Bagaimana Cara Memperoleh Koordinat dari Google Maps?

Disaat kamu mengendarai mobil dengan sistem navigasi otomatis, bisa saja kamu menjumpai kesulitan ketika harus mencari tujuan yang berdasarkan alamat, tapi nama jalannya tidak teridentifikasi pada sistem.

Tidak banyak yang tahu bahwa lebih efektif dan akurat untuk menggunakan koordinat GPS untuk mencari sebuah tempat menggunakan sistem navigasi mobil atau bahkan dengan Google Maps. Koordinat GPS memberi info garis lintang (latitude) dan bujur (longitude) dari sebuah lokasi, dalam bentuk bilangan desimal. Contoh: 48.860618, 2.337987.

Kamu dapat dengan mudah mendapat koordinat dari sebuah tempat pada Google Maps lewat web browser. Pergilah ke https://maps.google.com/ kemudian klik kanan sebuah lokasi pada peta kemudian pilih “What’s here?”. Koordinat akan muncul dibawah alamat.

maps-coordinates-android-dsg

Jika dirasa ribet buka web browser, buka saja aplikasi Google Maps pada perangkat Android kamu. Tapi aplikasi ini sayangnya tidak menunjukkan konsistensi saat menampilkan koordinat GPS di lokasi tertentu. Untungnya ada aplikasi pendukung berukuran kecil bernama Maps Coordinates yang membuat Google Maps dapat menghitung koordinat dari setiap lokasi, hanya untukmu.

Dengan ekstensi ini, memperoleh koordinat di Android menjadi mudah: jalankan Google Maps, tekan dan tahan lokasi untuk memberi pin pada peta, tap “Share” (dari quick button atau menu) kemudian pilih “Get Coordinates”. Kamu dapat memperoleh koordinat dari tempat yang telah dipilih, kemudian copy saja untuk di-share, baik dalam format bilangan desimal, format degrees minutes seconds (DMS), atau keduanya.

Maps Coordinates tidak menambahkan sebuah shortcut di home screen karena memang aplikasi ini hanya ekstensi (bukan standalone) Google Maps. Ekstensi ini juga tidak akan nongol di menu semua aplikasi (All Apps). Nah, kalau gitu gimana dong cara uninstall-nya? Uninstall saja lewat Play Store atau aplikasi uninstaller Android gratis seperti Easy Uninstaller.

Masih kurang jelas? Lihatlah baik-baik cara kerja Maps Coordinates lewat video singkat berikut:

Link Download Maps Coordinates (Android)

Author:

1 Komentar

  1. Wahyu mengatakan:

    Makasih bang artikelnya sngat membantu

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *