Review Aplikasi VPN Gratis Multi-platform: Psiphon

Psiphon adalah aplikasi powerful yang didesain untuk menghilangkan internet censorship. Didevelop & maintain oleh Psiphon Inc. (yang awalnya dicanangkan oleh peneliti di Citizen lab atas kepentingan OpenNet Initiative alias ONI). Psiphon adalah kombinasi dari VPN, SSH, dan protokol komunikasi aman HTTP Proxy serta teknologi lain untuk mem-bypass filtering internet (seperti censorship ala Kemkominfo itu wkwk).

DSG hanya ngereview Psiphon, jadi kalo ada pertanyaan, alangkah baiknya cek FAQ mereka dulu, User Guide Psiphon, atau langsung email support mereka ke info@psiphon.ca ya :D

Cara kerja Psiphon

Psiphon Inc. punya banyak server, dimana client terkoneksi lewat VPN atau koneksi aman SSH. Setiap client disuguhi daftar server yang diurutkan berdasarkan usia server tersebut, sehingga server lama yang kurang capable akan tergusur.

Website dan user support Psiphon

Website-nya sederhana dan mendukung banyak pilihan negara, yang kebanyakan penduduk negaranya ‘menderita’ akibat censorship yang berlebihan.

User guide dan FAQ yang disediakan oleh Psiphon cukup membantu (terutama bagi pengguna Windows). Disana ada juga info-info mengenai Psiphon, VPN, Proxy, dkk gitulah.

psiphon_support_feedback

Walau dibuat cukup jelas, tapi kita tidak tahu bagaimana cara ‘komplain’ yang benar ke Psiphon. Iya sih memang bisa kontak via email atau klik simbol biru di antarmuka Psiphon Windows untuk memberikan feedback. Tapi sepertinya kok tidak digubris…

Menggunakan Psiphon sebagai aplikasi anti-censorship

Bagusnya Psiphon ini karena sistemnya menggunakan banyak macam koneksi protokol. Jadi ketika satu protokol diblok oleh sensor, pengguna dapat berganti ke jenis koneksi yang lain. Contoh teorinya: Kalau pemerintah mem-blok akses ke situs menggunakan VPN atau cara membuka situs yang diblokir speedy, ya kita sebagai user cukup pindah cara koneksi menggunakan SSH atau SSH+, tapi masih lewat Psiphon juga.

FYI, SSH+ adalah SSH yang ditambahi satu obfuscation layer lagi diatas SSH handshake untuk melawan protocol fingerprinting. Info lebih lanjut mengenai SSH+ silakan klik disini.

Sistem yang dibuat Psiphon ini bekerja sangat baik terutama dalam membuka censorship blocks. Berdasar data yang DSG miliki, laporan ketika Psiphon tidak bisa digunakan hanya ketika aplikasinya sendiri diblokir oleh sistem censorship, atau gangguan teknis.

Privasi dan keamanan

Psiphon menawarkan kerahasiaan konfidensial dengan cara menyembunyikan data aktivitas internet dari ISP kamu. Dengan kata lain mengenkripsi koneksi antara client dan server Psiphon (tapi tidak menggaransi bahwa hal tersebut sepenuhnya anonim).

Data alamat IP dan alamat email memang tidak dikumpulkan oleh Psiphon. Tapi walaupun bersifat open source, Psiphon Inc. tetaplah perusahaan komersil, dan sesekali mereka membagikan informasi metadata ke partner bisnis mereka. Informasi metadata tadi bisa berupa situs apa saja yang dikunjungi user dan dari negara mana saja.

Psiphon Inc. memang kadang mengirimkan data-data troubleshoot ke server dari sistem yang terinstall di client, tapi proses ini transparan kok.

Setting VPN nya menggunakan client L2TP/IPSec pada Windows yang secara umum aman, walaupun OpenVPN lebih banyak digunakan saat ini. Karena memang fokus Psiphon bukan keamanan atau anonimitas, hal tersebut rasanya bukan masalah besar.

Cara menggunakan Psiphon

Pengguna tidak perlu mendaftar atau mengirimkan data personal kepada Psiphon Inc. untuk bisa menggunakan layanan Psiphon. Yang perlu dilakukan cukup download aplikasinya dan jalankan.

Psiphon untuk Windows

Client Psiphon untuk Windows berupa file .exe kecil (2,7 MB) yang tidak perlu instalasi untuk menjalankannya. Psiphon menyediakan servis unik, yaitu kamu bisa request link download langsung ke mereka lewat email apabila website Psiphon diblokir di tempatmu.

psiphon_windows

Opsi yang ada pada client versi Windows adalah SSH+, VPN, dan SSH standar. Kamu bisa pilih salah satu.

psiphon_windows_ssh

Pada client versi Windows tidak terdapat pilihan untuk memilih server mana yang kamu inginkan, walaupun ketika konek lewat SSH+ atau SSH kamu diberi opsi untuk memilih opsi “Don’t proxy domestic websites”.

Psiphon untuk Android

Aplikasi Android Psiphon dapat didownload dari Google Play Store, Amazon AppStore, atau download langsung .apk nya di website resminya.

Fiturnya lebih banyak daripada versi Windows, juga punya 2 mode, yaitu mode whole device dan Psiphon browser. Sama seperti website nya, kamu diberi pilihan untuk memilih bahasa.

psiphon_android_mode

Di mode whole device, semua trafik internet diarahkan melalui koneksi “VPN to SOCKS” oleh Psiphon dengan komponen bernama tun2socks.

psiphon_android_options

Psiphon untuk Android disertai dengan browser bawaan yang dilengkapi dengan proxy SOCKS. Browsernya memang hanya memiliki fitur dasar,  tapi cukuplah.

psiphon_android_browser

Tidak seperti client Windows, versi Android memperbolehkan kamu memilih lokasi server.

psiphon_android_server

Performa & Hasil Tes Psiphon pada Windows

Hasil tes Psiphon pada Windows dites menggunakan bantuan layanan testmy.net untuk mode SSH, VPN, dan SSH+. Cukupan lah speed internetnya, hehe.

Performa & Hasil Tes Psiphon pada Android

Hasil tes Psiphon pada Android hanya bisa dilakukan pada mode “Best performance”.

**

Overall, baik performa dan hasil tes Psiphon versi Windows maupun Android memuaskan untuk fitur-fiturnya seperti menghilangkan censorship. Tapi untuk masalah speed atau kecepatan internet, yang ada malah turun dari speed aslinya.

****

Kelebihan Psiphon adalah dapat menghilangkan censorship dengan banyak opsi teknologi. Selain itu, gratis dan aplikasi Androidnya cukup bagus.

Waktu tes kecepatan VPN, speed nya gak begitu bagus, karena memang kata Psiphon Inc., bandwidth nya memang dibatasi oleh Psiphon, karena tujuan awalnya untuk menghilangkan censorship, bukan untuk download film bergiga-giga wkwk. Selain itu, sedikit ketar ketir sih (walau datanya anonim) karena Psiphon menjual metadata ke perusahaan lain.

Psiphon adalah layanan kecil yang fantastis yang menyediakan akses internet tak terbatas, gratis pula. Di negara-negara yang level censorship nya tinggi, kebanyakan netizen biasanya sampai membeli paketan VPN berbayar. Fakta bahwa Psiphon ini gratis membuat Psiphon layak direkomendasikan sebagai aplikasi VPN gratis terbaik.

Alternatif lain selain Psiphon yang gratis, mungkin kamu bisa kepoin beberapa aplikasi seperti Tor, VPN Gate, Lahana, Hola Unblocker, serta ekstensi browser ZenMate.

Link Download Psiphon

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *