Cara Mengetahui Password WiFi pada Windows

Ceritanya kamu punya gadget baru (entah itu PC, tablet, atau smartphone) dan kamu ingin menghubungkannya ke wireless network di rumah. Itu artinya, kamu harus tahu password routernya. Nah, kecuali kamu menuliskan password nya di suatu tempat, pilihan lain adalah mengingat-ingatnya. Bagaimana kalau lupa password WiFi? Itu berarti kamu harus melihat password WiFi dari device yang sudah terhubung.

(Note: Beberapa router punya tombol WiFi Protected Setup untuk terkoneksi otomatis. Artikel ini ditujukan bagi yang routernya tidak punya fitur tersebut)

Ada beberapa cara untuk mendapatkan detail wireless network dari sebuah sistem Windows. Memang, kamu bisa membuka pengaturan kapanpun (lewat Control Panel). Tapi metode untuk mendapatkan setting-an wireless itu berbeda antara versi Windows satu dengan yang lain dan bisa jadi ribet. Ada 2 cara melihat password WiFi yang bisa dilakukan di Windows 7 hingga Windows 10 yang menurut DSG lebih mudah, terutama untuk Windows 8.1 dan 10. Kamu membutuhkan akses privilege admin untuk melihat password  WiFi.

Cara Melihat Password WiFi pada Windows Menggunakan Aplikasi Gratis WirelessKeyView

wirelesskeyview

Salah satu aplikasi gratis dari Nirsoft adalah WirelessKeyView. Aplikasi ini dapat membuat kita mengetahui password WiFi hanya dalam sekali klik. Privilege administrator diperlukan yaa. Aplikasi ini portabel (tidak perlu instalasi). Tersedia dalam versi 32 maupun 64 bit. Kecil kok, cuma 80 KB dan dapat bekerja di semua sistem operasi Windows XP keatas.

Fitur keren pada WirelessKeyView adalah kita dapat melakukan export dan import password ke file teks. Ini membuat pengaturan koneksi baru menjadi lebih mudah.

Karena aplikasi ini bisa menampilkan password WiFi, beberapa aplikasi anti malware bisa jadi mem-flag WirelessKeyView. Ada 1 flag dari 55 scan oleh VirusTotal. Jangan khawatir, Nirsoft sendiri adalah penyedia utilities yang terpercaya kok, selama kamu download aplikasi dari web resminya lho ya.

Link Download WirelessKeyView

 

Cara Melihat Password WiFi pada Windows dengan Command Line

Hobi command line? DSG menyediakan cara cepat melihat password WiFi dengan command line. Buka command prompt dengan administrator privilege dan ketikkan:

netsh wlan show profile name="ConnectionName" key=clear

Ganti “ConnectionName” dengan nama koneksi wireless kamu. Tetap sertakan tanda petiknya (“) ya. Informasi detail koneksimu akan ditampilkan. Nah, password WiFi kamu akan ditampilkan di bagian “Security settings” setelah entri “Key content”.

Kalau lupa nama koneksinya, gak masalah. Masih bisa dicari dengan command:

netsh wlan show profiles

lupa-nama-wifi

Command line juga menyediakan fitur untuk menyimpan password WiFi ke file teks, jaga-jaga apabila di masa mendatang lupa lagi. Command nya:

netsh wlan show profile name="ConnectionName" key=clear >C:passwordwifi.txt

Path dan nama file “C:passwordwifi.txt” diatas cuma contoh. Nama file dan lokasi (path) file bisa kamu ubah sesuka hati kok.

Semoga berhasil mendapatkan password WiFi kamu kembali ya! :D

Author:

1 Komentar

  1. Kei berkata:

    Good Apps

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *