14 Website untuk Download Foto Gratis

Pernah berkutat mencari stock photos gratis di internet? Bagaikan mencari jarum dalam tumpukan jerami :(

Rahasia umum, stock photos gratisan sangat susah ditemukan (yang legal lho ya, ehem). Porsi besar dari stock photos dimonopoli oleh perusahaan pro seperti Shutterstock dan 123RF yang mematok $20 atau lebih untuk satu foto. Kalaupun berhasil nemu stock photo gratis pun, resolusinya kebanyakan kecil, ada watermark-nya, ngeblur, atau tidak menginspirasi.

Beruntunglah kamu, sekarang DSG akan memberikan beberapa situs untuk mengakses stock photos berkualitas tinggi secara gratis. Berguna banget bagi para desainer, pemilik usaha, percetakan, atau blogger:

1. Unsplash

unsplash

Unsplash menambahkan 10 foto bebas royalti setiap 10 hari dan hampir selalu semuanya menarik dan atraktif. Cukup scroll situsnya untuk melihat sungai berkabut, gunung dari kejauhan, atau plang nama di jalan, semua HD.

Fitur pencarian? Tidak

Perlu attribution? Ya

 

2. Superfamous

SuperFamous

Seniman digital Belanda, Folkert Gorter dan rekan-rekannya mengumpulkan gambar-gambar beresolusi tinggi di website mereka, SuperFamous, sempurna untuk digunakan di desain website atau wallpaper desktop.

Fitur pencarian? Tidak

Perlu attribution? Ya

 

3. Picjumbo

picjumbo

Picjumbo memiliki navigasi yang mudah serta stock photos dengan resolusi super HD (tanpa perlu attribution pula). Website ini punya banyak koleksi foto-foto makanan, jadi apabila kamu pelaku bisnis kuliner seperti restoran atau punya startup bertema nutrisi atau makanan, worth untuk dieksplor deh website ini.

Fitur pencarian? Ya

Perlu attribution?  Hampir sebagian besar tidak perlu

 

4. Pixabay

pixabay

Pixabay ini ibaratnya mimpi desainer web yang jadi nyata. Tidak hanya menawarkan fitur pencarian yang mudah digunakan, koleksi gambarnya keren-keren. Dan lagi mayoritas tidak memerlukan attribution.

Fitur pencarian? Ya

Perlu attribution? Hampir sebagian besar tidak perlu

 

5. IM Free

IMFree

IM Creator yang menawarkan tool pembuatan website online, menawarkan juga koleksi ‘kecil’ dari foto-foto gratis dengan kualitas premium. Attribution diperlukan, tapi worth it kok karena foto-fotonya memiliki kualitas yang sama (bahkan lebih baik) dari yang ada di situs stock photos berbayar.

Fitur pencarian? Ya

Perlu attribution? Ya

 

6. Gratisography

gratisography

Koleksi yang ditawarkan Gratisography super mantab. Dibuat oleh Ryan McGuire (seniman dan desainer web), website ini menyediakan gambar-gambar menarik untuk penggunaan pada website dan tidak memerlukan attribution.

Fitur pencarian? Tidak

Perlu attribution? Tidak

 

7. MorgueFile

morgueFile

Salah satu situs paling sederhana yang ada dalam daftar ini, MorgueFile memiliki layout ala streamline dan foto-foto yang dipilih dengan hati-hati. Koleksinya memang tidak begitu banyak, tapi foto yang ada pada website ini terbagi dalam banyak bidang yang luas. Kamu bisa menemukan gambar dari banyak topik, mulai dari alam bebas hingga barang antik.

Fitur pencarian? Tidak

Perlu attribution? Tidak

 

8. FreeImages

freeimages

FreeImages adalah direktori yang tepat ketika sedang ada proyek pembuatan web. FreeImage menawarkan ribuan gambar dari banyak pilihan kategori. Yang terpenting adalah tersedianya fitur pencarian, yang bisa menghemat (banyak) waktumu.

Fitur pencarian? Ya

Perlu attribution? Kadang-kadang

 

9. Little Visuals

little-visuals

Little Visuals adalah situs yang unik. Bermain di skala kecil, semua stock photo benar-benar terpilih. Berlangganan-lah di email listnya dan kamu akan menerima tujuh gambar beresolusi tinggi yang sudah dikompres (zip) tiap minggunya.

Fitur pencarian? Tidak

Perlu attribution? Tidak

 

10. New Old Stock

new-old-stock

New Old Stock adalah koleksi foto-foto antik, sebagian besar diambil oleh agensi pemerintah atau foto yang ditemukan saat estate sales. Scroll terus saja websitenya hingga berjam-jam tanpa bosan.

Fitur pencarian? Tidak

Perlu attribution? Tidak

 

11. Picography

picography

Situs yang paling sederhana pada daftar ini. Picography adalah galeri random shots dari para fotografer profesional. Memang kamu hanya bisa scroll, tidak bisa search, tapi situs ini sempurna bagi para desainer yang membutuhkan foto sebagai inspirasi.

Fitur pencarian? Tidak

Perlu attribution? Tidak

 

12. Getrefe

getrefe

Jika kamu butuh foto arsitektural atau landscape, Getrefe ini cocok bagimu. Tidak ada kategori dan hiasan tambahan, hanya foto-foto yang indah dan natural yang diambil oleh para fotografer yang telah berkeliling Eropa.

Fitur pencarian? Tidak

Perlu attribution? Tidak

 

13. Jay Mantri

jay-mantri

Jay Mantri, salah satu desainer terbaik California, menawarkan koleksi stock photos yang bagus-bagus dan gratis, dan diupdate setiap hari Kamis.

Fitur pencarian? Tidak

Perlu attribution? Tidak

 

14. Public Domain Archive

Public-Domain-Archive

Gambar vintage nan eklektik digabung dengan ubermodern scenes, itulah Public Domain Archive, sebuah koleksi ekspansif online dari gambar-gambar, banyak diantara mereka memiliki simetri menarik dan muted colors.

Fitur pencarian? Tidak

Perlu attribution? Tidak

 

Mengenai attribution dan licenses

Ketika kamu melakukan pencarian di Google Images, hasil gambarnya sebenarnya tidak semuanya bisa digunakan secara gratis. Sebagian besar masih dilindungi oleh hak cipta fotografer.

Jika kamu mencari foto untuk digunakan dalam desain dan tidak ingin mendapat masalah terkait hak cipta, kamu harus mencari website yang menyertakan lisensi hak cipta dari setiap gambar. Nah, untuk semua situs diatas, lisensinya cukup mudah ditemukan. Biasanya ada deskripsi lisensi di setiap laman, atau setidaknya tautannya. Berikut ini ada 2 jenis lisensi yang biasanya ada di website stock photos gratis:

Creative Commons zero berarti kamu bisa menggunakan fotonya untuk kegunaan apapun, tanpa perlu izin.

Creative Commons with attribution berarti kamu bisa menggunakan fotonya untuk kegunaan apapun selama kamu memberi credit untuk kreator fotonya.

Attribution ini sederhana: Jika kamu menggunakan foto tertentu di laman website kamu, tambahkan teks yang men-sitasi fotografernya, contoh: “Photo by John Markijon” dan sertakan juga tautan/link ke situs mereka, kalau ada.

Selalu cek laman lisensi di tiap website untuk detail lebih lanjut yaa.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *