Cara Mengetahui Lagu yang Ada di dalam Video YouTube

Ingin cari tahu lagu apa saja yang dipakai oleh YouTubers favoritmu? Mencari tahu lagu-lagu yang dipakai dalam video-video YouTube bisa dibilang susah-susah gampang. Kalau lagunya tidak disebutkan di deskripsi video atau info dari komentar pengguna lain, yang benar-benar penasaran pasti sibuk mendengarkan lagunya berkali-kali dan mencatat liriknya manual, kemudian mencarinya di mesin pencari. Bisa sih pakai cara itu, tapi bagaimana kalau yang dipakai hanya intro lagunya saja? Nah loh…

Dalam rangka memberi solusi simpel untuk masalah yang seakan tidak ada habisnya ini, 2 developer dari Jerman membuat MooMa.sh: website inovatif yang didesain untuk mengidentifikasi lagu apa yang ada dalam video YouTube.

Aplikasi online MooMa.sh ini mudah digunakan dan benar-benar gratis. Apabila kamu ingin mencobanya, cukup copy URL link dari video dan paste di search bar nya MooMa.sh, kemudian klik tombol “Moo”. Masih kurang jelas? Tonton video dibawah ini:

Kemudian MooMa.sh akan memulai proses identifikasi: analisis, fingerprinting, dan mencocokkan audio dengan database milik mereka (lebih dari 7 juta trek audio!). Setelah audio berhasil diidentifikasi, MooMa.sh akan membuat timeline yang mendaftar semua lagu/trek audio yang berhasil diidentifikasi dalam video. Saat ini, database milik MooMa.sh terus berkembang sangat cepat, yakni penambahan rata-rata 90.000 trek audio tiap harinya.

Lama proses identifikasi beragam, bisa beberapa detik atau beberapa menit, bergantung dari durasi video dan seberapa banyak pengguna lain menganalisis video.

Kerennya lagi nih, selain musik, MooMa.sh juga bisa mengidentifikasi wallpaper statis yang ada di dalam video kemudian menyediakan versi resolusi tinggi bagi para pengguna.

Dengan MooMa.sh, developer berharap bisa menyelesaikan permasalahan umum yang ada di YouTube: nemu lagu bagus tapi tidak bisa menemukan artis, nama, atau informasi terkait sebuah lagu. Sekarang, menemukan lagu yang selama ini kamu cari-cari cukup satu klik saja. Developer MooMa.sh ingin agar hidup lebih efisien, tidak perlu mencari-cari lirik dan menanyakan di kolom komentar yang memakan waktu dan terkadang tidak akurat.

Selain website (beta) gratis, developer MooMa.sh juga menyediakan versi browser plugin, aplikasi Androidnya dan API gratis bagi kamu yang ingin punya website serupa seperti ini. Super mantap deh developernya.

MooMa.sh

Apakah dengan semakin populernya MooMa.sh, guyonan Darude-Sandstorm akan berakhir? Kita lihat saja, hehe.

Credit:

http://www.mooma.sh/
Tom Kirchner dan Sebastian Fink
contact@mooma.sh
(949) 555-2861

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *