Cara Merekam Video Gameplay pada Android, iPhone, atau iPad

Windows 10, PlayStation 4, dan Xbox One sudah punya aplikasi terintegrasi untuk merekam gameplay dan post videonya secara online. Sekarang perangkat Android, iPhone, dan iPad juga sudah bisa merekam video dari gameplay game mobile dan langsung post ke YouTube atau lainnya.

Merekam gameplay mobile sekarang juga bisa merekam suaramu sekaligus dengan mikrofon bawaan perangkat. Bahkan untuk Android, kamu bisa menyertakan wajahmu juga (Face cam) dengan bantuan kamera depan, jadi tidak hanya video gameplay saja. Sekarangpun kamu bisa menjadi PewDiePie nya Indonesia, barangkali.

Cara Merekam Gameplay pada Android

Merekam gameplay pada Android menjadi mudah berkat aplikasi Google Play Games pada Android. Karena link Play Store sementara hanya bisa untuk pengguna dari US dan UK, bagi kamu yang berminat silakan download Google Play Games dari link dibawah. Buka app-nya, pilih “My Games” pada menu, dan tap pada tab “Installed” untuk melihat game mana saja yang telah terinstall.

cara_merekam_video_gameplay_pada_android_google_play_games

Pilihlah game yang hendak direkam dan tap tombol record warna merah disebelah tombol play warna hijau.

cara_merekam_video_gameplay_pada_android

Kamu akan diberi pilihan apakah ingin merekam gameplay dalam kualitas HD 720p atau SD 480p. Hasil video akan tersimpan pada folder “Screencasts” pada perangkat dan akan tampil pada galeri foto.

cara_merekam_video_gameplay_pada_android_2

Game akan berjalan, dan kamu akan melihat wajahmu (atau hal apapun yang nampak di kamera depan) di pojok kiri bawah layar bersama dengan 3 tombol. Sentuh dan drag mukamu untuk memindah letaknya. Tombol rekam warna merah akan memulai/memberhentikan rekaman. Saat rekaman, semua yang nampak pada layar (termasuk notifikasi Whatsapp, Line, dll) akan ikut direkam.

Untuk menyembunyikan tombol-tombol, tap gambar mukamu satu kali. Untuk menutup fitur rekaman, tekan agak lama gambar mukamu, drag ke “X” yang ada di tengah layar dan drop-lah kesana.

cara_merekam_video_gameplay_pada_android_facecam

Jika sudah selesai merekam, kamu bisa langsung mengupload atau share videonya.

Kabarnya, di update selanjutnya, Google akan membolehkan para developer game untuk mengintegrasikan fitur ini ke game mereka jadi kamu tidak perlu menjalankan Google Play Games terlebih dahulu untuk memulai rekaman.

Pada Android 4.4 keatas, kamu bisa kok konek smartphone kamu ke komputer dengan kabel USB dan merekam layar dengan cara tersebut. Tapi merekam gameplay dengan Google Play Games jauh lebih mudah.

Link Download Google Play Games

 

Cara Merekam Gameplay pada iPhone dan iPad

iOS 9 memiliki framework baru bernama ReplayKit yang membolehkan game developer untuk mengintegrasikan fitur rekam ke aplikasi/game buatan para dev. Jadi hanya game tertentu yang tersedia fitur rekam gameplay.

Pada game yang menyediakan fitur rekam gameplay, kamu bisa tap tombol “Record” dan kamu diberi pilihan untuk merekam layar saja atau beserta audio dari mikrofon. Nantinya tampilan tombol rekam ini berbeda, tergantung game developernya mendesain seperti apa dan diletakkan dimana.

cara_merekam_video_gameplay_pada_iphone_ipad_replaykit

Kalau kamu masih ingin merekam game yang tidak menyediakan fitur rekam built-in, kamu bisa kok merekam gameplay pada iPhone atau iPad. Tapiii kamu harus punya Mac, jadi koneksikan iPhone atau iPad ke Mac menggunakan kabel USB dan kamu bisa merekam layarnya, termasuk gameplay mobile, selama masih terhubung dengan Mac.

Mac kamu memerlukan QuickTime, sudah dicoba di Mac OS X 10.10 Yosemite. Memang butuh usaha ekstra, tapi sementara ini merupakan satu-satunya cara untuk merekam gameplay pada iPhone/iPad untuk game yang tidak support ReplayKit.

cara_merekam_video_gameplay_pada_iphone_ipad_macosxyosemite

***

Semua panduan diatas masih belum bisa membuatmu melakukan live streaming gameplay ke Twitch.tv, YouTube Gaming, atau layanan serupa lainnya. Tapi karena memang fitur ini masih baru, pastinya di masa depan akan disediakan opsi streaming.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *