12 Software Kehadiran Gratis Terbaik

Software-software kehadiran dibawah ini semuanya gratis, bukannya trial terbatas. Beberapa benar-benar gratis, beberapa bersifat gratis-terbatas, dan banyak diantaranya merupakan opsi yang bagus untuk usaha kecil dan menengah serta perusahaan startup.

Daftar software kehadiran dibawah ini DSG bagi menjadi: gratis/freemium (gratis terbatas) dan sistem open source.

Software Kehadiran Gratis/Freemium Terbaik

Apptivo

Software kehadiran ini tidak membatasi jumlah user, tapi membatasi penyimpanan data (500 MB untuk akun gratis, dan 3-5 GB untuk akun terupgrade). Apptivo juga tidak menyediakan dukungan bantuan lewat telepon atau akses penuh ke aplikasi smartphone untuk versi gratisnya.

Kelebihan dan kekurangan Apptivo

Menjadi bukan sekedar software kehadiran, namun sebagai software berbasis cloud yang memiliki banyak fitur terutama di bidang organisasi/HRD menjadikan Apptivo sangat fleksibel. Kita sebagai pengguna juga bisa memadu-padankan apa saja yang kita butuhkan. Beberapa fitur software seperti info karyawan, rekrutmen, tracking cuti, dan komunikasi tim membuat Apptivo bisa memenuhi kebutuhan pihak HR dalam menyediakan software kehadiran dan organisasi karyawan.

Di sisi lain, Apptivo tidak dibangun spesial sebagai software kehadiran, karena Apptivo juga meng-cover banyak divisi bisnis seperti Customer Relationship Management (CRM), finansial, manajemen proyek, dan marketing. Itu berarti bahwa software ini tidak spesial dibuat untuk manajer HRD, dan mungkin tidak terdapat beberapa fitur terkait software kehadiran yang sebenarnya lebih diperlukan.

Link Software Kehadiran Apptivo

 

freeHR

Sesuai namanya, freeHR adalah software kehadiran/manajemen sumber daya manusia berbasis web yang dijalankan oleh perusahaan asal UK, Isys. Software ini gratis, dengan tanpa batasan user, seberapa lama, atau seberapa banyak kamu menggunakan aplikasi ini. Isys mendapat penghasilan dari iklan dan dari layanan premium seperti konfigurasi, pelatihan, dukungan bantuan, serta reports yang di-custom sesuai keinginan manajer HR.

Kelebihan dan kekurangan freeHR

Karena freeHR berbasis cloud, jadinya aplikasi ini dapat diakses oleh banyak device dan aplikasi mobile juga. Kemampuan untuk mendapat notifikasi maupun mengirim respon dari smartphone/tablet adalah keunggulan kuat aplikasi ini. Karyawan pun dilengkapi dengan fitur self service dimana karyawan bisa meminta cuti dan waktu sakit langsung dari aplikasi, presensi kehadiran masuk/keluar, melihat laporan kontrak dan dokumen-dokumen tiap karyawan, serta senantiasa melihat progress diri.

Bagaimanapun, freeHR tidak memiliki modul fitur untuk penggajian atau rekrutmen.

Link Software Kehadiran freeHR

 

HRtrack

Merupakan solusi gratis bagi tiap organisasi/perusahaan dengan 10 karyawan atau kurang, HRtrack adalah software kehadiran gratis buatan perusahaan Kanada, First Reference. Software berjalan dalam desktop, dan tampilannya sangat memanjakan pengguna setia Outlook.

Kelebihan dan kekurangan HRtrack

Awalnya, aplikasi ini dibuat agar ideal untuk perusahaan di Kanada sana (menyesuaikan hukum disana). HRtrack juga memungkinkan reporting pelatihan karyawan, libur/cuti karyawan, performa karyawan, serta benefit karyawan. Integrasi kalender dengan Microsoft Outlook adalah kelebihan lain HRtrack.

HRtrack termasuk software jadul (salah satunya, karena masih berplatform desktop), jadi bagi manajer HR yang mencari software yang dapat diakses di berbagai perangkat hingga mobile, aplikasi ini bukan jodohnya.

Link Software Kehadiran HRtrack

 

NaturalHR

Software kehadiran gratis ini merupakan sistem SaaS (Software as a Service) buatan developer UK. Aplikasi ini gratis tanpa iklan, trial, atau embel-embel lain, namun developer rencananya akan membuat versi premiumnya.

Kelebihan dan kekurangan NaturalHR

NaturalHR adalah aplikasi dengan fitur yang sangat lengkap, dengan tidak hanya fitur time tracking, libur/cuti, dan employee self-service, namun juga dilengkapi dengan pustaka yang menyimpan materi pelatihan, rekrutmen yang telah terintegrasi, beserta penilaian kinerja karyawan.

Walau begitu, NaturalHR masih belum menyertakan fitur penggajian atau manajemen benefit, dan pengumuman bahwa mereka akan meluncurkan versi premium terkadang membuat ketar-ketir, bagaimana kalau nanti versi gratisannya dihilangkan? :v

Link Software Kehadiran NaturalHR

 

Web Human Resource

WebHR

Software kehadiran berbasis web ini memberi pendekatan sosial dan dibuat spesial untuk usaha kecil dan menengah. WebHR ini gratis (ada iklannya) serta untuk perusahaan dengan 10 karyawan kebawah. Berbasis di Pakistan namun sudah memiliki 9000 pelanggan softwarenya, secara lah ya, WebHR sudah ada sejak 2010.

Kelebihan dan kekurangan WebHR 

Karena berbasis web, WebHR sangat ramah dengan banyak device serta memiliki review positif di Google Play Store. Tracking kehadiran, rekrutmen, serta penggajian sudah termasuk dalam software ini.

Sayangnya, versi gratisannya terbatas dan tidak termasuk forum (tempat diskusi), upload dokumen, atau custom reports. Tapi sudah cukup kok untuk software kehadiran saja.

Link Software Kehadiran Web Human Resource

 

Zoho People

zoho people-attendance

Software kehadiran ini gratis untuk akun login 5 orang karyawan dan 10 profil karyawan. Berbasis web, setiap akun juga akan mendapat akses ke seluruh fitur Zoho lainnya.

Kelebihan dan kekurangan Zoho People

Zoho adalah perusahaan yang sudah paten dan besar, dan software mereka menawarkan antarmuka dan fitur profesional serta fitur andalan seperti time tracking, manajemen waktu tinggal karyawan (leave management), informasi lengkap karyawan, dan bisa self-service.

Versi gratisnya memiliki fitur terbatas dan tidak termasuk timesheet atau tracking kehadiran, kapasitas penyimpanan juga terbatas ‘hanya’ 250 GB.

Link Software Kehadiran Zoho People

 

Software Kehadiran Open Source Terbaik

A1 eHR

A1 eHR

Software kehadiran A1 eHR menargetkan perusahaan/organisasi skala menengah dan besar. Developer A1 eHR mendapat pemasukan dari support berbayar serta maintenance. Untuk dapat mendownload source code software ini, kamu harus mengisi sejumlah form terlebih dahulu di situs resminya.

Kelebihan dan kekurangan A1 eHR

Software ini mencakup semuanya dari manajemen organisasi hingga rekrutmen, leave tracking, pelatihan, serta penggajian. A1 eHR adalah software yang tepat untuk perusahaan/organisasi dengan skala lebih besar.

Kerumitannya bisa menjadikan user menjadi ribet dan malas menggunakan. Banyaknya fitur dan informasi yang diperlukan software ini, bisa membuat kebingungan. Satu lagi, sistem penggajiannya hanya terbatas untuk karyawan perusahaan di USA dan Kanada sana.

Link Software Kehadiran A1 eHR

 

Deskera

deskera-hrms

Software kehadiran ini ditujukan untuk bisnis dengan skala enterprise. Deskera menawarkan versi gratis (open source) serta versi berbayar (hosted/SaaS) dengan harga mulai $75 per bulan per pengguna. Meskipun termasuk baru, Deskera tidak sekedar menjadi software kehadiran, namun juga memiliki modul untuk ERP, CRM, dan banyak lagi.

Kelebihan dan kekurangan Deskera

Dibuat dengan pangsa pasar utama perusahaan besar, modul HR Deskera sangat luas. Mulai dari manajemen penggajian, timesheet, manajemen performa, rekrutmen, serta real-time reporting. Deskera ditujukan untuk memenuhi semua kebutuhan. Integrasinya yang mulus dengan versi mobile serta penawaran lain dari Deskera adalah kelebihan yang dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

Karena luasnya modul tadi, Deskera hanya menjangkau semuanya secara general. Jadi, tidak akan ditemukan fitur-fitur kecil pendukung sebuah divisi, mengenai kehadiran, misalnya.

Link Software Kehadiran Deskera

 

iceHRM

icehrm-attendance

iceHRM menawarkan software kehadiran versi hosted/berbayar dan kamu bisa hosting software-nya sendiri dengan cara upload source code yang dibagikan di website resminya, gratis. Versi gratisnya gratis untuk perusahaan dengan maksimal 20 karyawan. Itu berarti, perusahaan/organisasi kecil dapat mendapat keuntungan dari versi gratisannya tanpa menginstall/maintenance yang ribet.

Kelebihan dan kekurangan iceHRM

Dengan antarmuka software yang lebih modern daripada yang lain, penggunaan iceHRM menjadi mudah. Beberapa fitur unggulannya adalah leave management, tracking waktu dan kehadiran, informasi karyawan, serta upload dokumen sekaligus download report dalam format CSV. Support yang mumpuni juga menjadikan iceHRM adalah opsi kuat untuk software kehadiran gratis/open source.

Karena sasaran utama adalah usaha kecil dan menengah, jadi software ini mungkin bukan yang terbaik untuk berfungsi maksimal di perusahaan besar.

Link Software Kehadiran iceHRM

 

OrangeHRM

Software kehadiran ini memiliki versi berbayar (SaaS) yang termasuk support tambahan serta hosting, tapi juga menyediakan source code gratis sehingga kamu dapat hosting sendiri. Link download di situs resmi OrangeHRM akan terbuka jika kamu mendaftar terlebih dahulu, tapi bagi yang ingin langsung download OrangeHRM bisa download di SourceForge tanpa daftar dulu.

Merupakan salah satu yang paling populer, OrangeHRM adalah sistem modular, dimana kamu bisa membeli plugin dan modul tambahan yang diperlukan.

Kelebihan dan kekurangan OrangeHRM

Memiliki segala modul dari leave management, rekrutmen, manajemen performa, tracking waktu dan kehadiran, tidak bisa dipungkiri bahwa OrangeHRM sangat komprehensif. Berbekal antarmuka yang mudah digunakan serta proses instalasi pada hosting yang mudah, membuat OrangeHRM cocok bagi perusahaan/organisasi manapun yang ingin berinvestasi waktu dan sumber daya untuk memiliki software HR open source.

Beberapa pengguna komplain akan jeleknya support dari OrangeHRM, tapi itu ketika kamu memilih opsi berbayar, bukan yang open source. Hehe.

Link Software Kehadiran OrangeHRM

 

SimpleHRM

simple-hrm-Leave-Request

Software kehadiran ini menyasar perusahaan kecil dan menengah serta terdiri dari versi gratis dan versi berbayar (professional edition) dengan modul dan fitur tambahan.

Kelebihan dan kekurangan SimpleHRM

Banyak kebutuhan manajemen HR akan terpenuhi dengan fitur-fitur seperti leave management, manajemen pelesir dan pengeluaran, benefits, task reporting, informasi lengkap karyawan. SimpleHRM memberikan fondasi yang solid untuk divisi HR dalam bisnis skala kecil dan menengah. Antarmuka yang slick menjadi sisi positif tersendiri dari aplikasi open source ini.

Beberapa pengguna ada yang komplain akan betapa sulitnya menginstall source codenya, terutama bermasalah dengan file path, jadi pastikan kamu sudah mempunyai seseorang dengan keahlian teknis mumpuni untuk implementasi software ini.

Link Software Kehadiran SimpleHRM

 

Waypoint HR

Waypoint-HR

Sebuah software kehadiran open source lainnya dimana kamu dapat menginstallnya sendiri secara gratis, atau membayar versi cloud-hosted nya. Waypoint HR telah didownload puluhan ribu kali. Di-develop oleh perusahaan di UK sana, software HRM ini mencakup semua kebutuhan dasar HR.

Kelebihan dan kekurangan Waypoint HR

Walau antarmuka-nya tidak sekeren OrangeHRM atau SimpleHRM, Waypoint memiliki dukungan komunitas yang aktif serta knowledgebase yang sangat membantu bagi programmer dan pengguna. Proses setup nya mudah, disertai dengan petunjuk langkah demi langkah, yang akan membantu learning curve kita dimana hampir semua software open source seperti itu.

Link Software Kehadiran Waypoint HR

 

honorable mention software kehadiran:

HR.my

Software kehadiran ini menawarkan solusi sederhana dan gratis untuk manajer HR dan karyawan dengan adanya fitur penggajian, informasi karyawan, serta notifikasi. Hr.my tidak termasuk diantara daftar diatas karena masih terlalu baru dan minim review. Juga, informasi detail mengenai aplikasi ini masih susah ditemukan.

Bagus untuk referensi penggunaan masa depan, namun jika butuh yang jejeg sekarang, sepertinya ini bukan solusi….

Link Software Kehadiran HR.my

***

Seluruh saran, kritik, dan tambahan referensi software kehadiran kami tunggu dengan senang hati, di bawah…

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *