20 Aplikasi untuk Android Ter-Root yang Harus Kamu Coba

Android mengistilahkan Root atau SuperUser untuk hak akses administrator. Banyak pengguna nge-root Android mereka tapi tidak yakin harus ngapain lagi setelah rooting selesai. Untungnya, ada banyak aplikasi Android sehingga pengguna dengan hak akses root bisa melakukan banyak hal.

Aplikasi yang membutuhkan akses root berarti pengguna bisa memanfaatkan seluruh sistem Android, dengan kata lain bisa melakukan banyak hal selain aplikasi non root. Contohnya: ketika aplikasi uninstaller hanya meng-uninstall aplikasi yang diinstall oleh user, aplikasi root-enabled uninstaller membolehkanmu uninstall aplikasi yang diinstall oleh user plus aplikasi bawaan sistem.

Masih banyak lagi sebenarnya fungsi yang bisa dilakukan aplikasi rooted ini. Contohnya adalah pengganti font system, installer custom ROM, aplikasi backup dan restore data, dll. Ini dia 20 aplikasi untuk Android yang sudah ter-root sehingga kamu bisa oprek Android kamu lebih dalam lagi.

 

SuperSU

superSU

SuperSU adalah aplikasi root privileges manager terbaik. Aplikasi ini menghandle semua akses root/superuser, contohnya aplikasi manapun yang mencoba mengakses sistem harus mengontak SuperSU untuk mendapatkan akses. SuperSU memungkinkanmu menerima atau menolak request dari aplikasi manapun yang me-request hak akses ke sistem. Aplikasi ini memiliki banyak fitur seperti akses dan request logs, opsi untuk un-root, opsi untuk auto-allow aplikasi, dll.

Link Download SuperSU

 

Root Checker

Root Checker Pro (berbayar) dengan fitur lebih

Root Checker Pro (berbayar) dengan fitur lebih

Root Checker dapat mengetes status root dari perangkat Android kamu. Aplikasi ini butuh akses root dan mendeteksi apakah perangkatmu sukses root atau tidak.

Link Download Root Checker

 

Device Control

device_control

Device Control adalah aplikasi all-in-one untuk mengontrol parameter perangkat Androidmu. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengontrol frekuensi prosesor, warna display/tampilan layar, tingkat entropi, voltase input, dll. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan performa sama baiknya dengan memonitor sumber daya sistem. Kamu dapat meningkatkan berbagai parameter dan opsi untuk mendapatkan performa Android yang lebih baik.

Link Download Device Control

 

Root Browser

Root Browser

Root Browser adalah aplikasi untuk browsing sistem dengan hak akses root. Beberapa kegunaannya adalah untuk melihat dan memodifikasi partisi data sistem dan file-file serta menghapus aplikasi bawaan sistem. Aplikasi ini menawarkan hampir semua fitur yang ditawarkan file manager pada umumnya sekaligus fitur lanjutan seperti share file via email, aplikasi arsip dan ekstraktor file, ekstraktor dan decompiler file APK, dll.

Link Download Root Browser

 

Greenify

greenify

Greenify adalah aplikasi gabungan penghemat baterai dan peningkat performa. Aplikasi ini akan meng-hibernate aplikasi yang mengonsumsi banyak sumber daya dan membuat perangkatmu berjalan lebih cepat dan lebih smooth. Hak akses root memungkinkan Greenify meng-hibernate aplikasi bawaan sistem.

Link Download Greenify

 

ROM Manager

ROM Manager adalah aplikasi untuk maintain dan flash custom ROM tanpa menghilangkan fungsionalitas smartphone kamu. Dengan antarmuka simpel dan user-friendly, bahkan yang *agak* awam pun bisa mengubah ROM dengan mudah. Aplikasi ini menyediakan fitur agar user bisa download custom ROM dari daftar yang disediakan kemudian menginstallnya secara otomatis.

Link Download ROM Manager

 

System App Remover

System App Remover adalah aplikasi untuk meng-uninstall bloatware dan aplikasi bawaan sistem lain yang tidak dibutuhkan dari device. Seringkali aplikasi bawaan sistem/pabrikan atau bloatware membuat smartphone jadi lemot dan tidak bisa dihapus dengan aplikasi uninstaller biasa. Selain itu, aplikasi ini bisa meng-uninstall aplikasi yang telah diinstall user dan memindahkan aplikasi ke SD Card.

Link Download System App Remover

 

Titanium Backup

Titanium Backup

Titanium Backup adalah aplikasi backup data yang sangat bermanfaat. Aplikasi ini dapat melakukan backup dan restore data user meskipun disaat upgrade ROM atau install custom ROM baru. Ada juga fitur batch job untuk install, restore, uninstall, dan backup aplikasi.

Link Download Titanium Backup

 

XBooster

xbooster

XBooster adalah aplikasi peningkat performa sistem dengan cara mengontrol parameter sistem lewat profil yang tersedia. Contohnya, aplikasi ini menyediakan mode hard gaming dan multitasking, jadi kita bisa menyesuaikan kemampuan maksimal smartphone terhadap kegiatan yang kita lakukan.

Link Download XBooster

 

Boot Animations

boot_animations

Boot Animations adalah aplikasi untuk melihat dan memodifikasi animasi saat booting. Kamu bisa mendownload banyak pilihan boot animations dari website dan mengaplikasikannya di Android kamu dengan bantuan aplikasi ini.

Link Download Boot Animations

 

Pry-Fi

Pry-Fi

Pry-Fi adalah aplikasi analisa jaringan WiFi. Wiresharknya Android lah ya kurang lebih: bisa menjadi tracker data yang melewati jaringan WiFi kamu dan juga menyembunyikan identitasmu dari orang iseng yang *kalau ada* sedang memonitor aktivitas WiFi kamu.

Link Download Pry-Fi

 

Flashify

flashify

Flashify memungkinkan kamu flash file tanpa menggunakan custom recovery. File yang bisa di-flash ada aplikasi custom, mod, dan custom ROM, tanpa reboot device! Cara menggunakannya sederhana: pilih file zip untuk di-flash dan aplikasi akan flash file tadi ke Android kamu.

Link Download Flashify

 

ROM Toolbox

ROM Toolbox adalah paket lengkap untuk mengelola kesehatan dan performa Android kamu. Beberapa fiturnya adalah pengubah boot animation, pengubah font, flasher file, dll. Versi Pro nya menyediakan fitur tambahan tentunya, seperti backup-restore dan memindahkan aplikasi ke SD card.

Link Download ROM Toolbox

 

Amplify Battery Extender

amplify_battery_extender

Amplify Battery Extender menggunakan teknologi terkini untuk meningkatkan masa hidup baterai ponsel kamu dengan cara membatasi resource untuk aplikasi yang berjalan di background.

Link Download Amplify Battery Extender

 

Kernel Adiutor

Kernel Adiutor (ROOT)

Kernel Adiutor bisa digunakan untuk mengubah parameter kernel Android kamu. Antarmuka nya simpel sehingga kamu dapat menyesuaikan parameter seperti frekuensi GPU dan CPU, temperatur layar dan voltase nya, sehingga mendapatkan output performa yang diinginkan.

Link Download Kernel Adiutor

 

BusyBox

BusyBox

BusyBox adalah tool dan librari yang digunakan untuk mendukung command-command Linux yang dijalankan pada perangkat Android. Menginstall BusyBox akan meng-unlock banyak fitur root lanjutan seperti kontrol dan manajemen device yang lebih baik.

Link Download BusyBox

 

AZ Screen Recorder

AZ Screen Recorder bisa digunakan untuk merekam tampilan aktivitas layar Android dan menyimpan rekamannya dalam format MP4. Bagus banget untuk membuat tutorial atau channel YouTube, hehe.

Link Download AZ Screen Recorder

 

TWRP Manager

TWRP Manager adalah aplikasi yang ada pada TWRP Recovery, seperti flash file zip, membersihkan cache, mengelola file, me-wipe partisi data, dll.

Link Download TWRP Manager

 

StickMount

[root] StickMount

StickMount membuat perangkatmu mendukung semua jenis flash drive on-the-go (OTG). Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mount dan menggunakan flash drive pada Android kamu jika penyimpanan internalnya kurang.

Link Download StickMount

 

Undeleter Recover Files & Data

Aplikasi ini bisa me-recover file yang telah terhapus dari perangkat Android. Aplikasi ini bisa meng-undelete file dari partisi yang korup atau terformat dari banyak perangkat memori: penyimpanan internal, SD card eksternal, dan OTG drive. Aplikasi ini juga bisa memindai log panggilan, pesan-pesan, dan percakapan WhatsApp atau Viber.

Link Download Undeleter Recover Files & Data

****

Semoga daftar diatas membantumu ketika kamu sedang dihadapkan dalam berbagai situasi. Yang mana aplikasi rooted Android favorit kamu?

Related Posts

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *