30 Situs Gratis untuk Download Template Email Open Source

Membuat template email secara manual itu tidak mudah. Kamu harus familier dengan tabel, bahasa pemrograman CSS, mendesain agar email tersebut responsif, dan memastikan bahwa semua elemen template email kompatibel dengan banyak email clients baik di desktop, mobile, atau webmail.

Untuk mempercepat proses, sekarang ada banyak template email gratis dan open source yang bisa kamu download kemudian kamu modifikasi/edit sesuai keinginan. Beberapa diantaranya berbentuk template siap pakai, ada juga yang masih berupa komponen framework. DSG telah mengumpulkan semuanya, sehingga kamu tidak perlu cari-cari lagi referensi 30 tempat dimana kamu bisa menemukan template email gratis dan open source sesuai kebutuhan.

Send With Us

sendwithus

Send With Us adalah situs berbasis komunitas untuk template email open source dan responsif. Ada sekitar 10 template yang tersedia disertai banyak sub template untuk penggunaan yang lebih spesifik seperti email untuk survei, meningkatkan penjualan, konfirmasi, dll.

 

 

Salted

salted

Salted adalah template email HTML responsif yang bisa digunakan sebagai dasar template email kamu. Template yang clean ini salah satunya digunakan oleh Litmus sebagai template newsletter email mereka. Tampilan template emailnya sudah dioptimasi dan kamu dapat menggunakan tabel prosentase atau kueri media namun tampilannya masih tetap fluid.

 

Cerberus

cerberus

Cerberus adalah pattern email responsif yang dapat kamu gunakan untuk mengubah desain email biasa menjadi desain yang responsif dengan mudah. Ada 2 jenis template, satu dengan kueri media dan satunya tidak ada.

 

Responsive HTML Email Template

Responsive HTML Email Template

Ada 2 jenis template email HTML yang disediakan di situs ini, versi inline dan versi non-inline yang bisa digunakan di layanan marketing seperti Mailchimp. Template email ini sudah dites di banyak email clients, baik mobile dan desktop.

 

Email Blueprints

Email Blueprints

Kamu bisa menemukan sekitar 25 template umum dan 6 template responsif pada website ini yang dibuat spesial untuk para pengguna MailChimp.

 

Respmail

respmail

Website ini menyediakan template email yang didesain agar dapat bekerja di mayoritas perangkat dan platform. Template ini menggunakan Blueprints milik MailChimp sebagai dasarnya, serta telah diuji coba dan direview kompatibilitasnya dan kemudian direstrukturisasi untuk Outlook, Yahoo, Hotmail, Gmail, dan layanan lain. Kamu bisa mendownload source code nya di Github.

 

Ink

Foundation for Emails

Ink adalah sebuah framework dimana kamu dapat membuat email HTML responsif dengan cepat. Nantinya email tadi kompatibel di perangkat atau email client apapun. Ink menyediakan grid 12 kolom dengan beberapa elemen UI untuk membuat prototip dengan cepat.

 

Transactional Email Templates

Transactional Email Templates

Merupakan template email responsif untuk email transaksional. Pada website ini kamu dapat menemukan 3 template: untuk email CTA (call-to-action), email pemberitahuan, serta untuk billing. Semua template pada website ini sudah dites di email clients populer.

 

Antwort

antwort

Antwort menawarkan template email responsif. Contohnya, pada tampilan desktop akan menampilkan kolom-kolom namun akan berubah menjadi baris ketika pada tampilan mobile. Terdapat juga template untuk satu kolom, dua kolom, atau tiga kolom.

 

Responsive Email

Responsive Email

Sebuah template email berbasis tablet yang responsif dan kompatibel dengan semua Mailchimp merge tags. Walaupun cuma tersedia 1 template, kamu bisa membuat variasi dengan banyaknya pilihan layout tersedia.

 

Email Framework

Email Framework

Email Framework menawarkan komponen prebuilt yang dapat kamu gunakan untuk membuat template email HTML responsif. Situs ini juga menyediakan file boilerplate.html yakni sebuah dasar file HTML yang bisa diedit.

 

Responsive Email Patterns

Responsive Email Patterns

Responsive Email Patterns adalah koleksi pattern dan modul untuk email responsif. Kamu dapat menemukan banyak style untuk layout, navigasi, list, grid blocks, media, dan akordion.

 

Zenith

zenithframework

Zenith adalah framework email yang dibuat menggunakan SASS. Framework template email ini memiliki fitur responsive grid, layout yang mudah digunakan, tipografi, skema warna serta fitur lain yang sama dengan variabel SASS.

 

Shopify HTML Email Templates

Shopify HTML Email Templates

Kamu akan menemukan 10 template email pada website ini yang digunakan untuk banyak kebutuhan seperti menyambut pengguna baru, aktivasi akun, notifikasi pengembalian uang, update pengiriman, reset password, dan banyak lagi.

 

Passion

passion_email_template

Passion adalah template email dengan dukungan responsif. Template yang ada pada website ini menghadirkan kesan minimalis, clean cut, dan simple vibe.

 

Responsive HTML email templates

Responsive HTML email templates

Framework ini menyediakan template email responsif yang kompatibel dengan semua email client populer yang dibuat dengan coding-an yang rapi. Secara umum ada 3 template (umum, promosional, dan eksplorasional) dengan skema warna berbeda.

 

Slate

slate

Slate memiliki 5 template email yang telah dites di lebih dari 30 email clients baik itu desktop, mobile, atau webmail. Diantaranya ada template email gratis untuk pengumuman produk atau pengumuman lainnya, template untuk newsletter, tanda terima dan yang dasar.

 

Cakemail

cakemail

Cakemail menyediakan banyak template email gratis untuk newsletter yang retina-ready. Ada 6 kategori yang bisa kamu eksplor atau cek saja bagian ‘Popular’. Kamu juga bisa memilih skema warna yang kamu inginkan sebelum download template email sesuai keinginan kamu.

 

Penrose

penrose

Situs ini menyedikan template email newsletter responsif gratis yang kompatibel dengan hampir semua email clients.

 

Responsive Email

Responsive Email green

Hanya membutuhkan template email yang mendasar dan sederhana? Ikuti saja 3 langkah pada website ini dan kamu telah memiliki template email sendiri.

 

WDW

wdw

Situs ini menyediakan 2 template, 1 untuk template update mingguan dan 1 lagi untuk template pendaftaran. Semuanya disediakan khusus untukmu oleh Web Design Weekly.

 

Gleemail

Gleemail

Dengan Gleemail, kamu bisa membuat template email HTML sendiri dengan Mustache serta styling dengan Stylus.

 

Mosaico

mosaico

Mosaico adalah editor template email open source dan disini kamu dapat menggunakan 2 template yang disediakan secara gratis yang bisa kamu oprek. Edit, drag and drop serta oprek dengan semua komponen yang tersedia.

 

Postmark Templates

postmark

Ada 3 template yang tersedia pada situs ini: email selamat datang, email reset password, serta email receipt atau tanda terima. Semua template email gratis disediakan oleh Postmark Templates.

 

EightMedia boilerplate

EightMedia boilerplate

Merupakan framework template email yang bisa kamu custom dengan bahasa pemrograman Jade. Telah disertakan SASS serta inlining CSS agar kerjaanmu lebih mudah.

 

Bella

bella

Bella adalah template email gratis yang clean, bright, dan modern serta dapat digunakan di berbagai suasana. Template emailnya tersedia dalam format HTML dan PSD.

 

Rafeca

rafeca_giffgaff

Temukan template email responsif yang digunakan oleh Giffgaff. Download template emailnya, gratis langsung di Github.

 

Campaign Monitor

Campaign Monitor

Campaign Monitor telah merilis lebih dari 100 template email gratis yang bisa di download. Ada 36 template yang bisa di preview langsung di situsnya dan sisanya bisa didownload di tautan “Download All” di bagian bawah.

 

Responsive Email Template

Responsive Email Template

Situs ini menyediakan template email responsif yang dioptimasi untuk mobile, buatan Rachel Beser.

 

Stamplia’s free email template

Stamplia’s free email template

Terdapat 7 template email gratis dan responsif yang ekslusif untuk Litmus. Kompatibel dengan Outlook, Gmail dan email clients lainnya. Source file PSD juga disertakan.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *