Aplikasi untuk Ganti Theme Browser : Stylish

Internet sudah mengalami pertubuhan pesat dibanding 10 tahun lalu. Sekarang, dengan terus berkembangnya HTML, CSS, JavaScript dan bahasa pemrograman web lainnya, situs-situs pun semakin enak dipandang mata.

Tapi bagaimana dengan situs-situs yang terjebak dalam masa lalu? Kan masih ada tuh situs yang tampilannya masih ketinggalan zaman… Sebagai netizen yang suka oprek-oprek, kamu perlu tahu bagaimana menjadikan situs yang sering kamu kunjungi menjadi lebih menarik dan lebih cocok dengan selera kamu. Dengan kata lain, mengubah tema situs menjadi sesuai keinginan. Bagaimana caranya?

stylish-extension-facebook

Stylish adalah sebuah ekstensi browser yang sudah di-develop oleh Jason Barnabe sejak 2007 tapi tidak banyak yang tahu. Stylish tersedia dalam Chrome dan Firefox dimana pengguna dapat mengaplikasikan tema/template/theme di situs-situs yang sering dikunjungi. Emm, kurang lebih seperti Greasemonkey-nya tema lah ya. Ekstensi ini dapat digunakan untuk meng-custom Google, Facebook, Twitter, Tumblr, Instagram, dan situs manapun yang ada di pikiran kamu. Dibawah ini adalah alasan kenapa DSG suka banget sama ekstensi ini.

  • Sangat mudah digunakan dan mudah untuk eksplor tema-tema baru.
  • Tema dapat diganti dengan mudah, tanpa perlu reload laman.
  • Jika kamu punya pengetahuan di bidang CSS, kamu bisa membuat tema kamu sendiri dengan sangat mudah.
  • Ya, membuat tema sendiri menjadi sangat mudah dengan dukungan code writing box yang meng-highlight tiap fungsi dalam warna berbeda, membuat lebih mudah saat coding.
  • Sangat mudah juga untuk mengoprek tema yang sudah di-download.
  • Aman.
  • Bisa membuat tampilan situs menjadi lebih cantik.
  • Gratissssss…
  • Pengguna juga dapat mengupload tema buatan sendiri agar bisa digunakan oleh pengguna lain.

stylish-extension-tumblr

Keren memang, tapi tidak ada yang sempurna. Beberapa kekurangan Stylish antara lain:

  • Tidak tersedia cara untuk tidak menyertakan laman/situs tertentu. Jadi, kamu harus coding sendiri untuk melakukannya. Ya memang untuk awam tidak masalah, tapi bagi pengguna yang sudah terbiasa membuat tema akan merasakan perbedaannya.
  • Kadang-kadang website dimana semua tema tersimpan… down.

Cara Menggunakan Stylish

stylish

Menggunakan Stylish ini sangat mudah, yang harus kamu lakukan adalah mendownloadnya dari Chrome Web Store (untuk Google Chrome). Atau download dari Firefox Add-ons (untuk Firefox).

stylish-firefox

Setelah instalasi, cukup pergi ke situs favorit kamu. Kemudian klik ikon Stylish dan cukup pilih opsi find more styles for this site dan kemudian ekstensi akan mengarahkanmmu ke laman baru yang menyediakan semua koleksi tema yang dibuat oleh banyak pengguna. Tema yang berupa CSS style ini ringan kok, kelar lah di-download cuma beberapa detik saja.

Sebagai tambahan, yang mau ngulik tema bisa langsung ke UserStyles yang menyediakan ribuan tema untuk ribuan website.

Kesimpulannya…

stylish-extension-google

Stylish adalah ekstensi keren untuk customize laman web. Cocok banget buat yang suka memodifikasi tampilan komputernya.

Jika kamu sudah download Stylish dan menggunakannya, silakan di share tema yang paling sering kamu gunakan.

Happy theming!

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *