6 Aplikasi FTP Client Gratis Terbaik

File Transfer Protocol (FTP) adalah salah satu protokol tertua di Internet (sejak April 1971). FTP Clients adalah aplikasi yang terinstall di PC untuk dapat melakukan transfer file banyak & cepat antara PC dan server.

Koneksi via FTP dilakukan lewat port-port berbeda. FTP client akan sangat berguna ketika kamu ingin download/transfer banyak file (terlebih kalau berukuran besar) serta merupakan aplikasi wajib bagi manajemen website.

Kamu bisa transfer banyak file sekaligus dengan command prompt maupun aplikasi FTP client. Bagaimanapun, fitur yang ditawarkan FTP client lebih sip.

Timbul pemikiran tentang keamanan menyimpan password server di beberapa FTP client. Satu-satunya cara aman adalah jangan pernah menyimpan password di FTP client. Kapanpun kamu menggunakan FTP client, atur kedalam KIOSK MODE, dan password akan diinput kapanpun kamu hendak mengunjungi website, tanpa kompromi. Oke, langsung saja download dan install aplikasi FTP client gratis terbaik dibawah ini…

FireFTP

FireFTP

Jika kamu pengguna Firefox (atau bukan pengguna Firefox tapi butuh alasan untuk pindah browser), aplikasi FTP client terbaik pilihan DSG adalah FireFTP (addon Firefox). Setelah upgrade, kini FireFTP mendukung SFTP, kompresi, bahkan FXP (transfer antar server ke server). Fitur keren lainnya adalah perbandingan folder, sync folder ketika navigasi, enkripsi SSL, pencarian & filtering, cek integritas, remote editing, drag & drop, file hashing, dll.

Dengan segala fiturnya yang bisa diandalkan, kemudahan penggunaan, serta integrasi yang mulus dengan browser, FireFTP harusnya bisa memenuhi kebutuhan semua pengguna (baik awam hingga power user).

Link Download FireFTP

 

Cyberduck

Cyberduck_Mac

Bagi pengguna Mac OS X, gunakanlah Cyberduck. Cyberduck adalah aplikasi FTP, SFTP, WebDAV, serta browser Amazon S3 open source dibawah lisensi GPL. Cyberduck dilengkapi antarmuka yang mudah digunakan, integrasi dengan editor eksternal, serta dukungan untuk teknologi Mac OS X seperti Spotlight, Bonjour, QuickLook, dan Keychain.

DSG sudah mencoba Cyberduck di Windows 7 (ya, selain Mac OS X aplikasi ini juga support Windows serta Linux). Aplikasi berjalan lancar untuk transfer 1 file <100 MB dengan FTP tapi agak bermasalah ketika transfer banyak jumlah file (>200). Jika proses transfer gagal tidak bisa di-resume dan file-file akan di-reupload dari awal.

Antarmuka-nya sedikit berbeda, jadi hati-hati ketika memilih folder transfer agar file yang akan kamu transfer tidak salah alamat… SFTP nya berjalan lancar, juga masih dengan problem yang sama dengan FTP saat resume upload/transfer. Namun WebDAV serta Amazon S3 berjalan dengan baik tanpa masalah.

Link Download Cyberduck

 

FileZilla

filezilla

FileZilla adalah kesayangan banyak user OSS. Merupakan alternatif WS_FTP yang gratis dan punya lebih banyak fitur; lebih enteng dan lebih baik. Aplikasi menampilkan layout sederhana yaitu antarmuka 2-panel yang mirip dengan versi lama WS_FTP. Terlepas dari layout yang sederhana, performa-nya mantap. Ada full-featured site manager, dukungan firewall & proxy, SFTP, SSL dan Kerberos GSS Security, restart, drag & drop dan banyak lagi.

Fitur signifikan yang tidak ada pada FileZilla adalah site-to-site transfer, tapi mungkin sebagian besar user tidak butuh fitur ini. FileZilla tersedia untuk Linux, Mac OS X dan FreeBSD. Ada juga versi portabel dari FileZilla bagi kamu yang bermobilitas tinggi.

Link Download FileZilla

 

Tunnelier

tunnelier_sftp

Tunnelier adalah SSH client sangat cepat dengan fitur FTP client dasar. Alasan utama kebanyakan user menggunakannya adalah karena untuk SFTP, Tunnelier berjalan jauh lebih cepat daripada FileZilla, dimana hal tersebut vital ketika kamu melakukan transfer file besar. Berdasarkan hasil tes DSG, Tunnelier bekerja dengan sangat baik. Tanpa masalah transfer file berukuran 4-6 GB dan resume transfer yang gagal tanpa masalah.

Koneksi terminal lewat SSH juga bisa diinisiasi berbarengan dengan koneksi SFTP/FTP. XTerm dan X11 juga bekerja 100%. Remote desktop juga tanpa masalah. Antarmuka-nya sangat mudah digunakan terutama bila kamu sudah terbiasa dengan FileZilla sebelumnya. Tertarik untuk berpindah dari FileZilla?

Link Download Tunnelier

 

WinSCP

WinSCP

WinSCP cocok untukmu bila kamu menginginkan SCP (secure copy) client untuk Windows yang menggunakan SSH plus kaya fitur. Aplikasi ini menyediakan terminal didalamnya (built-in), dapat menjalankan Putty secara langsung, memperbolehkan editing file secara remote, direct transfer, transfer queuing, dan bisa membatasi kecepatan download/transfer file.

Link Download WinSCP

 

Core FTP LE

Core FTP Lite

Core FTP LE adalah versi gratis (Lite) dari CoreFTP. Aplikasi ini tepat bagimu ketika kamu butuh log on ke situs bermasalah. Aplikasi ini juga memiliki banyak fitur dan kemudahan, diantaranya:

  1. FTP client terbaik untuk bisa mengakses situs-situs yang ‘tidak biasa’ saat hendak log on.
  2. Antarmuka (GUI) yang membuatnya sangat mudah digunakan.
  3. Kumpulan fiturnya banyak, tapi tidak membuat aplikasi lantas menjadi lemot.
  4. on-screen real-time logging yang baik, yang tidak semua FTP client punya.
  5. mendukung HIPAA, SFTP/ SSH, SSL/ TLS, FTP/ HTTP/ SOCKS proxy, IDN
  6. drag and drop
  7. site manager, session manager, dan queue manager
  8. custom screens
  9. bandwidth control
  10. caching
  11. auto-transfer
  12. retry/resume
  13. opsi auto-reconnect dan auto S/key
  14. remote file-searching dan filtering
  15. advanced directory listings
  16. start/stop/resume transfer
  17. full recursive chmod
  18. integrasi dengan browser
  19. site to site transfers
  20. file viewer & editor
  21. dukungan terhadap firewall
  22. custom commands
  23. FTP URL parsing
  24. command line transfers

Banyaknya fitur diatas harusnya cukup bagi kebanyakan pengguna. Jika masih kurang, upgrade saja ke versi Pro ($25) yang punya fitur tambahan seperti custom sounds, two-way encryption, ping, traceroute, dll.

Ada website-website (terutama yang dilengkapi dengan keamanan ekstra) yang butuh waktu load yang lebih lama (+- 8 detik) dan menyebabkan problem pada FTP client, tapi CoreFTP bisa melakukannya. DSG gagal log on ke salah satu situs dengan WS_FTP dan FTP client lain, tapi dengan CoreFTP sukses. On-screen log display bisa memberitahumu apa yang terjadi jikalau ada masalah. Kamu bisa force-view file tersembunyi seperti htaccess.

Fitur chmod nya juga berguna, kamu bisa mengatur permissions folder dan file dengan antarmuka sangat jelas. Ada tombol satu kali klik untuk reconnect ke website terakhir yang kamu akses. Namun navigasi antar drive pada CoreFTP cukup rumit. Jadi, jika kamu punya setumpuk drive di komputer/server, lebih baik gunakan FileZilla atau Tunnelier.

CoreFTP juga menyediakan fitur Micro FTP Server yang bisa diinstall di PC dan digunakan untuk transfer file dari PC ke PC.

Link Download Core FTP LE

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *