Rekam Suara dari PC dengan Aplikasi Maupun Manual

Kamu tidak perlu memegang mikrofon yang dihadapkan ke speaker komputermu untuk merekam audio-nya. Bahkan jika kamu tidak punya opsi Stereo Mix pada PC, kamu masih bisa merekam suara pada sistem Windows PC manapun. Bagaimana caranya?

Dengan menggunakan aplikasi khusus. Tanpa konekin audio output komputer ke audio input dengan kabel audio juga bisa.

Cara Merekam Suara/Audio Input dari PC dengan Stereo Mix

Cara Merekam Audio Input dari PC dengan Stereo Mix

Stereo Mix, sebutan lainnya adalah “What U Hear”. Merupakan opsi rekaman spesial yang disediakan oleh mayoritas driver sound di PC kamu. Jika memang driver sound di PC kamu menyediakan fitur ini, langsung pilih saja fiturnya (pilih Stereo Mix, bukan mikrofon atau audio line-in input) dan ‘paksa’ aplikasi manapun agar merekam sound yang sama -sound yang dikeluarkan oleh komputer yang biasanya keluar dari speaker atau headphone.

Pada versi Windows terbaru, Stereo Mix biasanya di-disable (walaupun driver sound kamu support).

Gunakan aplikasi apapun untuk merekam video, kemudian pilih “Stereo Mix” sebagai input device, bukannya opsi “line-in” atau “microphone”.

Pada perangkat tertentu, bisa jadi kamu tidak menemui fitur ini. Cara mengaktifkannya, silakan googling caranya, tidak mungkin disajikan semuanya di DSG karena setiap hardware sound berbeda-beda dan tidak semuanya support Stereo Mix. Semakin hari, Sound Mix malah semakin ditinggalkan oleh pengembang hardware sound.

 

Cara Merekam Suara/Audio Input dari PC dengan WASAPI Loopback pada Software Audacity

Tidak bisa menggunakan fitur Stereo Mix? Tidak masalah. Audacity memiliki fitur yang dapat merekam audio yang keluar dari komputer kamu, tanpa menggunakan Stereo Mix. Bahkan, fitur rekaman Audacity lebih bagus daripada Stereo Mix. Tidak peduli versi Windows manapun yang kamu gunakan, semuanya kompatibel dengan Audacity. Yaa mengingat seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa di sistem operasi terbaru, fitur Stereo Mix berangsur-angsur ditiadakan.

Link Download Audacity

Caranya? Pada Audacity, gunakan audio host “Windows WASAPI” berserta loopback device yang biasanya kamu gunakan. Contoh: “Speakers (loopback)” atau “Headphones (loopback)”.

audacity-windows-wasapi

Klik tombol Record untuk memulai merekam audio di Audacity, dan klik Stop jika sudah. Karena Audacity bukan sekedar perekam audio melainkan editor audio juga, jadi kamu bisa langsung memotong dan mengedit file suara sekalian.

Website resmi Audacity menjelaskan kenapa fitur ini lebih baik daripada Stereo Mix:

WASAPI loopback memiliki keuntungan daripada Stereo Mix atau input serupa yang disediakan soundcard karena hasil rekamannya benar-benar digital (kalau lewat soundcard perlu dikonversi ke analog dulu kemudian balik lagi ke digital).

terjemah bebas dari manual.audacityteam.org

audacity-windows-wasapi-edit

Dengan kata lain, hasil rekaman suara akan memiliki kualitas lebih tinggi ketika menggunakan fitur WASAPI loopback milik Audacity.

 

Cara Merekam Suara/Audio Input dari PC dengan Kabel Audio

kabel-audio-3,5mm-jack-male

Ini cara yang paling tidak ribet bagi awam. Carilah/belilah kabel audio dengan konektor yang keduanya male 3.5mm. Colokkan satu konektor ke jack line-out (atau headphone) pada PC dan konektor satunya ke jack line-in (atau mikrofon) ke PC. Kamu tidak bisa mendengarkan suara yang dikeluarkan oleh sistem komputer, tapi kamu jadi bisa menggunakan aplikasi perekam audio apapun untuk merekam input “line in” atau “microphone”. Jika kurang nyaman, beli juga splitter dan bagi output sehingga bisa didengarkan lewat headphone/speaker sekaligus didengarkan balik ke komputer.

Memang cara ini agak konyol. Tapi it works, terlebih jika kamu sudah putus asa butuh merekam audio sistem komputer di aplikasi yang bukan Audacity ditambah jika kamu tidak punya Stereo Mix.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *