DSG telah memilih 30 aplikasi terbaik untuk Windows yang gratis tapi worth. Kamu kudu punya aplikasi-aplikasi dibawah ini, agar komputer Windows kamu semakin mantap.

1. Toolwiz Time Freeze

Toolwiz Time Freeze

Toolwiz Time Freeze adalah aplikasi system sandbox yang membuat komputermu berada pada deep-freeze state. Apaan tuh? Yakni kondisi dimana perubahan apapun yang kamu/aplikasi buat pada sistem komputer tidak akan disimpan setelah reboot. Biasanya digunakan di warnet-warnet ini, tapi di komputer personal juga sering kok. Penggunaan software ini adalah untuk memproteksi sistem dari virus, hack, malware, adware, plugin berbahaya, perubahan yang tidak diharapkan, serta malicious threats.

Link Download Toolwiz Time Freeze

 

2. Comodo Firewall

 

Dengan Comodo Firewall kamu dapat dengan mudah memonitor koneksi masuk & keluar dan mengatur lalu lintas Internet pada komputer melalui antarmuka yang intuitif. Teknologi terdepannya menjamin bahwa tidak akan ada koneksi mencurigakan yang dapat menembus ke komputermu.

Link Download Comodo Firewall

 

3. Malwarebytes

 

Malwarebytes Anti-Malware adalah aplikasi anti-malware populer dimana dapat mendeteksi dan menghapus worms, trojans, rogues, rootkits, spyware, dan jenis malware lain yang menginfeksi komputer. Aplikasi akan mengecek sistem tentang adanya malware dan langsung memusnahkannya jika ditemukan.

Link Download Malwarebytes

 

4. Wise Folder Hider

Wise-Folder-Hider

Wise Folder Hider adalah aplikasi penyembunyi file dan folder dengan antarmuka yang user friendly serta dukungan context menu. Kamu dapat mengunci file, foto, video, dan data-data berprivasi tinggi lainnya pada drive lokal maupun drive portabel. Fitur second password-nya menawarkan level keamanan tambahan untuk data kamu yang super rahasia itu…

Link Download Wise Folder Hider

 

5. Free Opener

free-opener

Free Opener adalah aplikasi pembuka berbagai macam file. Aplikasi ini mendukung format-format file populer hingga lebih dari 350 format. Itu berarti kamu dapat membuka sekitar 350 jenis file berbeda hanya dengan 1 jenis aplikasi ini saja. Praktis, dan tidak perlu download software baru setiap nemu jenis file baru.

Link Download Free Opener

 

6. WPS Office

 

WPS Office adalah salah satu software office gratis terbaik. Aplikasi ini menawarkan antarmuka yang mudah digunakan dan familier sehingga kamu dapat membuat dokumen, presentasi, atau spreadsheet. Kompatibel penuh dengan Microsoft Office serta aplikasi office suites lainnya, dan datang dengan banyak fitur bonus pula.

Link Download WPS Office

 

7. WordExpander

WordExpander

WordExpander adalah aplikasi expander kata/frasa gratis. Aplikasi ini dapat membantu saat kamu mengetik karena akan melengkapi kata-kata dan frasa secara otomatis untukmu. Kamu memulai mengetik, dan aplikasi akan menyediakan saran, kemudian kamu dapat memilih salah satu dari saran tadi untuk menyelesaikan kata/frasa dengan cepat. Aplikasi ini terintegrasi dengan banyak aplikasi Windows lain seperti browser, text editor, dll.

Link Download WordExpander

 

8. doPDF

 

doPDF adalah converter PDF universal gratis yang mendukung lebih dari 400 format file. Aplikasi ini dapat mengonversi banyak jenis file ke format PDF tanpa menggunakan resource komputer terlalu banyak. Juga menawarkan antarmuka dengan beberapa pilihan bahasa, dan dapat mencari PDF yang terindeks di mesin pencari.

Link Download doPDF

 

9. Should I Remove It?

Should-I-Remove-It

Should I Remove It? adalah aplikasi gratis untuk menghapus program-program yang tidak perlu. Aplikasi ini dapat membersihkan komputer dari program-program tidak penting secara mudah dan efektif. Kamu dapat dengan cepat mengetahui dan menghapus software yang tidak diinginkan di sistem kamu seperti adware, toolbar, crapware, bloatware, dan ‘sampah’ lainnya.

Link Download Should I Remove It?

 

10. Defraggler

defraggler

Defraggler adalah salah satu aplikasi gratis untuk defragment terbaik yang memiliki antarmuka yang intuitif dan menyenangkan. Aplikasi ini dapat men-defrag semua hard drive kamu atau beberapa partisi saja, bahkan file-file tertentu saja. Aplikasi akan menampilkan drive map dan health status untuk menentukan apakah proses defrag diperlukan untuk drive kamu.

Link Download Defraggler

 

11. FileZilla

 

FileZilla adalah aplikasi gratis dan cross-platform untuk FTP. Mendukung berbagai protokol, diantaranya adalah protokol untuk FTP dan SSH. Memiliki banyak fitur intuitif seperti mem-pause dan melanjutkan transfer data, site manager, drag and drop, konfigurasi folder, remote file search, dan synchronized directory browsing.

Link Download FileZilla

 

12. Pidgin

pidgin

Pidgin adalah aplikasi chat client yang gratis, mudah digunakan, serta cross platform dan multi-protocol. Aplikasi ini mendukung mayoritas platform chat, dan kamu dapat terhubung semuanya sekaligus dan chat dengan beberapa orang dalam beberapa chat network, cukup di satu window aplikasi.

Link Download Pidgin

 

13. Betternet

Betternet

Betternet adalah salah satu VPN gratis terbaik sehingga kamu dapat mengakses website apapun di negara manapun, bypass batasan-batasan Internet yang dikeluarkan ISP/pemerintah, dan membuka blokir terhadap website tertentu. Dengan betternet kamu dapat surfing dengan anonim sehingga data-data kamu terlindungi dari hacker dan serangan berbahaya.

Link Download Betternet

 

14. Digify

digify

Digify membuat kamu dapat berbagi konten dengan aman dengan yang lain tanpa takut ada kebocoran atau kesalahan penggunaan. Aplikasi ini dapat membantumu mengontrol dan melindungi ide & kontenmu dengan mudah, gratis, dan efektif. Kamu dapat melacak dan melindungi akses terhadap informasi yang kamu kirimkan ke seseorang.

Link Download Digify

 

15. MediaMonkey

 

MediaMonkey adalah pemutar musik inovatif yang dapat dengan mudah me-manage koleksi media kamu yang sangat besar. Aplikasi ini mengorganisasikan audio, video, playlist, bahkan dapat mengisi informasi media yang kurang, secara otomatis. Banyak lagi fitur lainnya untuk pengorganisasian, tagging, dan syncing.

Link Download MediaMonkey

 

16. Tomahawk

Tomahawk

Tomahawk adalah pemutar musik berbasis social yang cross-platform. Aplikasi akan mencari sumber lagu berbekal nama album/nama lagu, jadi kita tidak perlu hunting lagu-lagu lagi… Aplikasi ini akan menyatukan semua lagu yang ada di drive lokal kamu, hasil download-an lagu, streaming-an musik, musik yang tersimpan di cloud, playlist, dan stasiun radio, terkumpul di 1 aplikasi keren ini.

Link Download Tomahawk

 

17. Virtual DJ

Virtual DJ memungkinkan kita menjadi DJ digital berbekal koleksi musik kita. Aplikasi ini punya banyak fitur dibandingkan media player biasa dan kamu dapat melakukan mixing lagu, memainkan dua atau lebih trek pada satu waktu, menyesuaikan kecepatan playback, memberi special effects seperti loops, melakukan scratch dan crossfade pada lagu-lagu, dll.

Link Download Virtual DJ

 

18. IrfanView

IrfanView

IrfanView adalah aplikasi viewer dan converter gambar yang gratis dan cepat. Mendukung banyak format gambar dan fitur-fitur berguna seperti painting, slide show, browsing cepat di direktori, opsi menambahkan watermark, konversi JPG secara lossless, opsi command line, dll.

Link Download IrfanView

 

19. RIOT

Radical Image Optimization Tool

RIOT adalah singkatan dari Radical Image Optimization Tool. Merupakan aplikasi image optimizer gratis yang mendukung banyak format gambar. Aplikasinya enteng, cepat, mudah digunakan, tapi juga powerful untuk user advanced. Memiliki antarmuka intuitif untuk optimasi gambar dan membandingkan gambar yang sudah dioptimasi dengan gambar aslinya.

Link Download RIOT

 

20. PhotoScape

PhotoScape adalah aplikasi editor gambar all-in-one yang kaya fitur, seperti converter dan batch editor. Aplikasi ini memiliki banyak fitur untuk memenuhi kebutuhan editing gambarmu dan sangat berguna untuk blogger (seperti DSG :D). Beberapa fitur lainnya adalah viewer, editor, renamer, screen capturer, raw converter, splitter, red eye correction, dll.

Link Download PhotoScape

 

21. PicPick

PicPick

PicPick adalah aplikasi screen capture gratis. Aplikasi ini adalah aplikasi screenshot all-in-one dengan fitur seperti capture tool, image editor, color picker dan palette, protractor, crosshair, papan tulis, dll. Kamu dapat mengedit screenshot setelah di-capture, dan kemudian menyimpannya secara lokal atau share di media sosial.

Link Download PicPick

 

22. Screencast-O-Matic

 

Screencast-O-Matic adalah aplikasi screen capture recording. Kamu bisa merekam layar komputermu dengan sekali klik dan dapat dengan mudah dan cepat merekam layar untuk membuat tutorial video atau video bantuan. Aplikasi ini juga menawarkan hosting gratis untuk video kamu dan mendukung fitur agar videomu dapat langsung terbit di YouTube.

Link Download Screencast-O-Matic

 

23. RealTimes

RealTimes

RealTimes adalah aplikasi untuk membuat cerita. Banyak pilihan untuk membuat kenanganmu bersinar…. Aplikasi akan secara otomatis mencari foto dan video terbaikmu, kemudian membuat cerita menggunakan media tadi. Kamu dapat mengedit ceritanya agar semakin terasa kenangannya, dan kemudian diupload ke cloud atau media sosial.

Link Download RealTimes

 

24. Zoner Photo Studio

Zoner Photo Studio

Zoner Photo Studio adalah aplikasi editor foto dan photo library manager. Kamu dapat dengan mudah mengorganisir pustaka foto menggunakan rating, label, dan deskripsi meta. Kamu juga dapat melakukan editing banyak format gambar serta kemudian dishare ke media sosial atau cloud milik Zonerama.

Link Download Zoner Photo Studio

 

25. Any Video Converter

 

Any Video Converter adalah aplikasi converter video untuk Windows. Aplikasi ini mendukung format video populer seperti MP4, AVI, RM, FLV, 3GP, DivX, WMV, dll. Kualitas video hasil konversi yang dihasilkan pun sangat bagus serta proses konversinya cepat. Kamu bahkan dapat mengatur konversi sesuai kebutuhan.

Link Download Any Video Converter

 

26. PeaZip

PeaZip

PeaZip adalah aplikasi pengarsipan yang mendukung lebih dari 150 jenis file. Fitur-fiturnya diambil dari software archiver lainnya dan menyediakan 1 aplikasi untuk menangani segala jenis arsip dengan mudah dan efektif. Terdapat fitur speed and compression ratio, spanned and encrypted archives, dll.

Link Download PeaZip

 

27. SUMo

Software Update Monitor

SUMo adalah aplikasi Software Update Monitor. Aplikasi ini membuat komputermu up-to-date dengan selalu mengecek update-an dan patch baru untuk setiap software yang telah terinstall. Tersedia juga fitur berguna lain seperti update driver, update versi beta, ignore list, serta dukungan yang luas.

Link Download SUMo

 

28. Advanced System Care

 

Advanced System Care adalah solusi efisien dari kombinasi utilitas-utilitas penting untuk membersihkan dan mempercepat sistem komputer kamu. Aplikasi akan meningkatkan performa dan kesehatan komputer dengan cara mempercepat kecepatan saat startup, menghapus program yang tidak dibutuhkan dan file tidak berguna lainnya.

Link Download Advanced System Care

 

29. Crashplan

 

Crashplan adalah aplikasi pengorganisir backup yang cross-platform untuk berjaga-jaga apabila terjadi crash sistem di masa mendatang. Dengan ini, kamu dapat memproteksi datamu dengan cara back up ke komputer lain dan penyimpanan eksternal. Proses backupnya berlangsung secara otomatis satu kali setiap hari dengan enkripsi file 128 bit, serta fitur-fitur lainnya.

Link Download Crashplan

 

30. GoodSync

goodsync

GoodSync adalah aplikasi file synchronizer dan file manager. Dengan aplikasi ini kamu dapat mengupload dan sinkronisasi foto, video, email, dan file penting lainnya dari satu device ke device lain. Kamu dapat dengan mudah membackup data kamu ke drive eksternal, FTP, WebDAV, Google Drive, Amazon S3, dan SkyDrive.

Link Download GoodSync

***

Aplikasi Gratis untuk Windows yang mana yang sudah kamu install, dan apa ada aplikasi yang terlewat dan layak masuk daftar ini? Kasih tahu di komentar ya!

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *