Cara Mudah Memperkecil Ukuran File Foto

Tidak hanya uang yang harus dihemat, ukuran gambar juga. Beberapa format gambar atau foto yang paling sering digunakan adalah JPEG/JPG, PNG, dan GIF. Setiap format gambar memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi, setiap kali kita mengreasikan gambar (misalnya foto), karena mengutamakan kualitas, jadi device akan membuat image dengan ukuran yang besar juga. Entah itu untuk alasan berhemat atau alasan yang lain, aplikasi gratis untuk mengurangi ukuran image dirasa perlu. DSG akan memberi informasi tentang apa dan bagaimana cara memperkecil ukuran image menggunakan bantuan aplikasi yang bisa didownload secara gratis.

Ada JPEGmicro, PNGmicro, dan GIFmicro. Ketiganya di-develop oleh developer yang sama, Romeolight. Seperti apa?

JPEGmicro

jpeg-micro

JPEGmicro adalah aplikasi gratis yang me-rewrite file JPEG untuk mengurangi ukuran gambar atau foto.

Aplikasinya bagus. Antarmuka berwarna hitam yang sleek serta panel-panel yang bisa di-slide dengan halus ketika tombol-tombol flat style mewakili fitur utama.

Cara memperkecil ukuran gambar dengan JPEGmicro? Klik tombol Add kemudian pilih sumber gambar yang akan dikecilkan (atau drag and drop juga boleh).

Mengklik ikon Options memberimu panel setting kompresi yang beragam. Kamu dapat menghapus tag EXIF/XMP, menghilangkan ICC color profile, me-rewrite file gambar ke progressive JPG, yang bisa mengurangi kualitas gambar tapi ya memang ukuran gambarnya bakal berkurang banyak.

Kamu juga mendapat kontrol penuh terhadap nama dan destinasi file dengan opsi untuk rename, menyimpannya ke folder baru, overwrite file aslinya, dan banyak lagi.

Settingan kompresi default yaitu lossless memberikan sedikit perbedaan ukuran saat dites. Sebagian besar gambar hampir tidak terlihat perubahan kualitasnya, tags yang dihapus ternyata tidak memakan banyak tempat, terbukti dari rata-rata 50 file image yang dites, ukuran yang awalnya 412 KB menjadi 403 KB setelah dikompresi.

Tapi, jika kamu menggunakan settingan kompresi default dengan metode lossy compression level of 75, file gambar dapat berkurang sekitar 30%. Tapi kualitas gambar juga ikut berkurang. Silakan bereksperimen sendiri untuk mengetahui level mana yang cocok buatmu.

Kesimpulannya, JPEGmicro memiliki antarmuka, baik UI maupun UX, yang bagus serta memberikan banyak kontrol atas proses kompresi. Tapi, kamu harus mengurangi kualitas gambar jika ingin mendapatkan ukuran gambar yang lebih kecil.

Link Download JPEGmicro

 

PNGmicro

png-micro

PNGmicro adalah aplikasi gratis yang me-rewrite file PNG untuk mengurangi ukuran file gambar, normalnya tanpa mengurangi kualitas gambar (walaupun kamu dapat mengaktifkan fitur kompresi lossy untuk mendapatkan hasil pengurangan ukuran file yang lebih maksimal).

Antarmuka aplikasi, cara mengoperasikannya, sama dengan JPEGmicro. Namanya juga dari developer yang sama, bro…

Settingan kompresi bisa kamu lihat setelah klik ikon Options. Kamu dapat mengatur level kompresi, mengaktifkan / nonaktifkan interlacing, menghapus embedded color profile, serta mengaktifkan dan menyesuaikan level kompresi lossy untuk pengurangan file maksimal.

Hasil kompresinya bergantung besar dari gambar PNG aslinya, tapi masih bisa impresif. Hasil tes mencoba 100 file gambar PNG yang di-download dari beberapa website (yang harusnya sudah efisien ya, tidak perlu di-compress lagi). Tapi, ketika mengaktifkan kompresi lossy, penghematan ukuran file bisa mencapai 33% (level minimum) bahkan tembus 50% (level maksimum).

Kesimpulannya, PNGmicro adalah aplikasi yang bagus dengan fitur yang bagus pula karena proses kompresi dapat berjalan dengan baik. File gambar PNG pun dapat dikurangi ukurannya hingga lebih dari 50%.

Link Download PNGmicro

 

GIFmicro

gif-micro

GIFmicro adalah aplikasi gratis yang dapat me-rewrite file gambar GIF untuk mengurangi ukuran file gambar.

Antarmuka aplikasi dan cara mengoperasikannya, sama dengan aplikasi untuk memperkecil ukuran JPEGmicro. Namanya juga dari developer yang sama, bro…

Settingan kompresi bisa kamu lihat setelah klik ikon Options. Kamu dapat mengaktifkan/menonaktifkan interlacing, mengurangi jumlah warna, atau mengubah ukuran (resize) image ke resolusi yang fixed.

Metode kompresi lossless defaultnya menghasilkan perbedaan yang sangat kecil. Banyak file gambar GIF tidak berubah ukurannya, sisanya hanya berkurang beberapa byte saja waktu dikompresi. :(

Mengurangi jumlah warna pada gambar menghasilkan perbedaan yang signifikan, kita bisa menghemat ukuran sebanyak 50% atau lebih, tapi jelas akan mengurangi kualitas gambar. Bereksperimenlah agar tahu settingan mana yang paling tepat untukmu saat akan kompresi file GIF.

Kesimpulannya, GIFmicro selain memiliki tampilan aplikasi yang baik, aplikasi ini juga menjalankan tugasnya sesuai deskripsi alias tidak zonk. Agar mendapatkan pengurangan ukuran gambar maksimum, kamu harus mengurangi jumlah warna pada gambar.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *