Cara Membuat Flowchart dengan Mudah Menggunakan Aplikasi

yEd - Graph Editor

Kali ini DSG akan memberi daftar aplikasi gratis yang bisa kamu gunakan sebagai cara termudah dalam membuat flowchart atau diagram alur. Flowchart adalah kumpulan simbol/bentuk yang secara kolektif merepresentasikan proses.

Diagram alur biasanya digunakan untuk menjelaskan proses yang rumit dan sering digunakan di bidang pendidikan, bisnis, dan organisasi sosial. Cara paling mudah untuk membuat flowchart adalah dengan bantuan aplikasi.

Artikel ini berisi 9 aplikasi gratis untuk membuat flowchart beserta 1 layanan online gratis yang dapat membuat berbagai jenis flowchart.

Setiap aplikasi dapat membuat flowchart sederhana maupun yang rumit, dengan mudah. Beberapa diantaranya dapat melakukan pembuatan beberapa flowchart sekaligus. Kamu juga dapat menggunakannya untuk membuat jenis grafik dan diagram lain, seperti: diagram UML, Network Diagram, ERD, DFD, grafik Class, pie chart, dll. Cekidot!

 

yEd – Graph Editor

yEd - Graph Editor

yEd – Graph Editor adalah aplikasi untuk membuat flowchart yang sangat mudah digunakan. Aplikasi ini dapat membuat banyak flowchart sekaligus dan menyediakan banyak grafis dan kita dapat mewarnai dan menghubungkan shape-shape tadi.

Diagram yang telah dibuat, bisa diekspor ke format SWF, SVG, PDF, HTML, PNG, dll. Terdapat juga pilihan structure view atau full screen view. Kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat UML, diagram Computer Network, ERD, dan diagram populer lainnnya. Tersedia juga dalam versi portabel serta dukungan bahasa Jerman.

Aplikasi ini berbasis Java, jadi kamu harus punya Java Runtime dulu di PC sebelum bisa menjalankan aplikasi ini.

Link Download yEd

 

Dia

Dia

Dia adalah aplikasi dengan banyak fitur yang dapat membuat flowchart, diagram UML, diagram Assorted, Network Diagram, Circuit, dan banyak jenis diagram lain secara efektif.

Aplikasi ini menyediakan banyak simbol dan peralatan pembuatan diagram. Kamu dapat membuat beberapa flowchart/diagram dengan fitur multiple tabs. Diagram yang sudah selesai, dapat diekspor ke format SVG, PS, PNG, JPG, GIF, dll.

Link Download Dia

 

Dynamic Draw

Dynamic Draw

Dynamic Draw adalah aplikasi yang bagus untuk membuat flowchart dan diagram populer lainnya. Aplikasi ini menyediakan lebih dari 15 bentuk flowchart berbeda, beberapa diantaranya adalah: Terminator, Process, Decision, Data, dan Connector.

Kamu bisa menambahkan gambar kamu sendiri ke flowchart. Selain itu, diagram yang selesai dibuat bisa diekspor ke SVG, WMF, TIF, GIF, PNG, atau format lain dengan background transparan.

Link Download Dynamic Draw

 

ClickCharts Diagram Flowchart Software

ClickCharts Diagram Flowchart Software

ClickCharts Diagram Flowchart Software dapat membuat banyak flowchart sekaligus. Aplikasi ini menyediakan banyak jenis simbol yang berguna dalam membuat diagram alur. Kamu juga diberi fitur untuk menambahkan pointer, teks, dan gambar.

Setelah membuat diagram, kamu dapat mengekspornya ke format gambar populer serta format file PDF. Dengan aplikasi ini kamu juga dapat membuat diagram UML, ER Diagram serta Data Flow Diagram. Aplikasi ini berukuran kecil (file setupnya hanya 420 KB) dan dapat digunakan di Mac OS X, Android, dan Kindle.

Link Download ClickCharts Diagram Flowchart Software

 

Pencil

pencil

Pencil adalah aplikasi menggambar yang awalnya digunakan untuk membuat gambaran di desktop dan mobile, tapi juga dapat digunakan untuk membuat flowchart serta diagram lain.

Mendukung pembuatan beberapa flowchart sekaligus dan menyimpannya ke file PNG, HTML, PDF, SVG, dll. Aplikasi ini memiliki 10 jenis kategori shape berbeda dimana setiap kategori berisi banyak gambar/shape. Ada juga gambar clip art yang dapat kamu download dari servernya Pencil. Selain itu, aplikasi ini juga tersedia dalam versi Mac OS, Linux, serta ekstensi Firefox.

Link Download Pencil

 

Diagram Designer

diagram-designer

Diagram Designer dapat membuat desain sirkuit elektrik, flowchart, desain GUI, serta diagram UML. Untuk flowchart, tersedia lebih dari 25 simbol.

Juga, tersedia bagian yang menunjukkan daftar lengkap dari simbol yang digunakan pada flowchart. Aplikasi ini dapat menyimpan diagram ke format PCX, GIF, MNG, CUR, ICO, dan banyak lagi. Aplikasi ini berukuran kecil dan mendukung antarmuka dalam berbagai bahasa.

Link Download Diagram Designer

 

Diagram Ring

Diagram-Ring

Diagram Ring dapat membuat flowchart yang penuh warna, pie chart, grafik, DFD, UML, dan ERD.

Aplikasi ini menyediakan shape dalam bermacam jenis dan kamu dapat menghubungkannya dengan 10 jenis ujung berbeda. Diagram dapat diekspor dalam format JPG. File setupnya kecil, hanya 1 MB.

Link Download Diagram Ring

 

Software Ideas Modeler

Software Ideas Modeler

Software Ideas Modeler dapat digunakan untuk membuat diagram UML, diagram BPMN, diagram SysML, flowchart, dan banyak macam diagram lain.

Aplikasi ini dapat membuat banyak flowchart dalam satu waktu dengan disediakannya banyak shape serta kamu dapat mengekspornya ke format file gambar dengan background transparan seperti SVG, PDF, PNG, TIFF, GIF, dll. Tersedia juga versi portabelnya.

Link Download Software Ideas Modeler

 

Edraw Mind Map

Edraw Mind Map

Edraw Mind Map dapat membuat banyak jenis flowchart, diagram, dan grafik dengan mudah.

Kamu dapat membuat 2 flowchart sekaligus dan menyimpannya dalam format gambar populer seperti PDF, Visio, SVG, PS, HTML, dll. Aplikasi ini menyediakan banyak fitur dan banyak jenis shape flowchart. Kategori shape nya antara lain: Background, Border, Arrow Shape, Basic Flowchart Shape, serta Mind Map Shape.

Sayangnya, versi gratisnya disertai dengan watermark saat ekspor gambar.

Link Download Edraw Mind Map

 

Membuat Flowchart Menggunakan Google Drive

Google Drive flowchart

Kita dapat menggunakan layanan online Google Drive untuk membuat flowchart. Aplikasi ini menyediakan banyak fitur yang berguna untuk membuat flowchart, seperti: shapes, gambar, arrows, peralatan mewarnai, dll. Google Drive dapat menyimpan diagram ke format file PDF, PNG, SVG, dan JPG.

Cara membuat flowchart dengan Google Drive:

  1. Klik tombol “Create” (tombol warna merah) di pojok kiri atas window. Sebuah daftar pop up akan terbuka.
  2. Pilih “Drawing” dari opsi yang ada pada daftar.
  3. Drawing editor akan terbuka dan kamu dapat mulai membuat diagram.

Setelah membuat diagram, kamu dapat langsung share ke teman kamu secara online.

Link ke Google Drive

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *