9 Aplikasi Android Terbaik untuk Menyembunyikan Foto dan Video

Tidak semua foto dan gambar di smartphone kita bebas dilihat siapa saja. Ada yang bersifat privat dong pastinya.

Sayangnya, privasimu bisa terancam bahkan sampai ke level berbahaya, apabila smartphone kamu jatuh ke tangan oknum tidak bertanggung jawab (bahkan yang simpel seperti dipinjam teman sekalipun). Jadi, yang kamu butuhkan adalah cara menyembunyikan semua foto dan video yang kamu tidak ingin orang lain melihatnya. 

Jika kamu adalah pengguna Android, Google Play Store punya banyak aplikasi untuk menyembunyikan foto dan video yang bisa kamu gunakan secara gratis!

Di artikel ini DSG telah mengumpulkan aplikasi terbaik untuk menyembunyikan foto dan video yang tersedia di Play Store. Kamu cukup menginstall yang cocok untukmu.

Aplikasi Android Terbaik untuk Menyembunyikan Foto dan Video

 

1. Hide Pictures in Vaulty

Hide Pictures &Videos - Vaulty

Vaulty adalah salah satu aplikasi terlama dan paling bisa diandalkan untuk menyembunyikan foto dan video pada Android dengan kehadirannya yang lebih dari 4 tahun. Antarmuka-nya to the point dan menyediakan banyak fitur. Kamu dapat dengan mudah menyembunyikan gambar dan video dari Gallery ke Vaulty, kemudian memproteksinya dengan password sehingga orang lain tidak bisa mengaksesnya.

Jika seseorang mencoba mengakses Vault yang ter-password dan memasukkan password yang salah, Vaulty akan langsung mengambil gambar orang tersebut dan memberi tahu kamu. Kamu juga bisa menyimpan foto dan video ke online backup milik Vaulty sehingga kamu bisa me-restore-nya kalau-kalau terhapus.

Kamu bisa mengelola berbagai macam media di lebih dari 1 vault dengan password berbeda. Selain itu, ada juga fitur edit foto, full screen zoom, Filters, Private Camera, serta pengelolaan media pada album.

Fitur utama: akan memotret pelaku diam-diam, menyediakan online backup serta antarmuka yang intuitif. Gratis, dengan in app purchases.

 Link Download Hide Pictures in Vaulty

 

2. Vault-Hide SMS, Pics & Videos

Vault-Hide SMS, Pics & Videos

Vault adalah aplikasi serba bisa dalam menyembunyikan semua data di smartphone kamu termasuk foto, video, SMS, kontak, bahkan Aplikasi. Kamu dapat dengan mudah menambahkan semua data-data tadi kedalam vault kemudian memproteksinya dengan password sehingga orang lain tidak punya akses terhadap vault kamu.

Aplikasi ini juga memiliki fitur lanjutan yang menarik untuk memproteksi data pada ponsel kamu. Kamu dapat membuat vault palsu (Fake Vault) dengan gambar palsu untuk menipu oknum-oknum bahwa mereka telah mendapat akses menuju vault kamu (padahal aslinya tidak). Kamu bahkan juga bisa menyembunyikan aplikasi Vault nya juga, sehingga tidak ada yang tahu kalau ada app seperti ini di ponsel kamu.

Ada fitur menarik lagi seperti mengambil gambar oknum yang mencoba mengakses vault kamu, serta membuat cloud backup dari semua data.

Fitur utama: dapat menyembunyikan segala jenis data, memiliki banyak fitur untuk menyembunyikan vault, serta membuat cloud backup dari semua datamu. Gratis terbatas.

Link Download Vault-Hide SMS, Pics & Videos

 

3. Hide pictures KeepSafe Vault

Hide pictures - KeepSafe Vault

KeepSafe adalah aplikasi penuh fitur lainnya dengan banyak opsi dan trik untuk memproteksi fotomu. Aplikasi ini memiliki antarmuka sederhana untuk navigasi cepat dan foto dapat langsung ditambahkan via Gallery ponsel. Semua foto didalamnya bisa diproteksi dengan PIN, dan ketika menggunakan KeepSafe, daftar aplikasi pada smartphone kamu tidak akan menampilkannya.

Aplikasi ini juga mempunyai banyak fitur lainnya (di versi Premium, tapi worth it kok). Untuk ‘menipu’ para oknum, kamu bisa mengubah cover picture album, menambahkan pin palsu, dan menyamarkan KeepSafe sebagai aplikasi lain.

Kamu juga bisa mengirimkan foto-foto self destruct dari vault amanmu yang akan menghilang setelah 20 detik. Aplikasi ini juga akan memotret oknum yang mencoba membobol vault kamu serta menunjukkan padamu PIN salah yang diinputkan olehnya.

Fitur utama: mengirim foto-foto self destruct, memiliki banyak metode untuk menipu para oknum dengan antarmuka-nya yang clean. Gratis.

Link Download Hide pictures KeepSafe Vault

 

4. Hide Pictures Hide it Pro

Hide Pictures - Hide it Pro

Ini adalah aplikasi serbaguna lainnya dimana kamu dapat menyembunyikan foto, gambar, video, aplikasi, SMS, dan kontak, hanya dengan beberapa kali tap. Bagusnya lagi, aplikasi ini benar-benar gratis dan tidak membutuhkan biaya berlangganan premium apapun. Aplikasi ini menyamar sebagai aplikasi Audio Manager untuk menyembunyikan identitas aslinya, yang memastikan keamanan datamu.

Terdapat juga opsi customization serta navigasi yang baik. Kamu bisa dengan mudah mengkategorikan/mengurutkan data, zoom in/out, melihat gambar dengan slideshow, memutar video dan tweak sederhana lainnya.

Kamu bisa menggunakan 2 pengaman sekaligus (PIN + password) untuk proteksi data, dan aplikasi tidak akan menampilkan dirinya di daftar aplikasi. Semua data pentingmu dienkripsi menggunakan AES 256 bit untuk keamanan maksimum. Jika masih kurang, ada juga plugin seperti private messaging, private browsing, locking apps, dll.

Fitur utama: Enkripsi data, benar-benar gratis dan memiliki dukungan plugin.

Link Download Hide Pictures Hide it Pro

 

5. Safe Gallery Free

Safe Gallery Free (Media Lock)

Aplikasi ini adalah penyembunyi media sederhana yang akan memproteksi semua file media di Gallery menggunakan password. Datamu bisa diproteksi dengan 3 jenis kuncian: PIN, Password, serta Pattern Protection. Aplikasi ini juga akan membackup semua datamu di aplikasi tersebut sehingga kamu dapat me-restore-nya jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Selain memproteksi media, Safe Gallery Free bisa juga memproteksi gambar dari laman web dengan sekali tap. Gambar dari laman web tadi akan dikategorikan secara terpisah sehingga kamu dapat dengan mudah mengerti gambar mana saja yang berasal dari Gallery dan mana yang dari laman web.

Kamu bisa juga menyembunyikan aplikasi dengan “App Hide Mode” dan sistem tidak akan menampilkan aplikasi ini walaupun dalam sistem smartphone. Kamu dapat me-recover aplikasi dengan cara menekan PIN pada dial pad smartphone kamu.

Fitur utama: Banyak pilihan metode proteksi, membackup data baik dari galeri maupun laman web. Gratis.

Link Download Safe Gallery Free

 

6. Private Photo Vault

Private Photo Vault

Private Photo Vault adalah aplikasi untuk menyembunyikan foto dan video dengan opsi customization yang kuat. Kamu bisa menambahkan password/pin pada aplikasi dan juga pada album didalamnya, sehingga ada 2 password yang memproteksi foto/video kamu. Satu untuk mengakses aplikasi dan satunya lagi untuk mengakses foto/video didalam album.

Kamu bisa mengirim foto yang terkunci ke siapapun via pesan atau email langsung dari aplikasi. Kamu punya kontrol penuh atas foto dan video dalam aplikasi: memindahkannya, zoom in/out, hingga slideshow.

Memang tidak banyak trik yang ditawarkan, tapi ada fitur penting yang sayang dilewatkan. Aplikasi ini akan memotret dan memberikan koordinat GPS ketika seseorang mencoba mengakses vault dan kamu bisa juga menggunakan password palsu serta gambar untuk menipu orang-orang serta melindungi foto aslinya.

Fitur utama: Proteksi dobel dengan 2 password, kontrol penuh terhadap foto dan video serta kemudahan share foto yang terkunci. Gratis terbatas dengan pilihan versi Pro seharga $3.99.

Link Download Private Photo Vault

 

7. Fotox

Hide Pictures & Videos - FotoX

Jika kamu butuh aplikasi dengan keamanan bagus dan fitur backup untuk foto-foto privasimu, Fotox jawabannya. Menawarkan berbagai cara memproteksi (pin, password, pattern, face detection), kamu bisa dengan mudah menambahkan foto dan video kedalam vault dengan cara memindahkan foto ke aplikasi, share ke Fotox, atau search Gallery secara manual.

Foto-foto privatmu bisa dibackup ke penyimpanan cloud milik Fotox yang bisa diakses dimanapun dengan full sync. Untuk melindungi foto-fotomu, kamu bisa sepenuhnya menyembunyikan aplikasi sehingga sistem tidak akan mendeteksinya, atau menambahkan sebuah crash message sehingga orang lain akan berpikir bahwa aplikasi mengalami crash.

Proses uninstall aplikasi juga bisa diblok, sehingga tidak ada yang bisa meng-uninstall aplikasi ini kecuali pemilik smartphone.

Fitur utama: Mendukung hingga 4 metode proteksi, cloud backup, dan gratis.

Link Download Fotox

 

8. Photo Locker

Hide Photos in Photo Locker

Photo Locker adalah aplikasi yang bagus untuk keamanan media dan datamu. Aplikasi tidak akan mengupload data apapun ke server aplikasi sehingga akan melindungi privasimu dan fitur keamanan maksimum. Semua data didalam Photo Locker terenkripsi sehingga lebih aman walaupun ada oknum yang punya kontrol penuh atas smartphone kamu.

Foto-foto yang hendak disembunyikan bisa langsung ditambahkan ke locker. Kemudian kamu akan mendapat kontrol penuh terhadap foto-foto seperti zooming, panning, dan slideshow. Aplikasi juga bisa mengunci dirinya sendiri ketika smartphone kamu dalam keadaan sleep. Mungkin mengganggu, tapi berguna jika kamu kelupaan mengunci aplikasi.

Foto dan gambar juga bisa di-restore dengan mudah dari locker. Metode password recovery nya juga cukup mudah dan aman, kamu bisa me-recover password lewat email.

Fitur utama: mengenkripsi semua foto, fitur auto lock dan recovery password yang mudah. Gratis terbatas dengan opsi versi Pro seharga $4.99.

Link Download Photo Locker

 

9. Gallery Lock

Gallery Lock (Hide pictures)

Gallery Lock datang dengan antarmuka intuitif dan menawarkan segala fitur dalam satu aplikasi. Memang tidak ada yang unik, tapi aplikasi ini menggabungkan semua fitur penting kedalam satu aplikasi. Aplikasi ini dapat mengunci semua foto dan video privat kamu lewat proteksi password dan kamu bisa menavigasi media didalam aplikasi.

Aplikasi bisa menuju ke stealth mode untuk menyembunyikannya dari sistem, dan jika seseorang mencoba mengakses aplikasi, aplikasi akan memotret foto si jahil. Datamu juga bisa dibackup ke Google Drive, Dropbox, atau Box. Tambahkan foto/video kedalam Gallery Lock menggunakan metode berbeda: dari dalam app langsung atau lewat Gallery. Atau langsung menyeleksi satu folder penuh ke Gallery Lock agar proteksi lebih mudah.

Fitur utama: Antarmuka yang intuitif, banyaknya fitur, dan gratis.

Link Download Gallery Lock

***

Semoga artikel ini bisa membantumu menemukan aplikasi Android yang tepat untuk menyembunyikan foto dan video kamu yang bersifat privasi. Semua aplikasi diatas berjalan dengan baik hampir di semua versi Android terkini (Kitkat, Lollipop, dan Marshmallow).

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *